Buka puasa bersama teman-teman adalah aktivitas yang seru banget. Selain bakal seru-seruan pas nunggu waktu buka puasa, makan bersama pun akan membuat hubungan pertemanan menjadi lebih akrab. Namun, saat agenda puasa sudah direncanakan sedemikian rupa, pasti ada aja teman kamu yang seketika menyatakan berhalangan hadir di hari-H. Bukber pun diundur lagi, lagi, dan lagi agar semua teman kamu bisa hadir. Alhasil, rencana bukber kamu cuma jadi sekedar wacana. Di grup sosmed kamu bersama teman-teman, tak terelakkan, kata-kata maupun meme wacana forever pun bertebaran.

Nah, untuk mengatasi tragedi itu, berikut ini tips ampuh biar rencana bukber kamu anti wacana forever.

1. Kasih petuah tentang kebersamaan dan pertemanan yang solid

5 Trik ampuh biar rencana bukber kamu anti 'Wacana Forever'

Biasanya, bukber yang wacana forever menandakan kalo si teman-teman gak cukup solid. Oleh karena itu, kamu mesti jadi orang bijak dulu untuk mengatasi masalah ini. petuah yang dapat kamu berikan misalnya:

kita tuh udah setahun lho di prodi Teknik Informatika (contoh). Tapi kita masih gak solid, masih mikirin diri sendiri. Gimana bisa kita sukses ngadain event-event IT di angkatan kita, kalo buat bukber aja susahnya minta ampun. Be solid, please. Ini buat kebersamaan kita, ini buat kebaikan kita sebagai mahasiswa TI Universitas X angkatan 2017.

2. Bilang kalo kamu bakal merantau

5 Trik ampuh biar rencana bukber kamu anti 'Wacana Forever'

Ini sebenarnya cara yang gak dianjurkan karena berpotensi ngibulin teman-teman kamu. Tapi nyebelin juga kalo mereka pikir karena semuanya berada di kota yang sama, maka bukber jadi masalah gampang. Pikiran yang menggampangkan bukber dengan kata udahlah nanti aja ya alias prokrastinasi atau mundur-mundur ini bikin bukber kamu jadi wacana forever. So, kalo emang udah gak ada cara lain, coba trik ini biar mereka gak menunda untuk bukber karena mereka kira akan segera berpisah dengan kamu. Usahakan ngibul ini dilakukan setelah buka puasa biar puasanya gak batal. Hehe.

3. Ajak gebetan teman-teman kamu untuk ikut bukber

5 Trik ampuh biar rencana bukber kamu anti 'Wacana Forever'



Gebetan adalah magnet yang pas buat narik teman-teman kamu untuk ikut bukber. Mereka bakal lebih semangat dan gak akan menjadikan bukber sebagai wacana. Siapa sih yang gak pengen buka bareng cowok atau cewek yang harapannya bisa jadi imamatau makmum di rumah tangga kelak?

4. Rencanakan bukber di tempat makan yang makanannya murah meriah

5 Trik ampuh biar rencana bukber kamu anti 'Wacana Forever'

Pemilihan tempat makan juga menjadi hal yang krusial dalam perencanaan bukber. Jika teman-teman kamu berkantong pas-pasan, jangan sampai merencanakan bukber di restoran mewah yang seporsi bisa menghabiskan 100 ribu rupiah. Harga makanan yang murah meriah akan memudahkan langkah teman-teman kamu menuju TKP bukber.

5. Traktir teman-teman kamu

5 Trik ampuh biar rencana bukber kamu anti 'Wacana Forever'

Kalau kamu dianugerahi rezeki berlebih saat Ramadan, jangan ragu buat berbagi ke Teman-teman kamu yang mengincar makanan gratisan. Selain meminimalisir kemungkinan wacana forever karena mereka lagi krismon, kamu juga akan memperoleh puasa dari teman-teman kamu.

Itulah tadi beberapa trik yang dapat kamu lakukan untuk buka puasa bersama teman tanpa hambatan wacana forever. Semoga di Bulan Ramadan ini, kamu dan teman-teman semakin akrab dan solid untuk berkolaborasi dalam hal positif, ya !