×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips mempertahankan LDR saat pandemi, cegah hubungan kandas

0

Cinta

5 Tips mempertahankan LDR saat pandemi, cegah hubungan kandas

Bagaimana sih cara mempertahankan LDR? Sulit atau tidak, ya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nathasya Evelin

05 / 01 / 2022 16:25

Hubungan kandas sudah merupakan hal yang wajar bagi masyarakat, terutama hubungan yang kandas di masa pandemi. Kita bahkan bisa menjumpai banyak pasangan baik LDR maupun tidak yang harus berpisah di masa pandemi, misalnya saat tak sengaja melihat TikTok. 

Sebenernya apa sih maksud dari LDR atau long distance relationship? Jadi, LDR itu adalah hubungan jarak jauh yang dialami oleh sepasang kekasih. Pasangan LDR biasanya berbeda kota ataupun negara. Alasan kenapa pandemi sangat mempengaruhi hubungan LDR karena jika sebelum pandemi, pasangan kekasih yang mengalami LDR masih bisa bertemu seminggu atau sebulan sekali tanpa adanya halangan seperti PPKM atau harus antigen. Tapi setelah pandemi, pasangan LDR menjadi semakin sulit bertemu dikarenakan adanya aturan PPKM yang berlangsung lama dan adanya keharusan untuk melakukan tes antigen, PCR, swab serta karantina mandiri. 

Tantangan long distance relationship yang sering dihadapi adalah masalah dalam komunikasi, rasa bosan yang meningkat dikarenakan tidak bisa bertemu dan berjalan bersama, kurangnya rasa kepercayaan, dan rawan berselingkuh. Jika permasalahan-permasalahan tersebut tidak diatasi, hubungan LDR yang sudah buruk akan semakin buruk dan bisa menyebabkan toxic relationship dan kandasnya suatu hubungan. 

Nah, berikut ini adalah tips mempertahankan LDR di masa pandemi yang bisa kamu coba agar hubunganmu tidak kandas di tengah jalan.

1. Sempatkan komunikasi.

Bisa dikatakan komunikasi merupakan kunci dari sebuah hubungan. Dalam sebuah hubungan terutama long distance relationship, komunikasi merupakan satu-satunya cara untuk tetap berhubungan selama masa pandemi seperti ini. Komunikasi juga berfungsi sebagai sarana bagi pasangan long distance relationship untuk mempertahankan hubungan mereka walau mungkin ada berbagai kendala sinyal ataupun situasi yang tidak bisa dihindari sehingga tidak bisa melakukan komunikasi.

Loading...

Namun tetap saja pasangan kekasih yang menjalani long distance relationship harus melakukan komunikasi. Tidak perlu komunikasi panjang seperti videocall sampai berjam-jam ataupun sleepcall. Hanya berikan kabar atau chat sederhana saja sudah bisa meningkatkan hubungan long distance relationship agar tidak kandas. Komunikasi sangat diperlukan dikarenakan dengan adanya komunikasi, kamu bisa menghindari kesalahpahaman, memperkuat rasa kepercayaan, menunjukkan bentuk perhatian dan kasih sayang, lebih memahami satu sama lain, serta bisa menjaga keharmonisan. 

2. Berikan kejutan atau perhatian kecil.

Kejutan dan perhatian tentu saja merupakan hal yang disukai oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Jika mendapat kejutan ataupun perhatian, mereka akan merasa dicintai dan merasa berharga. Tidak perlu memberikan hal yang besar, cukup berikan dan lakukan hal-hal simpel seperti menelepon tiba-tiba, selalu ada ketika pasangan ingin bercerita, meluangkan waktu selama sejam atau dua jam untuk teleponan ataupun chat-an, mengirimkan hadiah kecil di saat hari-hari penting seperti valentine, anniversary, ulang tahun dll. Dengan memberikan kejutan dan perhatian sederhana seperti itu, hubungan long distance relationship akan tetap awet, kepercayaan antar pasangan akan meningkat, dan mereka akan lebih merasa dicintai satu sama lain.

3. Memberikan virtual gift.

Selain memberikan kejutan atau perhatian kecil untuk pasangan, kamu juga bisa mempertahankan long distance relationship dengan memberikan virtual gift yang bisa kamu berikan melalui gadget. Virtual gift merupakan hadiah yang kamu berikan tanpa adanya bentuk fisik seperti puisi, surat, foto atau video baik yang sudah diedit ataupun yang belum diedit untuk dikirimkan kepada pasangan sebagai ungkapan rasa sayang kita.

Vitual gift seperti ini memiliki makna yang membuat kamu merasa diperhatikan karena pasangan rela menghabiskan waktunya untuk membuatkan virtual gift. Ini juga bisa dilakukan oleh pasangan LDR yang menyukai kesederhanaan serta memiliki bujet dan akses terbatas. 

4. Melakukan dating online.

Dating online yang dimaksud di sini bukanlah kamu harus download aplikasi dating dan kemudian mencari pasangan baru. Melainkan kamu harus menyempatkan diri untuk melakukan kencan secara online.

Dating online bisa dikatakan seperti quality time yang kamu lakukan dengan pasanganmu. Namun, kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa yang disukai oleh pasanganmu. Jika pasanganmu suka bermain game, mungkin kamu bisa mengajaknya menghabiskan waktu bersama dengan bermain game. Jika pasangan kita suka menonton film, mungkin kamu bisa mengajaknya untuk menonton film bersama melalui aplikasi seperti twoseven, rave, scener dan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menonton film bersama. 

5. Melakukan me time.

Nah cara kelima bagi para pejuang LDR untuk mempertahankan hubungannya adalah dengan melakukan me time. Dalam sebuah hubungan, pasti kamu akan merasakan fase bosan, jenuh, overthinking, ataupun berkurangnya rasa kepercayaan. Apalagi ketika kita tidak bisa bertemu satu sama lain dan saling sibuk dengan urusan masing-masing. Untuk itu, me time sangat penting bagi setiap pasangan untuk mengatasi kebosanan terhadap pasangan.

Saat melakukan me time, kamu tidak bisa hilang tiba-tiba begitu saja. Kamu harus memberikan kabar kepada pasangan agar pasangan tidak merasa semakin curiga, cemas, dan khawatir. Dalam me time ini, kamu mungkin bisa melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran, pergi berjalan-jalan dengan teman, bermain game, menonton film ataupun memasak. Dengan melakukan me time bisa mengurangi risiko adanya perselingkuhan dikarenakan selama me time, kamu bisa berpikir lebih jernih dan rasional serta dapat menghilangkan rasa bosan terhadap pasanganmu.

Itulah tips-tips untuk pasangan LDR yang sekiranya bisa dilakukan oleh sesama pejuang LDR. Walaupun mungkin ada yang terlihat "konyol" dan terlalu kekanak-kanakan, tapi percayalah bagi pasangan yang menjalani LDR, hal tersebut bisa memiliki makna dan terkesan sangat romantis. Dengan melakukan tips-tips tersebut, pasangan bisa mempertahankan hubungan LDR, merasa lebih dekat, menumbuhkan rasa kepercayaan satu sama lain, serta bisa merasa saling dicintai dan mencintai satu sama lain. Jadi, tetap semangat yuk para pejuang LDR!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red