Covid-19 memang bikin geram. Gara-gara virus ini dunia mendadak berubah cepat dan drastis dalam banyak hal. Berbagai hal normal jadi berubah. Segala rencana yang dirancang jauh-jauh hari sejak tahun sebelumnya berantakan. Kebiasaan-kebiasaan manusia dalam kehidupan sosial berubah aneh, mulai dari hal-hal penting seperti pekerjaan dan bisnis hingga kebiasaan sepele macam pergi ke bioskop untuk menonton film.

Masih ingat kapan terakhir kali pergi nonton ke bioskop? Penulis sendiri terakhir nonton di bioskop saat Sonic the Hedgehogdirilis bulan Februari 2020. Saat di mana virus Corona masih berupa hal sepele bagi banyak pihak di berbagai level. Kemudian virus berkode "Covid-19" itu meluas dan jadi wabah di mana-mana. Dan semua hal, termasuk entertainment seperti bioskop menjadi potensial sebagai cluster penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Sehingga sampai tulisan ini dibuat, gedung-gedung bioskop masih tertutup untuk umum (kecuali "Drive In Theater"yang ada di beberapa lokasi).

Tapi karena masa kini juga merupakan masa internet, sarana hiburan film bioskop bisa disubstitusi alias digantikan layanan streaming. Feeling-nya jelas beda, namun lumayan dan mendingan ketimbang tidak ada pilihan menonton sama sekali. Jalur internet digunakan untuk mendistribusikan berbagai film, termasuk yang normalnya dirilis di gedung bioskop. Layanan-layanan streaming seperti Netflix, Disney +, Amazon Prime, dan berbagai merek lain kini bersaing memberikan pelayanan "nonton film di rumah melalui internet".

Apakah kamu salah satu pelanggan? Kalau iya, beberapa judul ini bisa kamu nikmati di rumah sampai menanti wabah reda dan kamu bisa kembali mengunjungi gedung bioskop kesayangan di luar sana.

1. Die Hard.

6 Film aksi seru ini dapat kamu nikmati di layanan streaming internet

Foto: Entertainment Weekly

Dibintangi oleh: Bruce Willis dan Alan Rickman.

Rilis perdana: 1988.

Distribusi oleh: 20th Century Fox.

Streaming:HBO Max.

Penulis akui sudah terlalu sering menonton Die Hard. Ini film 'basi' dan sudah tidak terhitung berapa kali saya tertawa melihat adegan wajah kaget Hans Gruber saat terjatuh itu. Tapi film Die Hard seperti punya magic yang membuatnya tidak pernah membosankan untuk ditonton berulang kali. Setidaknya buatpenulis sendiri.

2. Bad Boys.

6 Film aksi seru ini dapat kamu nikmati di layanan streaming internet

Foto: Variety

Dibintangi oleh: Martin Lawrence dan Will Smith.

Rilis perdana: 1995.

Distribusi oleh: Sony Pictures.

Streaming:Netflix.

Penulis pikir Will Smith baru menanjak kariernya setelah membintangi film ini. Sebelumnya nama Martin Lawrence lebih mentereng sebagai aktor dan komedian dibanding Will Smith. Seiring waktu Will Smith mampu menaikkan pamor dan kini relatif lebih populer di film jika dibandingkan Martin Lawrence. Film tentang polisi pemberantas narkoba ini keren dan penuh aksi. Seru ditonton beramai-ramai.

3. Ip Man.

6 Film aksi seru ini dapat kamu nikmati di layanan streaming internet

Foto: Gone With the Twins

Dibintangi oleh: Donnie Yen dan Simon Yam.

Rilis perdana: 2008.

Distribusi oleh: Mandarin Films.

Streaming:Netflix.

Bruce Lee yang terkenal dengan ilmu bela diri Jeet Kune Do di berbagai film aksi itu bukan langsung jagoan tanpa bimbingan. Perkenalkan Master Ip Man, guru dari Bruce Lee yang legendaris. Film biografi Ip Man yang dikenal sebagai grandmaster ilmu kungfu Wing Chun ini sukses besar hingga dibuat berseri. Ilmu bela diri Wing Chun yang unik diaplikasikan aktor laga Donnie Yen secara pas di film-film Ip Man. Kamu yang penggemar film kungfu harus nonton film-film Ip Man.

4. The Old Guard.

6 Film aksi seru ini dapat kamu nikmati di layanan streaming internet

Foto: Deadline

Dibintangi oleh: Charlize Theron dan Chiwetel Ejiofor.

Rilis perdana: 2020.

Distribusi oleh: Netflix.

Streaming:Netflix.

Sebelum nonton penulis tidak tahu kalau ternyata film ini merupakan adaptasi buku komik berjudul sama karya Greg Rucka. Yang saya tahu, Charlize Theron adalah aktris keren dengan akting menawan dengan deretan film bagus selama ini. Dan ekspektasipenulis terbayarkan karena The Old Guard ini memang keren banget. Sepuluh menit pertama sukses membuat penulis keheranan dan kaget dengan plot yang ada. Kamu penggemar film aksi (dan akting berkelas Charlize Theron) perlu nonton The Old Guard.

5. Tom Clancys Jack Ryan.

6 Film aksi seru ini dapat kamu nikmati di layanan streaming internet

Foto: TV Series Finale

Dibintangi oleh: John Krasinski dan Wendell Pierce.

Rilis perdana: 2018.

Distribusi oleh: Amazon Studios.

Streaming:Amazon Prime Video.

Secara teknis ini memang bukan film karena merupakan mini series alias serial televisi digital Amazon. Tapi karena adaptasi karakter novel ciptaan Tom Clancy ini biasanya keren (di film bioskop diperankan Harriosn Ford) maka saya pikir perlu saya letakkan juga di daftar ini. Season 1 sedikit kontroversial karena membawa-bawa hal terorisme Timur Tengah. Sementara Season 2 menitikberatkan pada infiltrasi dan percobaan penanaman pengaruh politik Amerika Serikat di negara Amerika Latin. Cerita Tom Clancy biasanya berat dan tidak disarankan untuk mereka yang sekedar mencari tontonan hiburan ringan.

6. The Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl.

6 Film aksi seru ini dapat kamu nikmati di layanan streaming internet

Foto: OSN

Dibintangi oleh: Johnny Depp dan Geoffrey Rush.

Rilis perdana: 2003.

Distribusi oleh: Buena Vista Pictures.

Streaming:Disney +.

Film perdana dari franchise bajak laut Disney yang terkenal. Johnny Depp secara gemilang berhasil memerankan sang kapten bajak laut flamboyan, slengean, cerdik tapi sembrono Captain Jack Sparrow. Konon karena kasus KDRT yang melibatkan dirinya, Johnny dipecat oleh Disney dan tidak akan berperan sebagai Captain Jack Sparrow lagi di film-film Pirates of the Caribbean. Apakah itu benar atau hanya gosip masih harus dilihat lagi ke depannya. Yang jelas kamu perlu menikmati film bajak laut gokil ini.

Memang judul-judul yang ada dalam daftar ini bukan film bioskop yang sudah dinanti-nanti penonton seperti DCs Wonder Woman 1984 atau Marvels Black Widow. Tapi sampai gedung bioskop aman untuk dikunjungi, pilihan yang ada hanya internet dan layanan streaming. Jadi kita perlu bersabar dan membantu memutus rantai penyebaran Covid-19. Oke?