Lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Tak hanya yang beragama Islam saja, non-Islam juga menyambut lebaran dengan penuh suka cita. Bagi umat Islam, lebaran adalah momen kemenangan setelah sebulan penuh berperang melawan hawa nafsu di bulan suci Ramadan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa tradisi yang pasti dilakukan oleh hampir semua orang. Tentu saja kalian pasti pernah melakukan tradisi ini. Melansir dari laman cermati.com (16/6/2018), berikut ini 5 tradisi lebaran di Indonesia.

1. Mudik.

5 Tradisi lebaran khas Indonesia, kamu pasti pernah merasakannya

Bagi anak perantauan, Lebaran adalah waktu yang tepat untuk pulang kembali ke kampung halaman demi merasakan kehangatan dalam keluarga. Tradisi mudik ini sudah dilakukan puluhan tahun lalu. Mudik kala Lebaran sudah bukan dikatakan tradisi, melainkan kegiatan yang wajib dilakukan oleh anak perantauan.

Mungkin di Indonesia telah menjadi sebuah negara dengan masyarakat yang paling banyak melakukan perjalanan pulang kampung saat Lebaran tiba. Bahkan pemerintah sudah mempersiapkan fasilitas penunjang agar para pemudik dapat selamat sampai ke kampung halaman.

2. Halal Bi Halal.

5 Tradisi lebaran khas Indonesia, kamu pasti pernah merasakannya

Walaupun zaman sudah canggih yang mana dapat mengucapkan selaman Lebaran dan permintaan maaf lewan smartphone, tapi bagi sebagian orang di Indonesia, mengunjungi kerabat kala lebaran masih merupakan hal yang wajib dilakukan.

Bagi anak-anak, momen mengunjungi rumah kerabat haruslah dilakukan guna mendapatkan THR atau uang fitrah. Setelah lebaran usai, biasanya yang tua akan sedih karena uangnya habis, sedangkan anak-anak akan bahagia karena punya banyak uang, benar gak nih? Tentu saja benar.

3. Takbir keliling.

5 Tradisi lebaran khas Indonesia, kamu pasti pernah merasakannya

Lebaran akan selalu disambut dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh. Pada momen ini baik anak-anak hingga orang tua terlihat bersama-sama turun kejalan dan merayakannya di sana. Tak jarang juga ada yang merayakannya di masjid atau mushola.

4. Kembang api.

5 Tradisi lebaran khas Indonesia, kamu pasti pernah merasakannya

Layaknya perayaan tahun baru, pada saat malam Idul Fitri atau sering disebut malam tabiran, banyak orang yang menyalakan kembang api atau petasan guna menyambut hari kemenangan. Bahkan di beberapa daerah di indonesia masih dapat kita temui meriam bambu atau jlong-jlongan (penamaan berbeda di setiap daerah), sebagai tradisi pada malam takbir.

5. Ketupat.

5 Tradisi lebaran khas Indonesia, kamu pasti pernah merasakannya

Sepertinya ketupat adalah makanan yang wajib ada ketika Lebaran. Ada beberapa daerah di Indonesia yang menyajikan menu makanan ketupat pada hari pertama lebaran, namun ada juga yang menyajikannya pada H+7 Lebaran. Tak masalah perbedaan waktu penyajian karena memang mengikuti tradisi di daerah masing-masing.