Berbicara soal street harassment seperti catcalling, banyak yang menganggap bahwa korban inilah yang memicu atau mengundang adanya harassment tersebut, padahal bisa jadi si korban sudah menutup aurat dan tidak berlenggak-lenggok tetapi memang dari pelaku nya yang bernafsu tinggi.

Lalu, apasih catcalling itu? Eits jangan sampai salah tafsiran ya, catcalling bukan panggilan terhadap kucing, tapi panggilan yang tidak sopan dari laki-laki ke perempuan yang ditujunya, dan membuat perempuan menjadi risih.

Mungkin sudah menjadi pembicaraan publik atas kejadian-kejadian yang ada, tetapi banyak juga yang bodo amat sama hal ini lho! karena dari banyaknya berita yang beredar mereka berfikir mungkin hanya bercandaan saja atau itu mah salah si korban pakai pakaian yang menggoda dan lainnya. Dan permasalahannya di Indonesia adalah mereka yang tahu beritanya hanya menganggap itu hanyalah basa-basi dari si pelaku kepada korban yang dituju atau juga mereka berasumsi bahwa itu hanyalah bercandaan sesaat untuk para laki-laki, itu sangat salah.

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa sih perkara-perkara catcalling itu?

Catcallingatau pelecehan seksual terjadi di seluruh penjuru dunia, dan mendapatkan definisi dari Kamus Oxforda sebagai siulan keras atau komentar bersifat seksual yang dilontarkan oleh seorang pria kepada perempuan yang melewati nya. Laki-laki yang melakukan catcalling bersikeras untuk mendapatkan perhatian dari seorang perempuan. Walaupun memang bukan hanya perempuan saja yang

Walaupun dari diri kita sebagai cewek sudah mencoba agar tidak dapati hal tersebut, tetapi kita tidak tahu nafsu tinggi dari si cowok yang dengan asalnya mengeluarkan perkataan yang tidak pantas di lontarkan dan terlebih sampai cowok itu mengulur tangannya ke tubuh kita yang dia anggap itu hanya canda belaka.

Nah daripada kita sebagai wanita disalah-salahkan terus menerus, sebaiknya hal ini yang harus kita coba :

1. Mencoba berpakaian yang rapih dan pastikan tidak membuat cowok nafsu dengan kita

Lebih baik menghindar daripada kita kena batunya kan? Yuk mencoba berpakaian yang tidak memancing si cowok yang gak beradab itu.

2. Sebaiknya ajak temanmu kalau takut berpergian sendiri

Pengen pergi-pergi jauh tapi takut? Coba ajak temen kamu agar tehindar dari kejadian yang tidak diinginkan

3. Cari rute lain jika ada segerombolang cowok-cowok yang menurut kamu itu mengganggu

Dari jauh udah terlihat mengganggu? Langsung cari rute lain agar kamu terhindar ya!

4. Selain itu, kamu bisa menyibukkan diri dengan berpura-pura angkat telpon agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan

Bikin suasana kamu sedang sibuk, pasti si cowok-cowok penggoda itu jadi sungkan sama kamu

5. Kalau sudah terlanjur kena catcalling, coba jangan panik dan diamkan saja, kalau kamu merasa terganggu buat raut wajah mu seperti orang judes dan tatap matanya seperti menantang

Cara ini yang paling ampuh karena si cowok penggoda itu sudah berfikir bahwa kamu bukan cewek yang lemah

6. Kalau juga kamu sudah kena catcalling dan tubuh kamu di sentuh, jangan diam saja langsung beranikan diri untuk lawan dengan cara pukul orangnya atau teriak

Sebenarnya ini tergantung kita melawannya seperti apa, tapi setidaknya jangan di diamkan saja

Bagaimanapun kita sebagai wanita jangan lemah atas kejadian sexual harassment yang sudah terjadi pada kehidupan kita, jangan diam saja jika kamu merasa tidak nyaman karena dapat memperburuk psikologis kita. Yuk beranikan diri jangan jadi cewek lemah yang terus menerus di jatuhkan oleh kaum cowok.