×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Makanan yang wajib dicoba saat berada di Kediri

0

Jalan-Jalan

6 Makanan yang wajib dicoba saat berada di Kediri

Dari makanan berbahan umum sampai ekstrem, Kediri punya ragam kuliner yang bakal menggoyang lidah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Amelia Fernanda

21 / 11 / 2019 18:25

Selain terkenal dengan Kampung Inggris yang menyimpan banyak kenangan bagi yang pernah singgah, juga Simpang Lima Gumul yang merupakan tiruan monument Arc de Triomphe de l'Étoile di Paris, Prancis, Kediri juga terkenal dengan kuliner-kuliner enak yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Kenikmatan makanan khasnya ini tak akan membuatmu menyesal telah mencicipinya.

1. Soto Bok Ijo. 

Semangkuk kuah santan dengan isian kol, kecambah, cabe rawit, jeruk nipis yang ditambah siraman kecap adalah sajian lezat yang menunggu di Soto Bok Ijo. Berada di sebelah Terminal Kediri, kamu tak akan terlalu sulit menemukan tempat ini.

Kalau kamu kurang suka soto, tenang saja karena ada menu lain di tempat ini. Sebagai alternatif, kamu bisa mencicip ayam bakar kecap. Sebelum disajikan, potongan ayam lebih dulu dibakar di atas tungku arang sambil sesekali diolesi kecap manis. Bumbunya begitu meresap, jadi jangan heran kalau kamu nantinya ketagihan.

2. Nasi pecel sambal tumpang.

Loading...

Masakan tradisional ini terbuat dari tempe setengah busuk yang memiliki cita rasa sangat khas. Di Kediri kuliner ini bisa dijumpai di mana-mana, sejak pagi, siang sampai malam, ada saja yang menjajakannya. Yang paling terkenal adalah kuliner malam pecel tumpang di sepanjang Jalan Dhoho Kediri.

Dengan tambahan berbagai lauk seperti tempe goreng, tahu goreng serta rempeyek membuat makanan ini menjadi lebih nikmat. Untuk dapat menimati satu porsi dengan lauk tahu tempe kamu cukup membayar Rp6 ribu.

3. Tahu kuning.

Kediri dikenal dengan sebutan Kota Tahu. Sehingga di sini kamu bisa menemukan banyak ragam tahu. Salah satu yang terkenal yaitu Tahu Takwa atau juga dikenal dengan tahu kuning. Rasanya gurih, teksturnya halus dan empuk sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Jika kamu tertarik untuk mencoba rasa tahunya, bisa menuju ke Bahkacung di jalan Trunojoyo atau ke toko pusat oleh-oleh (POO) di Jalan Yos Sudarso, Kediri.

4. Sate dan keripik bekicot.

Jangan bergidik dulu mendengar kata bekicot karena daging hewan yang satu ini ternyata lezat dengan tekstur kenyal. Bekicot biasanya diolah ke dalam dua jenis makanan, yakni sate dan keripik.

Satu porsi sate bekicot biasanya berisi 50 tusuk, lengkap dengan sambal kacang sebagai bumbu siramnya. Uniknya, semua menu khas bekicot di sini diberi istilah 02. Jadi, beranikah kamu mencoba kuliner yang sedikit ekstrem ini?

5. Sate ayam Pak Siboen.

Makanan dengan ciri khas daging yang ditusukkan di lidi dan memasaknya dengan cara dibakar membuatnya menjadi salah satu makan yang digemari di Kediri. Salah satu nilai plus dan yang bikin Sate Pak Siboen agak mahal adalah ayamnya. Ayamnya pakai ayam kampung, jadi lebih enak gurih dan sehat. 

Tiap porsi berisi 10 tusuk sate. Kalau mau sehat tinggal pesan daging ayam aja. Kalau mau coba yang lain bisa pesen yang campur. Kalau campur isinya ada kulit, usus, ati, dan ampela. Untuk dapat menikmati sate ayam ini tidak begitu sulit. Jika sedang berwisata di Alun-Alun Kota Kediri, kalian cukup berjalan kaki sejauh 100 meter ke utara. Sate ayam Pak Siboen berlokasi di Jl.Panglima Sudirman No. 134, Kediri.

6. Gethuk pisang Kediri.

Makanan khas Kediri yang satu ini bisa menjadi buah tangan untuk keluarga bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kediri. Untuk membeli panganan khas ini sangat mudah sekali. Kamu bisa temukan penjual gethuk pisang di sepanjang Jl. Yos Sudarso.

Terbuat dari olahan pisang yang rasanya manis, sedikit asam, dan juga legit yang membuat kita ingin makan lagi dan lagi. Gethuk pisang ini rupanya seperti lontong karena dibungkus dengan daun pisang. Unik dan lezat.

Demikian kuliner di Kediri yang tidak akan membuatmu menyesal untuk mencobanya. Bahkan kamu bisa saja ketagihan dengan cita rasa masakan Kediri dan kembali lagi mengunjungi Kota Tahu ini. Selamat mencoba!

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red