×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips jitu berhemat ala anak kos agar selamat sampai akhir bulan

0

Life

5 Tips jitu berhemat ala anak kos agar selamat sampai akhir bulan

Jika tak diatur, bisa dipastikan kehidupan keuangan kalian akan terkuras habis pada akhir bulan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Zidni Ilman Akmaluddin

07 / 01 / 2019 12:01

Kalau kalian anak kos-kosan pasti tidak heran dong jika di akhir bulan keuangan pasti akan menipis. Berbeda ketika di awal bulan yang bisa membuat anak kos berfoya-foya bak miliarder. Ini juga yang menjadi penyakit bagi anak kos sehingga harus segera diatasi, karena jika tidak, sudah dipastikan kehidupan keuangan kalian akan terkuras habis pada akhir bulan. Alhasil kalian cuma akan makan-makanan seperti mie saja untuk dapat bertahan hidup.

Oleh karena itu penulis ingin memberikan 5 tips jitu berhemat bagi para anak kos-kosan sehingga kalian tidak perlu bersusah-susah di akhir bulan.

1. Atur pengeluaran sebaik mungkin.

Foto : ipapa.co.id

Foto: ipapa.co.id

Loading...

Mengatur pengeluaran keuangan sangatlah penting. Dengan pengaturan yang tepat dan benar, sudah dipastikan kalian akan mengurangi risiko untuk menghabiskan uang pada akhir bulan. 

 

2. Tentukan hal penting yang ingin dibelanjakan terlebih dulu.

Foto : republika.co.id

Foto: republika.co.id

Jangan terpancing untuk membeli sesuatu karena itu sedang kekinian atau tren. Sah-sah saja kalau kalian mau mengikuti zaman sebagaimana layaknya anak 'zaman now', tapi harus sadar diri. Utamakan membeli sesuatu yang memang menjadi kebutuhan dasar kalian ya, seperti makan misalnya. Kalau semisal di akhir bulan ada uang berlebih, baru deh kalian bisa membeli apa yang kalian inginkan.

 

3. Beli kebutuhan yang sedang promo atau diskon.

Foto : daunapi.com

Foto: daunapi.com

Ini sebenarnya merupakan peluang yang bagus dan tidak boleh untuk dilewatkan setiap kali kalian mendapatkan pemberitahuan ini. Selain bisa meringankan beban keuangan kalian yang pas-pasan, ini juga dapat membantu untuk mendapatkan barang yang kalian butuhkan dengan harga terjangkau. Sekarang sudah banyak promo dengan iming-iming memberikan 'cashback' dan potongan harga yang sangat besar. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin jika kalian ingin selamat di akhir bulan ya!

 

4. Beli bahan makanan untuk dimasak sendiri.

Foto : thescottishsun.co.uk

Foto: thescottishsun.co.uk

Dengan membeli persediaan makanan untuk dimasak sendiri, terbilang lebih hemat karena kalian bisa belanja banyak untuk dimasak banyak, bebas, tergantung dari bagaimana kalian menggunakan kemampuan pengaturan dengan tepat. Sama halnya seperti ibu-ibu rumah tangga yang melakukan belanja bulananan bahan-bahan makanan untuk dimasak di rumah, kalian pun bisa menerapkan hal seperti itu di kehidupan kos-kosan.

 

5. Pesan makanan catering.

Foto : Sawarna.net

Foto: Sawarna.net

Tak bisa disangkal jika memesan makanan catering, kalian juga dapat menghemat pengeluaran keuangan, terutama di bagian makanan. Ketika kalian memesan catering, otomatis ada orang lain yang sudah mengatur porsi makan kalian dengan uang yang telah kalian bayarkan di awal. Kalian tidak perlu pusing-pusing mengatur keuangan tentang makan dan fokus mengatur keuangan untuk hal-hal yang lain.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red