×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips sederhana untuk menemukan ide menulis, cobain deh

0

Life

5 Tips sederhana untuk menemukan ide menulis, cobain deh

Cobain 5 tips ini untuk membantumu berpikir ternyata mencari ide menulis itu mudah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Manarul hidayah

08 / 01 / 2019 11:08

Kamu hobi menulis atau baru memulai untuk menulis? Hal yang sangat wajar ketika seorang penulis bingung ingin menulis apa dan dari mana memulai tulisan mereka. Namun hal itu jangan dijadikan alasan untuk tidak menulis.

Nah, 5 tips ini bisa saja membantumu menjawab kesulitan dalam mencari ide tulisan. Berikut ulasannya.

1. Bangun lebih pagi.

5 Tips sederhana untuk menemukan ide menulis, cobain deh

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk merefresh otak, karena udara pagi hari masih sangat bersih dan sejuk. Karena otak masih segar, kamu jadi bisa lebih mudah berpikir untuk mencari ide menulis. Kamu bisa mendapatkan ide dari mengamati aktivitas lingkungan sekitar di pagi hari sambil minum teh hangat dan gorengan. Enak, bukan?

Loading...

 

2. Pikirkan apa yang kamu sukai.

5 Tips sederhana untuk menemukan ide menulis, cobain deh

Tak ada orang yang tak mempunyai kesukaan atau hobi. Kalau kamu bingung ingin menulis apa, kenapa tidak mulai dari hal yang kamu sukai seperti hobimu. Mungkin seperti membagikan tulisan tentang pengalaman dan pengetahuan yang berkaitan dengan kesukaan atau hobi. Misalnya hobimu fotografi, kamu bisa menulis tentang tips-tips fotografi, teknik fotografi, atau tentang macam-macam kamera. Keren, kan?

 

3. Perbanyak membaca buku dan artikel orang lain.

5 Tips sederhana untuk menemukan ide menulis, cobain deh

Kemampuan menulis tak bisa dipisahkan dengan seberapa rajin orang itu membaca. Para penulis hebat pun tidak bisa lepas dari yang namanya membaca. Lewat membaca, selain menambah ilmu pengetahuan, kamu juga bisa mendapat banyak referensi untuk ide menulis. Banyak bacaan seperti buku, artikel, koran, majalah dll. Kamu bisa memilih media bacaan yang kamu sukai. Jadi jangan malas membaca, ya!

 

4. Menonton film.

5 Tips sederhana untuk menemukan ide menulis, cobain deh

Tips lain untuk mendapat ide menulis adalah dengan menonton film. Kamu bisa menulis dengan membahas alur cerita film yang kamu sukai. Atau bisa juga membahas hal sepele seperti menulis tentang trailer film yang belum dirilis maupun membahas post credit scene untuk membuat asumsi apa yang akan terjadi di film selanjutnya untuk membuat pembaca tulisanmu penasaran.

 

5. Liburan atau rekreasi.

5 Tips sederhana untuk menemukan ide menulis, cobain deh

Liburan atau rekreasi adalah hal yang paling disenangi banyak orang. Dengan meninggalkan aktivitas sementara untuk pergi ke tempat wisata bisa membuat stress di kepala hilang dan membuat otak kembali fresh. Dengan begitu kamu bisa juga memikirkan ide untuk tulisan, seperti tentang pengalaman liburan, manfaat liburan, tempat-tempat wisata yang populer, tips-tips perjalanan, dll. Seru, bukan?

Tak ada alasan bagimu berpikir tidak punya ide untuk menulis. Banyak hal di sekitar kita yang bisa dijadikan referensi untuk tulisan. Semoga lima tips di atas bisa sedikit membantumu untuk menghilangkan pikiran bahwa mencari ide untuk menulis itu susah.

Perbanyaklah membaca, karena setiap penulis hebat selalu dibekali dengan hobi membaca yang rutin. Dengan membaca kamu bisa lebih melatih kosa kata dan pastinya juga mendapat ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas.

Semoga bermanfaat!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red