×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

0

News

6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

World Cleanup Day menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

15 / 09 / 2018 23:10

Apa jadinya ketika kota-kota di dunia dipenuhi sampah akibat kurangnya kesadaran setiap individu untuk membuang sampah pada tempatnya? 

Let’s Do It! World adalah gerakan global yang menghubungkan orang-orang dan organisasi diseluruh dnia dengan tujuan membuat planet bersih dan bebas dari sampah. Maka dari Itu secara serentak pada 15 September 2018 adalah puncak acara World CleanUp Day Indonesia Dimana pada tanggal tersebut seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Ujung paling timur Indonesia ikut berpartisipasi untuk membersihkan sampah. World CleanUp Day secara serentak akan dilaksanakan di 150 negara kurang lebih melibatkan sekitar 10 persen atau lebih dari 350 juta penduduk terlibat dalam aksi ini. 

World Cleanup Day menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia. Di Indonesia, kegiatan ini menjadi gotong royong terbesar untuk pertama kalinya yang melibatkan 13 juta penduduk. World CleanUp Day diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu sampah yang sudah menjadi isu kritis dan didiskusikan di berbagai negara. 

Indonesia masih menjadi buah bibir sejak dinobatkan sebagai negara penyumbang sampah plastik kedua di dunia ke lautan setelah China. Momentum ini diharapkan merubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan melakukan pengelolahan sampah yang baik.

World Cleanup Day di Indonesia digerakkan oleh 10 komunitas lokal yaitu; Let’s Do It Indonesia, Clean Up Jakarta Day, DFW Indonesia, Indorelawan, Peduli Ciptaan Indonesia, Trash Hero Indonesia, JCI Indonesia, Forum Indonesia Bebas Sampah 2020, Gerakan Mari Berbagi dan Lions Club Jakarta Pusat Magnolia.

Loading...

Beberapa peraturan pun sudah diterapkan agar Indonesia menjadi negara bebas sampah. Peraturan tersebut diantaranya adalah jangan membuang tissu dan sampah di jalan, baik ketika berjalan, baik di area car free day ataupun sdng berkendaraan. sekarang ada OTT (operasi tangkap tangan) dengan denda paksa/langsung ditempat.

Saat kamu berpartisipasi dalam kegiatan World CleanUP Day 6 benda ini wajib kamu bawa.

1. Masker

6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

Foto : Bali Mail

Fungsi masker itu sendiri adalah cara untuk melindungi diri dari penyebaran penyakit menular cara penggunaannya adalah masker dengan sisi yang berwarna putih digunakan menghadap kedepan, dan sisi yang berwarna hijau/biru menghadap ke depan. Dengan maksud untuk menyaring mikroorganisme dari tubuh kamu supaya tidak menyebar ke udara luar dan tidak menularkan penyakit ke orang di sekitar kamu.

Dalam menggunakan masker sebaiknya dipakai hanya satu kali saja, jadi setelah pemakaian masker tersebut langsung dibuang. Ini bentujuan agar Jangan sampai masker yang kamu gunakan untuk melindungi tubuh malah menyebabkan penyakit, gara-gara kamu menghirup kotoran yang tertimbun di masker karena tidak diganti.

2. Sarung Tangan (Glove)

6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

Foto : id.ruidea.org

Berguna sebagai alat pelindung tangan saat bekerja di tempat atau kondisi yang dapat mengakibatkan cedera tangan. Pilih ukuran sarung tangan atau glove yang pas dengan ukuran tanganmu. Periksa kerapian jahitan, karena akan melindungi tangan pemakai dari cedera atau lecet akibat gesekan.

Saat kamu membersihkan sampah dan tidak menggunakan Glove saat mengangkat barang berbahaya yang tajam, kasar, licin, atau bergerigi bisa membahayakan. Saat tak memakai sarung tangan, dan tangan menggenggam satu barang yang tajam, tangan bisa saja terkena goresan benda itu lalu berdarah. Apabila benda itu licin, kemungkinan benda itu terjatuh dan akan menimpa kaki.

3. Botol Tumbler

6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

Foto : Zero Promosi

Saat kamu haus ketika membersihkan sampah kamu tinggal buka botol tumblr dan minum. Kebiasaan membawa Tumbler juga mendukung kamu untuk banyak mengonsumsi air minum karena lebih mudah, tinggal buka tumbler dan minum. Kebutuhan tubuh akan air mineralpun jadi terpenuhi. Selain itu, kamu juga bisa memastikan bahwa air yang kita minum punya kualitas yang baik. Apalagi sekarang semakin banyak beredar air minum yang kualitas belum terjamin aman.

Dengan membawa botol tumbler merupakan salah satu bukti sederhana kalau kamu cinta lingkungan adalah dengan bawa Tumbler minum loh. Setidaknya kamu tidak menambah sampah plastik yang sudah banyak di dunia ini.

4. Sepatu kets dan baju training

6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

Foto : Ask Fm

Memakai sepatu kets dan baju training akan membuatmu lebih leluasa bergerak. Apalagi dalam kegiatan World CleanUp Day kamu akan beraktivitas di luar ruangan atau tempat terbuka.

5. Obat-obatan Pribadi

6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

Foto : Aktivitas sehat

Kamu perlu membawa obat-obaan pribadi milikmu. Siapkan dompet atau kotak khusus untuk obat-obatan. Letakkan di tempat yang mudah dicari, tetapi cukup aman dari jangkauan anak-anak Letakkan di tempat yang teduh, jangan terkena panas langsung dari matahari atau mesin kendaraan. Jika perlu, untuk masing-masing obat dimasukkan dalam kantung sendiri dan diberi tulisan identitas obat dan untuk obat apa.

6. Bekal Makanan

6 benda ini wajib kamu bawa saat ikutan aksi World Cleanup Day

Foto : Phinemo

Setelah aksi bersih-bersih tentu kamu akan merasakan lapar. Daripada kamu muter-muter cari tempat makan lebih baik kamu bawa bekal sendiri dari rumah. Dengan membawa bekal makanan dari rumah tentu akan lebih terjamin kebersihan, kesehatan dan rasa makanan itu sendiri.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red