×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips untuk tetap sehat dan produktif semasa work from home

0

Life

5 Tips untuk tetap sehat dan produktif semasa work from home

Foto: DarkWorkX dari Pixabay

Meskipun bekerja dari rumah, kamu tetap bisa produktif seperti saat bekerja di kantor.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

ACT Aksi Cepat Tanggap

03 / 04 / 2020 14:05

Beberapa perusahaan di seluruh dunia termasuk di Indonesia telah memberlakukan sistem kerja jarak jauh meskipun beberapa profesi tetap harus bekerja dari tempat kerjanya. Kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah diterapkan perusahan di tengah penyebaran virus Covid-19.

Bekerja di rumah atau dari jarak jauh membuat seseorang memiliki jadwal yang lebih fleksibel. Ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas agar hasil kerja maksimal. Seperti menyiapkan ruang kerja yang baik hingga cara berkomunikasi dengan tim.

5 Tips untuk tetap sehat dan produktif semasa work from home

 

Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) membuat tips agar kegiatan WFH tetap produktif.

Loading...

1. Ikuti peraturan WFH yang sudah ditentukan kantormu.

Jika kamu WFH, mungkin kantormu sudah membuat sebuah peraturan yang harus ditaati seperti komunikasi dengan tim jarak jauh di waktu yang telah disepakati. Kunci untuk bekerja dari rumah adalah komunikasi yang jelas dengan atasan dan sama seperti yang dilakukan apabila berada di kantor.

2. Melaporkan setiap progress yang akan dan sudah dikerjakan.

Setiap hari, tentu ada target pekerjaan yang harus diselesaikan. WFH tentunya tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak melaporkan progress pekerjaan kepada atasan. Memaksimalkan berbagai aplikasi digital untuk memudahkan koordinasi pekerjaanmu dengan atasan. Ini penting juga lho untuk mengetahui seberapa produktifnya kamu walaupun bekerja dari rumah.

3. Perlakukan diri sendiri untuk pekerjaan nyata.

Jangan karena bekerja dari rumah, kamu bisa bersantai dan bekerja menggunakan piyama. Untuk membangun semangat bekerja, lakukan hal-hal yang biasa kamu lakukan di saat bekerja di kantor. Mandi dan berpakaian sopan.

Jika tidak memiliki ruang kerja di rumah, sebisa mungkin buat ruang khusus untuk pekerjaan. Jadi, alih-alih berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah membuat suasana yang kondusif.

4. Mencari tempat yang jauh dari gangguan.

Salah satu cara agar pekerjaan kamu tetap kondusif adalah membuat tempat kerja di sudut ruangan yang jauh dari keramaian, menyediakan kursi, meja seperti yang dilakukan di kantor. Ini juga berfungsi sebagai sinyal penting untuk memberi tahu bahwa kamu sedang ‘bekerja’. Jangan lupa untuk membuat batasan di dalam rumah yang dapat dipahami anggota keluarga lainnya.

5. Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Meskipun berada di rumah, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan diri sendiri, seperti rajin cuci tangan dengan sabun, memakai masker saat kamu mulai merasa tidak enak badan. Perhatikan asupan gizi, minum air putih, makan buah serta sayur, serta mengonsumsi vitamin sebagai tambahan asupan antibody kamu dan istirahat yang cukup. Jika kamu seorang muslim jangan lupa untuk menjaga wudu kamu.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red