Siapa sih yang tidak mau liburan? Tentunya kita sangat menginginkan liburan sesekali untuk menyegarkan diri dari penat pekerjaan ataupun tugas kuliah. Hal itu menjadikan liburan bukan hanya gaya hidup, tapi juga sudah menjadi suatukebutuhan.

6 Cara agar kamu bisa liburan dengan nyaman setiap tahun

Namun terkadang ada saja kendala yang menghalangi dan membatalkan niat untuk pergi liburan, seperti jadwal kesibukan yang padat atau bahkan kendala keuangan membuat keinginan liburan jadi gagal total.

Dua hal tersebut sering kali muncul tiba-tiba. Jika tidakdirencanakan dengan matang, salah satu yang sering terjadi ketika waktu liburan sudah dekat tiba-tiba ada kebutuhan mendesak yang tidak bisa ditunda. Alhasil kamu pun harus menggunakan tabungan liburan dan liburanmu harus tertunda bahkan dibatalkan. Hal ini membuat bingung untuk mencari solusi yang tepat dan pasti.Tenang saja karena beberapa cara ini akan membuatmu tetap bisa liburan setiap tahun.

1.Pilih destinasi liburan sesuai dengan budget.

6 Cara agar kamu bisa liburan dengan nyaman setiap tahun

Pertama tentukan terlebih dahulu destinasi liburanmu. Jangan lupa untuk sesuaikan budget yang kamu inginkan. Hal itu membuatmu sudah memiliki bayangan atau perhitungan jika memilih tempat ini setidaknya akan keluar biaya sekian. Kira-kira seperti itu contohnya.

2.Buatrincian detail biaya yang dikeluarkan.

6 Cara agar kamu bisa liburan dengan nyaman setiap tahun

Buat rincian biaya yang akan kamu keluarkan pada saat liburan nanti. Biaya tersebut mungkin meliputi biaya makan, penginapan, transportasi, dan biaya yang tak terduga. Pastikan semuanya masuk dalam catatanmu.

3.Bandingkan harga.

6 Cara agar kamu bisa liburan dengan nyaman setiap tahun

Jangan lupa untuk mencari perbandingan harga seperti tiket transportasi, tempat menginap, dan tempat wisata yang akan dituju. Manfaatkanlah semua promo yang ada karena hal itu dapat membuat pengeluaran liburanmu jadi lebih hemat.

4.Cicilsemua kebutuhan liburan.

6 Cara agar kamu bisa liburan dengan nyaman setiap tahun

Saat liburan tentu saja kita membutuhkan barang-barang yang akan digunakan. Misalnya kamu ingin pergi ke gunung pasti akan membutuh jaket tebal dan perlengkapan lainnya. Namun sebelum membelinya ada baiknya kamu manfaatkan teman atau saudara yang memiliki perlengkapan lengkap untuk meminjamnya. Jika masih ada yang kurang tinggal kamu beli deh.

5.Sisihkanuangmu dari sekarang.

6 Cara agar kamu bisa liburan dengan nyaman setiap tahun

Jika semuanya sudah cukup mulailah untuk sisihkan dan menabung segera mungkin agar keuangan liburanmu dapat terkendali dengan aman. Kurangi semua pengeluaran sehari-harimu seminimal mungkin. Hal itu dapat membantu tabungan liburanmu cepat terkumpul.

6.Mencaripekerjaan tambahan.

Untuk menghasilkan lebih banyak uang kamumemerlukan lebih banyak sumber pendapatan. Tidak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan untuk membantumumengumpulkan biaya liburan dengan lebih cepat. Tidak perlu mencari pekerjaan yang berat, cari pekerjaan yang menyenangkan sesuai dengan bakat dan minatmu.

Ada banyak cara yang bisa kamulakukan untuk menabung agar bisa liburan di akhir tahun. Jangan menyerah dan mengeluh meski dalam proses mengumpulkan uang kamumenemui banyak godaan dan kendala. Kamu pun akan bisa merasakan bahagianya pergi ke tempat-tempat yang indah tanpa rasa cemas dan bersalah, apalagi stres karena tumpukan hutang yang harus dibayar selepas liburan.Jika liburan sudah menjadi kebutuhan hidupmu, kamu harus lebih giat lagi menabung agar rencana liburan dapat terealisasikan.

Oleh: Sandy Prakoso