×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Kesalahan terkait kebersihan ini sering kali tidak disadari

0

Duh

6 Kesalahan terkait kebersihan ini sering kali tidak disadari

Kamu tidak hanya harus mengikuti aturan kebersihan, tetapi juga melakukannya dengan cara yang benar-benar tepat agar senantiasa sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Peter Asher

11 / 03 / 2020 12:55

Kebanyakan orang mungkin telah melakukan hal yang salah sepanjang hidupnya, bahkan terkait hal yang paling biasa, yaitu mengenai kebersihan. Mungkin banyak orang tidak menyadari bahwa tindakan yang mereka lakukan cukup berisiko bagi kesehatan. Misalnya saja banyak orang yang rajin mandi atau rajin cuci muka dengan sabun. Namun ternyata cara-cara demikian tidak direkomendasikan.

Berikut ini adalah enam kesalahan tentang kebersihan yang tidak disadari banyak orang. Sudah saatnya kamu berhenti melakukan kesalahan-kesalahan ini.

1. Terlalu sering mandi.

6 Kesalahan tentang kebersihan yang tidak disadari banyak orang

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi mandi terlalu sering sama buruknya dengan tidak mandi sama sekali. Menurut tim ahli penyakit menular dari Universitas Columbia, terlalu banyak mandi membuat kulitmu kering dan pecah-pecah, yang mengarah pada fakta bahwa mikroba dapat dengan mudah menembus tubuhmu melalui luka-luka ini. Para ahli merekomendasikan untuk mandi tidak lebih dari sekali sehari. 

Loading...

2. Tidak mencuci tangan sebelum pergi ke toilet.

6 Kesalahan tentang kebersihan yang tidak disadari banyak orang

Kamu dapat menemukan bakteri tidak hanya di toilet, tetapi di sekitar rumah. Ini berarti bahwa jika kamu tidak mencuci tangan untuk waktu yang lama, bakteri mungkin juga ada pada tangan.

Ketika mengunjungi toilet, kamu menyentuh bagian-bagian pribadimu. Jadi, mencuci tangan sebelum pergi ke toilet bahkan lebih penting daripada setelahnya.

3. Menyiram toilet dengan ujung jari.

6 Kesalahan tentang kebersihan yang tidak disadari banyak orang

Toilet mungkin adalah tempat paling kotor di rumah. Pengamatan menunjukkan bahwa bahkan 90 menit setelah disiram, puluhan tetesan dengan bakteri masih ada di permukaan. Karena itu, cobalah untuk menyiram toilet bukan dengan ujung jari, tetapi sisi belakang jarimu. Hal ini bisa sangat membantu jika kamu lupa dan menyentuh sesuatu sebelum mencuci tangan. Jadi kamu tidak akan menyebarkan bakteri di sekitarnya.

4. Tidur di bantal yang sama untuk waktu yang lama.

6 Kesalahan tentang kebersihan yang tidak disadari banyak orang

Bantal bulu adalah surga bagi tungau atau jamur. Seiring waktu mereka dapat pindah ke wajah seseorang dan menyebabkan masalah seperti demodicosis. Hal ini adalah penyebab umum masalah kulit lainnya.

Sebuah penelitian mengatakan tungau debu dapat memicu alergi yang menyebabkan hidung tersumbat, bengkak, dan iritasi pada saluran pernapasan bagian atas. Disarankan agar kamu mencuci bantal setiap minggu dengan suhu air setidaknya 54 derajat celcius.

5. Membiarkan hewan peliharaan tidur bersama.

6 Kesalahan tentang kebersihan yang tidak disadari banyak orang

Ternyata, bahkan di malam hari pun kamu harus mengikuti aturan kebersihan. Tips kali ini tidak merekomendasikan kucing dan anjing tidur di ranjang yang sama denganmu. Bahkan hewan peliharaan yang paling terawat pun membawa banyak bakteri di bulunya.

Sulit dipercaya, tetapi beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan penyakit pes atau sampar. Statistik mengatakan bahwa antara 1977 hingga 1998 ada 23 kasus infeksi dari penyakit mematikan ini yang dibawa oleh kucing domestik.

6. Mencuci muka dengan sabun.

6 Kesalahan tentang kebersihan yang tidak disadari banyak orang

Beberapa orang secara keliru berpikir bahwa jika mereka mencuci muka dengan sabun dua kali sehari, wajah akan sangat bersih dan akan terhindar dari jerawat. Pada kenyataannya, sabun menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Dermatologis menekankan bahwa sabun pada awalnya tidak ditujukan untuk wajah. Saat menggunakannya, sabun mengganggu tingkat pH kulitmu.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red