×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

0

Musik

6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

Membuat musik semakin mudah apabila enam hal yang diperlukan ini sudah kamu miliki.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dimas Adhitya M.

02 / 12 / 2019 13:20

Setiap musisi pasti ingin merekam lagunya sendiri. Dengan begitu kamu dapat meminimalisir pengeluaran yang ada. Apabila pergi ke studio rekaman untuk merekam lagu, mau tidak mau tentu kamu harus merogoh kocek yang begitu besar untuk satu lagunya. Namun hal ini berbeda apabila kamu dapat merekam lagu sendiri.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi menarik buat kamu terkait 6 hal diperlukan untuk merekam lagu secara gratis dan mudah di rumah.

1. Laptop atau komputer.

6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

Barang penting pertama yang kamu perlukan adalah laptop atau komputer. Dengan adanya barang ini, nantinya kamu dapat memonitoring proses rekaman, mengolah lagu, memberi judul lagu, dan lainnya.

Loading...

2. D.A.W.

6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

D.A.W (Digital Audio Workstation) adalah perangkat lunak aplikasi atau software yang digunakan untuk merekam, mengedit, dan memproduksi file audio. Banyak macam D.A.W yang dapat kamu gunakan seperti FL Studio, Cubase, Studio One dan masih banyak yang lainnya.

3. Audio Interface.

6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

Audio Interface adalah hardware yang dapat kamu gunakan untuk merekam lagu. Audio Interface pun banyak jenisnya, tetapi dalam hal ini, saya merekomendasikan untuk menggunakan Focusrite Scarlett karena lebih mudah digunakan untuk pemula. Menghubungkan Audio Interface dan laptop atau komputer pun juga terbilang mudah dan tidak sulit alias tinggal colok saja.

4. Alat musik.

6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

Untuk membuat musik, kamu memerlukan alat musik seperti gitar, bass, microphone, drum, dan piano. Alat musik ini nantinya yang akan dicolokkan ke Audio Interface.

5. Plugin V.S.T tambahan.

6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

Untuk yang tidak memiliki drum dan piano, kamu tidak perlu khawatir karena di zaman yang modern ini kamu dapat membuat suara ketukan, pukulan drum, dan dentingan nada-nada piano dengan mudah menggunakan V.S.T (Virtual Studio Technology) yang sudah tersedia dalam software FL Studio.

Namun, apabila kamu menggunakan D.A.W lain selain FL Studio dan ternyata tidak ada V.S.T yang cocok untuk musikmu, kamu dapat mengunduh Plugin V.S.T tambahan secara gratis maupun berbayar di Internet.

Catatan: Selain suara drum dan piano, banyak suara instrumen lainnya yang telah menjadi versi virtual dan dapat kamu gunakan seperti suara angklung, bass, terompet, gitar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Ilmu tentang rekaman dan mengolah lagu.

6 Hal yang diperlukan untuk merekam lagu sendiri di rumah

Apabila semua alat dari hardware hingga software telah kamu miliki dan siapkan, hal selanjutnya yang harus kamu perlukan adalah mempelajari tentang seluk beluk D.A.W yang kamu gunakan untuk merekam lagu. Untuk tutorialnya, kamu dapat menemukannya di YouTube dan dapat belajar secara gratis dari sana.

Nah, itulah 6 hal yang perlu kamu perlukan untuk membuat lagu di rumah secara gratis dan mudah. Meskipun dengan peralatan sederhana, kamu dapat membuat karya yang luar biasa dengan peralatan tersebut apabila telah mempelajari ilmu tentang rekaman dan mengolah lagu dengan baik dan benar. Buat kamu para musisi, entah di mana pun kamu berada, jangan menyerah dan teruslah berkarya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red