×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Manfaat berkebun ini bisa tingkatkan kesehatan fisik dan mental

0

Kesehatan

6 Manfaat berkebun ini bisa tingkatkan kesehatan fisik dan mental

Berkebun ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Chairani Putri

14 / 05 / 2019 13:50

Tak banyak yang tahu jika berkebun dapat memberikan dampak sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Meski terlihat sebagai aktivitas yang biasa, ternyata berkebun dapat menjaga tubuh dari berbagai persoalan kesehatan. Fisik menjadi lebih sehat, mood pun dapat terjaga.

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berkebun.

1. Mengurangi risiko stroke.

6 Manfaat berkebun ini bisa tingkatkan kesehatan fisik dan mental

Menurut The British Medical Journal, berkebun dapat membantu mengurangi serangan jantung dan stroke.  Pada kelompok usia lanjut usia 60 tahun atau lebih, berkebun dapat memperpanjang usia hingga 30%.

Loading...

 

2. Alternatif workout.

Berkebun dapat menjadi kegiatan fisik yang melelahkan. Hal ini karena satu jam kegiatan berkebun yang sederhana dapat membakar hingga 330 kalori. The National Institute of Health menyarankan idealnya berkebun dilakukan 30-45 menit dalam tiga hingga empat kali tiap minggunya. Jadi tidak harus gabung member Gym dong, ya? Hehe

 

3. Membebaskan dari stress.

6 Manfaat berkebun ini bisa tingkatkan kesehatan fisik dan mental

Berkebun sangat baik untuk melepaskan hormon endorphin, yaitu hormon yang mengakibatkan seseorang merasa bahagia dan rileks. Terlebih aktivitas ini membuat diri kita bersentuhan dengan sinar matahati yang baik untuk meningkatkan mood.

 

4. Bertanggung jawab.

Utamanya bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan mental dan mencari nilai diri, berkebun menjadi aktivitas yang dapat menimbulkan rasa tanggung jawab. Hal ini disebabkan dorongan untuk terus menjaga tanaman tersebut tumbuh dan tetap hidup. 

 

5. Kepekaan pancaindera.

Bentuk, warna, dan bau tanaman dan buah-buahan yang variatif akan banyak membantu dalam meningkatkan kepekaan panca indera. Terlebih untuk kamu yang ingin memperkenalkan panca indera ke anak, kebun akan jadi playground alami yang menyenangkan.

 

6. Mengurangi risiko osteoporosis.

Jadwal reguler berkebun akan memberikan latihan berulang pada sendi dan otot tubuh sehingga tubuh akan terbiasa untuk bergerak.

 

Jadi berkebun tidak sekadar urusan hobi dan tanaman, tetapi juga investasi kesehatan. Selamat berkebun!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red