Hi guys ! Perkenalkan nama saya Calvin Leonardo. Saya pemegang Beasiswa Unggulan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Berhubung saya anak pariwisata, saya ingin membagikan berbagai tips memasak yang telah saya dapatkan selama berkuliah.

1. Membuat Kaldu Ayam yang Jernih

5 Tips memasak unik yang perlu kamu ketahui

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3519790/ini-tips-bikin-kaldu-ayam-dan-kaldu-ikan-yang-enak-dari-chef-steby

Sering kali kita merasa kecewa karena kaldu yang kita buat keruh atau tidak jernih. Untuk menghindari hal tersebut, masukkan ayam terlebih dahulu ke dalam air panas, rebus sebentar hingga kotorannya keluar, lalu bilas ayam. Setelah itu, masukkan ayam ke air yang baru untuk membuat kaldu. Jangan diaduk selama proses pembuatan kaldu dan gunakan api kecil hingga sedang. Cara ini bisa juga diterapkan untuk membuat kaldu sapi dan daging lainnya.

2. Menumis Bumbu

5 Tips memasak unik yang perlu kamu ketahui

http://pisangsusu.com/wp-content/uploads/79-sambal-goreng-perentil-boemboe.jpg

Perlu diakui bahwa masakan Indonesia memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Bumbu dasar yang enak merupakan kunci dari setiap hidangan. Menumis bumbu haruslah benar- benar matang hingga bumbu itu sendiri mengeluarkan minyak dan aromanya. Terdapat 3 langkah tips dalam menumis bumbu. Pertama, tumis atau oseng bumbu sebelum dihaluskan. Kedua, haluskan bumbu. Ketiga, tumis ulang bumbu halus sebelum memasukkan bahan lainnya.

3. Pancake yang Mulus

5 Tips memasak unik yang perlu kamu ketahui
http://img.sndimg.com/food/image/upload/w_896,h_504,c_fill,fl_progressive,q_80/v1/img/recipes/10/66/70/picYmZsvM.jpg

Membuat pancake memanglah mudah. Kita hanya perlu mencampur semua bahan hingga rata. Namun, seringkali pancake yang kita buat memiliki warna yang tidak merata, alias tidak mulus. Langkah pertama untuk membuat pancake yang mulus ialah kita harus mengocok telur dan gula hingga berbusa dan gula larut. Setelah itu, baru tambahkan bahan kering dan basah lainnya. Dijamin pancake akan mulusss....

4. Membakar Kunyit

5 Tips memasak unik yang perlu kamu ketahui

https://familinia.com/manfaat-kunyit/

Kunyit merupakan salah satu pewarna makanan alami yang banyak digunakan dalam hidangan nusantara. Kunyit perlu dibakar terlebih dahulu sebelum penggunaannya. Cara membakar kunyit yang benar ialah dibakar bersamaan dengan kulitnya dan setelah itu baru dikupas. Hal ini bertujuan untuk menghindari daging kunyit yang menghitam saat dibakar yang akan menimbulkan rasa pahit.

5. Membuat Sate

5 Tips memasak unik yang perlu kamu ketahui

https://www.weightlossresources.co.uk/diet/healthy_eating/barbeque.htm

Barbeque merupakan hal yang menyenangkan. Selalu ada saat tahun baru bersama teman-teman dan keluarga tersayang. Tips membuat sate yang matang merata ialah setiap potongannya harus mempunyai ukuran yang sama baik daging, paprika, bombay, atau pun bahan lainnya. Ingat, semakin cepat matang semakin cepat makan hahaha....

Selamat mecoba tips - tips diatas guys. #happycooking