×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Prediksi ilmuwan ini bisa terjadi sedikitnya 30 tahun lagi

0

Wow

6 Prediksi ilmuwan ini bisa terjadi sedikitnya 30 tahun lagi

Semakin berkembangnya teknologi, hal yang sebelumnya jika dipikirkan serasa tidak mungkin justru bisa saja terjadi di masa depan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

04 / 07 / 2019 11:16

Membayangkan masa depan yang akan dihadapi oleh umat manusia, Bumi, atau apapun yang kita kenal saat ini termasuk alam semesta masih menjadi tanda tanya besar. Namun, siapa yang menyangka apa yang akan terjadi di masa mendatang serta mengenai perihal kehidupan manusia dan alam semesta ini tentunya bisa diprediksi oleh para ilmuwan.

Apa saja ya kira-kira prediksi kejadian yang akan dialami manusia sekitar 30 tahun ke depan? Penasaran? Check this article out!

1. Transportasi tanpa pengemudi.

Driverless Car

Bicara tentang masa depan, tentu saja bersamaan dengan hadirnya teknologi-teknologi canggih dengan konsep inovasi-inovasi transportasi yang futuristik menjadikannya hal yang diharapkan oleh semua orang. Contohnya adalah Hyperloop atau teknologi mobil terbang yang mulai dipasarkan. Kabarnya, mobil tersebut akan menjadi media transportasi di masa yang akan datang dengan dioperasikan oleh tenaga nuklir yang tidak tergantung dengan jalanan dan landasan pacu. Bisa dibilang, mobil ini akan menjadi jawaban atas kemacetan lalu-lintas. Bisa jadi juga, kedepannya kendaraan seperti taksi, bus, bahkan pesawat terbang sekalipun bakalan beroperasi tanpa pengemudi alias driverless.

Loading...

2. Berbicara dengan ruangan.

Future Room

Kita tidak pernah tahu bagaimana kecanggihan teknologi pada waktu 30 tahun ke depan, yang jelas kemungkinan besar semakin canggih dan bisa mengubah mindset manusia di masa kini. Menurut Profesor Toby Walsh, seorang ahli kecerdasan buatan dari Australia dalam sebuah bukunya yang berjudul “It’s Alive”, kemajuan teknologi di tahun 2050 akan mengubah pola hidup manusia. Di sini Walsh memprediksikan pada tahun 2050 nanti akan berbicara ataupun bertanya kepada ruangan ataupun kamar. Contohnya, ketika ingin menyalakan lampu, manusia tinggal meminta, lalu akan ada yang menjawab dari kamar itu (bisa TV, lampu, dsb). Semua peralatan rumah tangga akan terkoneksi dengan internet.

3. Kota-kota yang hilang.

Venesia

Mungkin banyak di antara kita yang masih bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada Bumi yang kita tinggali ini dalam beberapa waktu ke depan. Sebagaimana dilansir dari beberapa media, beberapa ilmuwan memprediksikan akan ada beberapa kota yang hilang yang disebabkan oleh perubahan iklim. Beberapa kenaikan dari muka air laut secara bertahap membuat beberapa bagian dari kota tersebut menghilang. Beberapa kota tersebut antara lain Miami dan Venice di Italia, yang diperkirakan akan tenggelam.

Selain itu, banyaknya bangunan dan pertumbuhan populasi yang cukup pesat sangat berdampak pada kelangsungan hidup di masa depan. Di masa sekarang pun sudah mulai terbukti, banjir merupakan hal yang umum ditemui. Jika hal ini terjadi, orang-orang di masa mendatang mungkin sudah tidak layak untuk tinggal di sebuah rumah lagi. Di Indonesia sendiri, bahkan diprediksikan akan ada 1500-an pulau yang akan tenggelam pada tahun 2050 akibat naiknya permukaan air laut. Meskipun ini hanya prediksi, ada baiknya kita tetap waspada.

4. Kehidupan di planet lain.

Live In Mars

Ada yang sudah pernah ke luar angkasa? Kalau belum, kita sama. Para ilmuwan juga sudah memprediksikan akan ada sebuah planet yang bisa ditinggali manusia untuk memulai peradaban baru. Manusia akan dikirimkan ke Mars atau planet lain untuk menetap dan tinggal di sana. Kabarnya, ilmuwan sudah menciptakan stasiun luar angkasa serta transportasi yang akan digunakan sebagai akses untuk menuju luar angkasa. Bahkan sampai hotel luar angkasa sekalipun. Apapun itu, kalau ada umur, kita bisa menyaksikannya sendiri beberapa tahun ke depan.

5. Rekayasa genetika.

Genetic Modification

Rekayasa genetika atau yang juga disebut dengan modifikasi genetika merupakan manipulasi langsung gen dari suatu organisme menggunakan bioteknologi. Seorang ilmuwan China, He Jiankui mengklaim telah berhasil merekayasa DNA seorang bayi. Sontak, klaim tersebut bikin geger publik. Pasalnya, kendati menjadi lompatan besar dalam bidang sains, rekayasa genetika terhadap manusia dianggap bermasalah secara etika dan masih menjadi kontroversi bahkan dilarang. Di sisi lain, ilmuwan belum mengetahui dampak panjang dari metode ini untuk manusia. Katanya, perubahan DNA bisa berbahaya bagi perkembangan genetika di masa mendatang. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang melaporkan bahwa penelitian itu dianggap sebagai eksperimen manusia.

6. Gedung tertinggi di dunia.

Future Skyscraper

Seiring berjalannya waktu, makin banyak bangunan tinggi menjulang yang bisa kita jumpai di setiap kota di dunia. Salah satunya tentu saja yang memegag rekor gedung tertinggi di dunia saat ini yaitu Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun tak lama lagi, predikat gedung tertinggi di dunia itu akan berpindah ke Jeddah Tower di Arab Saudi. Saat ini pengembangan gedung tersebut masih dalam proses dan diperkirakan bakalan rampung pada tahun 2022 mendatang. Bayangkan saja, gedung tersebut memiliki tinggi 3.303 kaki atau 1000 meter alias 1 kilometer! Dan kita tidak akan pernah tahu setinggi apa pencakar langit yang ada di tahun 2050, bisa jadi akan tembus atmosfer seperti yang ada di artikel ini.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red