×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips ampuh untuk atasi mual saat hamil muda, gampang diterapkan

0

Kesehatan

5 Tips ampuh untuk atasi mual saat hamil muda, gampang diterapkan

Mual bisa saja menghambat rutinitasmu. Jadi jangan disepelekan, ya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Keza Felice

08 / 10 / 2020 10:04

 

Mual adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Meski sering disebut sebagai morning sickness, tapi kenyataannya mual yang disertai rasa pusing ini tidak hanya terjadi saat pagi hari saja. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Biasanya fase ini akan dimulai sejak awal usia kehamilan hingga minggu kesembilan. Dan akan mereda ketika sudah melewati usia kehamilan pada bulan ketiga. Oleh karena itu untuk mengatasi rasa mual, ada beberapa tips yang gampang dilakukan. Yuk, simak beberapa poin berikut.

1. Mengonsumsi jahe.

5 Tips ampuh untuk atasi mual saat hamil muda, gampang diterapkan

Loading...

Foto: Freepik 

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi jahe bukanlah suatu hal yang aneh. Biasanya masyarakat sering memanfaatkan jahe untuk meredakan demam atau juga menghangatkan tubuh. Namun, jahe juga masih memiliki fungsi lain, yaitu sebagai pereda mual yang terjadi pada ibu hamil. Dalam hal ini jahe tidak harus diolah sebagai minuman, tapi juga bisa dicampurkan ke dalam masakan sehingga rasa mual akan lebih cepat teratasi dan tubuh akan terasa hangat.

2. Menjadikan lemon sebagai aroma terapi.

5 Tips ampuh untuk atasi mual saat hamil muda, gampang diterapkan

Foto: Freepic/@Oxsanadeneshkina 

Lemon memang terkenal dengan keasamannya. Oleh karena itu ibu hamil tidak harus mengonsumsi buah yang satu ini. Namun, untuk mengurangi rasa mual, ibu hamil bisa memanfaatkan potongan lemon sebagai aromaterapi yang alami. Wangi lemon akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu juga, lemon mampu mengubah pikiran menjadi lebih fresh.

3. Hindari makanan pedas serta berlemak.

5 Tips ampuh untuk atasi mual saat hamil muda, gampang diterapkan

Foto: Freepic/@Jcomp

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari memang berlaku untuk setiap orang, terlebih kepada ibu hamil yang notabene memiliki keluhan mual. Ibu hamil memang perlu memperhatikan apa saja makanan yang akan dikonsumsinya.

Selain untuk memenuhi nutrisi harian, pemilihan menu yang tepat saat hamil juga berpengaruh pada intensitas rasa mual. Dan untuk mengatasi rasa mual, baiknya ibu hamil menghindari makanan yang pedas dan berlemak, karena hal tersebut dapat membuat kinerja perut meningkat. Selain itu, makanan yang pedas dan berlemak juga akan meninggalkan rasa panas pada tenggorokan sehingga sulit rasanya untuk bernapas dengan normal. 

4. Istirahat yang cukup.

5 Tips ampuh untuk atasi mual saat hamil muda, gampang diterapkan

Foto: Freepic/@drobotdean

Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi mual bagi ibu hamil adalah dengan istirahat yang cukup. Biasanya kelelahan bisa menimbulkan rasa pusing yang mengakibatkan mual secara berlebih. Untuk itulah ibu hamil lebih baik menjaga pola istirahatnya dengan baik. Usahakan untuk tidur selama delapan jam saat malam. Ada baiknya pula jika bisa menyempatkan untuk tidur siang walaupun hanya sebentar. Hal tersebut akan membantu ibu hamil untuk memulihkan tenaganya, sehingga rasa pusing dan mual juga akan berkurang.

5. Tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

5 Tips ampuh untuk atasi mual saat hamil muda, gampang diterapkan

Foto: Freepic

Saat perut sedang kosong, tidak menutup kemungkinan akan menjadikan mual semakin parah. Untuk itulah ibu hamil harus memastikan perutnya selalu dalam keadaan terisi. Namun demikian, bukan berarti ibu hamil bisa mengonsumsi makanan secara berlebih, ya!

Lakukan pola hidup sehat dengan mengatur waktu makan. Usahakan untuk sering mengonsumsi makanan sehat, tapi dengan porsi kecil sehingga tidak mengakibatkan begah pada perut. Dengan begitu mual akan teratasi dengan mudah dan cepat.

Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, kan? Mulai sekarang, segera atasi rasa mual saat hamil sebelum menjadi semakin parah.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red