×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips aman meninggalkan rumah saat mudik, biar Lebaran makin tenang

0

N/A

5 Tips aman meninggalkan rumah saat mudik, biar Lebaran makin tenang

Yuk ikuti tips ini agar nyaman saat mudik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

olga nisya

02 / 06 / 2019 14:35

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi. Masyarakat mulai mempersiapkan diri mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari yang suci bersama keluarga.

Selain mempersiapkan diri dan transportasi, kita juga harus mengantisipasi penjagaan rumah agar tidak dibobol pencuri. Jika tidak, bisa-bisa rumah kita digasak maling. Mengingat mudik merupakan waktu yang tepat bagi maling untuk menjarah harta berharga, agar mudik tetap aman tanpa memikirkan rumah yang ditinggal, berikut tips aman menjaga rumah saat mudik.

1. Simpan barang berharga di tempat yang aman.

Barang berhaga merupakan tujuan maling menggasak rumah yang ditinggalkan pemudik karena biasanya para pemudik jarang meninggalkan barang berharga di tempat yang aman. Oleh karena itu kita harus menyimpan barang di tempat yang aman saat mudik. Simpan barang berharga di tempat yang sekiranya tidak terpikirkan oleh pencuri, atau simpan di tempat yang memiliki keamanan tinggi.

2. Cabut semua aliran gas dan listrik.

Loading...

Sebelum mudik, cek kembali semua aliran gas dan listrik. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi selang atau gas yang bocor dan arus pendek arus listrik. Ini karena saat mudik rumah akan kosong. Jika terjadi kebocoran atau arus pendek listrik, tentu akan sulit mengambil barang berharga yang ada di rumah. Oleh karena itu sebaiknya cek kembali aliran gas dan listrik di rumahmu.

3. Nyalakan lampu luar rumah.

Dengan menyalakan lampu luar rumah bisa menghindari gelap pada malam hari karena maling biasanya menyatroni rumah yang diincarnya pada malam hari. Dengan menyalakan lampu luar rumah, bisa menghindarkan dari maling yang menggasak rumah di malam hari. Kini sudah banyak orang yang menjual lampu otomatis. Akan lebih baik jika sebelum mudik menggunakan lampu tersebut untuk di luar rumah.

4. Pastikan semua akses masuk tertutup dan terkunci dengan rapat.

Setelah mengecek semua isi rumah, jangan lupa untuk tutup semua akses masuk ke dalam rumah, seperti pintu dan jendela karena maling masuk melalui jalur tersebut. Kunci ganda segala akses masuk, dan tambah pengamanan ganda seperti CCTV jika diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu rumah digasak pencuri.

Dengan mengunci rapat semua akses masuk rumah dan menambah pengamanan lebih, diharapkan bisa mengantisipasi agar maling tidak mudah masuk saat sedang bepergian mudik.

5. Beri tahu tetangga bahwa kamu akan bepergian mudik.

Sebelum mudik sebaiknya beri tahu tetangga yang tidak mudik ke kampung halaman. Dengan memberi tahu tetangga yang mudik, kita bisa memantau rumah dari jauh melalui tetangga.

Selain itu dengan memberi tahu tetangga yang tidak mudik, mereka akan tahu bagaimana kondisi rumah kita saat kita pergi mudik.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red