Dalam dunia hiburan, di mana segala sesuatu menuntut pelakunya untuk bekerja lebih keras, maka sangat penting untuk mengapresiasi kinerja mereka. Pasalnya, orang-orang tersebut percaya pada inspirasi, kreativitas dan kerja keras itu sendiri. Itulah bagian dari kualitas sekaligus sebuah tanggung jawab untuk menciptakan karya seni yang terbaik.

Namun fakta-fakta ini justru sebaliknya. Enam hal terhebat di dunia hiburan ini hanya bisa terjadi karena kemalasan, lho.

1. Batu kripton Superman

Sudah lazim deketahui bila Superman hanya memiliki satu kelemahan, yaitu batu kripton. Tapi tahukah kamu? Dalam versi komik, tidak ditemukan alur cerita tentang Superman menjadi lemah karena batu kripton. Bahkan, tidak ada batu kripton dalam versi komik aslinya!

Dahulu, komik lebih dulu diterbitkan. Beberapa waktu kemudian, baru disiarkan melalui radio. Kryptonite (batu kripton) memulai debutnya pada acara radio Superman tahun 1940-an. Pada suatu hari di tahun 1943, pengisi suara Superman, Bud Collyer, memutuskan untuk libur. Kru radio pun membutuhkan solusi bagaimana acara tetap berlangsung, meski sang pengisi suara sedang absen.

Solusi itu adalah menciptakan kryptonite. Dalam versi radio, pengisi suara pengganti hanya perlu bergumam saja. Sementara di belahan tempat lain, Collyer (pengisi suara asli), sedang bersantai dalam liburannya.

2. Cover album Abbey Road The Beatles

6 Karya monumental di dunia hiburan ini tercipta berkat kemalasan

thebeatles.com

Pada tahun 1969, The Beatles sedang mengerjakan sebuah album. Ketika itu, mereka belum memiliki tajuk untuk album yang sedang dikerjakan tersebut. Di samping itu, mereka telah berencana menggunakan pemandangan Gunung Everest sebagai sampul album.

Mengingat popularitas The Beatles saat itu, sebenarnya mudah saja melakukannya. Mereka tinggal terbang ke Nepal, foto, kemudian pulang. Alih-alih melakukan hal itu, sebagai gantinya The Beatles hanya pergi ke luar studio dan berjalan dengan santai.

The Beatles memang telah menciptakan karya-karya terbaik mereka di Abbey Road. Mereka pikir, akan cocok untuk memberi nama album mereka dengan nama jalan. Jadilah cover album paling terkenal The Beatles hanya dalam waktu 15 menit.

3. Suara Darth Vader yang legendaris

Darth Vader adalah salah satu penjahat paling ikonik sepanjang masa. Di samping itu, karakter Darth Vader pernah dimainkan oleh lima orang yang berbeda. Namun demikian, di antara lima orang itu, aktor yang paling terkenal tetap James Earl Jones.

Sebelumnya, produser sekaligus sutradara film Star Wars George Lucas, tidak menyukai suara Darth Vader yang diperankan oleh David Prowse. Dia kemudian memutuskan untuk mencari orang lain sebagai pengisi suara. Pada kesempatan inilah Jones mendulang ketenaran.

Meski begitu, tidak banyak orang tahu bagaimana Jones mendapat peran pengisi suara yang ikonik "I'm your father" tersebut. Ketika itu terjadi, Jones sedang mengalami masalah finansial. Namun pada suatu hari, Jones mendapat sebuah panggilan telepon dari agennya.

Jones berkisah, "Saya bangkrut, agen saya menelepon dan berkata, 'Apakah Anda ingin pekerjaan sehari sebagai pengisi suara?' Saya berkata, 'Ya, tentu!' cuma itu. Bukan, 'jenis film apa?' atau 'siapa sutradaranya?' Hanya, 'Ya tentu!'"

Tanpa memerlukan sinkronisasi bibir, seluruh sesi hanya memakan waktu sekitar dua setengah jam. Dan karena Jones bukanlah aktor terkenal saat itu, Lucas hanya membayar Jones sebesarUSD 7.000. Bahkan, nama Jones tidak masuk dalam kredit film, pada awalnya. Jadi, suara yang paling terkenal dalam sejarah film itu direkam untuk membayar tagihan.

4. Slow motion intro Baywatch

Jika Anda pernah menonton film Baywatch dan harus memilih satu adegan penting, mungkin itu adalah seorang wanita yang sedang berlari di pantai dengan baju renang berwarna merah.

Kritikus pada saat itu, mungkin sekarang dan hampir pasti di masa depan juga, mengklaim bahwa adegan gerak lambat atau slow motion itu tidak menarik. Dan mereka memang tidak sepenuhnya salah. Namun, produser sekaligus bintang Baywatch, David Hasselhoff, mempunyai alasannya sendiri.

"Keputusan itu sejatinya diambil karena kami sudah tak punya uang. Kami tidak punya cukup biaya untuk menyelesaikan episode. Jadi, kami menemukan solusi untuk memperpanjang durasi dengan merekam orang-orang dalam slow motion. Kami berkata, 'Baiklah, gadis-gadis dengan baju renang yang sedang berlari tampak bagus dalam slow motion, ayo kita rekam itu saja'. Dan kami menemukan jika pemirsa menyukainya," ungkap David Hasselhoff kepada majalah Mens Health.

5. Hugh Jackman jadi pemeran Wolverine

Hugh Jackman hampir saja bukan Wolverine. Sejatinya, adalah Dougray Scott, sebagai pemeran awal Wolverine. Namun, saat deadline syuting film X-Men kian dekat, Scott masih sibuk dengan perannya di Mission Impossible 2.

Akhirnya, rumah produksi mencari orang pengganti secara kilat dan maraton. Jackman yang masuk casting pun hampir mengacaukan semuanya. Jackman sendiri mengakui, dia bukanlah Wolverine yang baik pada saat memulai perannya di film X-Men itu.

Saksikan audisi lirihnya yang lemah lembut dan tidak konsisten jika kamu tidak mempercayainya.

6. Ghostbusters Theme Song

Sebanyak 50 theme song disodorkan kepada produser film Ghostbusters. Namun, tak ada satu pun yang dipilih karena produser tidak menyukainya. Akhirnya, seorang pencipta lagu bernama Ray Parker Jr dimintai bantuannya untuk membuat satu lagu tema yang memuat kata Ghostbusters. Pada awalnya, ia tak tertarik. Apalagi, Parker harus menyelesaikan theme song itu dalam dua hari! Namun akhirnya diterimanya juga.

Beberapa jam tersisa dari jadwal penyerahan lagu, Parker masih belum mengerjakan apapun. Ia lantas bermalas-malasan sambil menonton televisi. Kemudian, terdapat sebuah iklan pembasmi hama tayang di televisi.

"Saya setengah tertidur karena bermalas-malasan dan mereka (iklan) membawa bungkusnya dan menyemprotnya seperti ini. Bagi saya itu sama seperti kelompok Ghostbuster. Kemudian saya berkata, 'Itulah yang saya lihat di film ini!' Jadi saya berpikir 'Apa yang akan saya katakan adalah, Siapa yang akan Anda panggil?' dan biarkan orang lain mengatakan 'Ghostbusters!'