Jika kamu termasuk orang yang sering mengolah ayam atau pencinta masakan berbahan dasar ayam, maka kamu perlu tahu bagaimana caranya untuk memilih ayam yang baik dan sehat.

Sekalipun gizinya tinggi, namun kamu tetap harus hati-hati dalam memilih dan membeli daging ayam. Apalagi kasus flu burung terkadang masih samar-samar terdengar dan terjadi di sekitarmu. Belum lagi ayam tiren (mati kemarin) yang dijual pedagang nakal. Salah mengonsumsi daging ayam, dapat membawa dampak kurang baik pada kesehatan.

Untuk itu, maka lebih aman membeli ayam mentah dengan bersandar pada ciri ciri daging baik dan sehat. Nah, ini 5 ciri-ciri daging ayam sehat untuk dikonsumsi.

1. Warna ayam.

5 Tips memilih ayam yang sehat & aman untuk dikonsumsi

Foto : Berita 123.com

Hindari ayam yang berwarna pucat, mengkilap dan kebiru-biruan, karena seharusnya daging ayam yang segar berwarna putih keabu-abuan dan cerah atau cenderung berwarna merah muda. Jika ayam mengkilap dan tak dihinggapi lalat, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin.

2. Kemasan ayam.

5 Tips memilih ayam yang sehat & aman untuk dikonsumsi

Foto : Astro.com

Jika kamu membeli di supermarket, kamu tetap harus berhati-hati. Ayam potong yang dijual di supermarket selalu dibungkus plastik dengan rapi. Apabila plastiknya tak lagi rapat, itu artinya telah disentuh oleh banyak orang dan sudah cukup lama ada di tempat tersebut. Hal tersebut perlu dihindari karena mikrobakteri dapat meresap ke dalam plastik, oleh karena itu sebaiknya kamu memilih ayam dengan bungkus plastik yang rapat.

3. Hindari darah ayam.

5 Tips memilih ayam yang sehat & aman untuk dikonsumsi

Foto : Pertanianku

Sebaiknya hindari ayam yang memiliki banyak darah, karena kondisi ayam tersebut memiliki beberapa indikasi, yaitu telah banyak disentuh oleh berbagai tangan, sehingga bakteri semakin banyak. Atau juga bisa berarti telah dibekukan atau dicairkan beberapa kali.

4. Tekstur daging ayam.

5 Tips memilih ayam yang sehat & aman untuk dikonsumsi

Foto : Magfood.com

Ayam yang baik dan segar, apabila ditekan, bentuknya akan kembali seperti semula, terasa empuk. Apabila kulit ayamnya tenggelam dan cenderung keras, itu artinya ayam tidak lagi segar dan tentu saja tak baik dikonsumsi. Apabila terasa kenyal, maka ayam tersebut dipastikan mengandung formalin, dan ayam yang terlihat membengkak juga dapat dipastikan telah disuntik agar lebih berat daripada ukuran aslinya.

5. Periksa bau ayam.

5 Tips memilih ayam yang sehat & aman untuk dikonsumsi

Foto : Hello Sehat

Ayam yang segar seharusnya tak memiliki bau. Dari bau ayam tersebut kamu dapat mengetahui masih segar atau tidak dari adanya ayam itu. Jika ayam tersebut berbau bahan kimia, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin atau bahan kimia berbahaya lainnya.