×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tempat wisata tersembunyi di Jogja, suguhkan keindahan yang menawan

0

Jalan-Jalan

5 Tempat wisata tersembunyi di Jogja, suguhkan keindahan yang menawan

Yogya memiliki segudang pesona, mulai dari pantai hingga pegunungannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bella Annida

07 / 09 / 2020 10:50

 

Kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi terbaik untuk menikmati keindahan panorama alam di tanah Jawa. Di balik kekentalan adat dan tradisi, kawasan ini punya segudang pesona, mulai dari pantai hingga pegunungannya. Maka tak heran, Yogyakarta disebut-sebut sebagai surga wisata Indonesia.

Buat kamu yang suka berpetualang, yuk kunjungi lima tempat wisata di Jogja ini.

1. Air Terjun Sidoharjo.

5 Tempat wisata tersembunyi di Jogja, suguhkan keindahan yang menawan

Loading...

Foto: eksotisjogja.com

Tinggi, deras, dan jernih, itulah kiranya gambaran air terjun Sidoharjo yang terletak di Desa Sidoharjo, Kulon Progo, Yogyakarta. Ketinggian curug ini kurang lebih 75 meter dari puncak tebing vertikal. Debit grojogan tersebut jatuh ke sebuah sungai berbentuk kolam. Konon warnanya berubah hijau tosca saat kemarau.

Akses jalan menuju lokasi air terjun cukup menantang. Hutan, tebing, serta curug kecil harus dilewati pengunjung sepanjang perjalanan. Soal fasilitas di tempat wisata, warga sekitar sudah menyediakannya. Dari mulai warung makanan, area salat, toilet umum, hingga jembatan untuk menyeberang ke air terjun Sidoharjo.

2. Air Terjun di Pantai Jogan.

5 Tempat wisata tersembunyi di Jogja, suguhkan keindahan yang menawan

Foto: explorewisata.com

Kamu ingin melihat McWay Beach Waterfall? Tak perlu jauh-jauh ke California, di Jogja juga ada air terjun yang jatuh dari bibir laut. Terletak di balik perbukitan karst, curug tersebut diapit tebing-tebing kapur nan elok.

Rute perjalanan ke Pantai Jogan cukup nyaman, sebagian jalan sudah dilapisi aspal. Namun, lokasinya benar-benar tersembunyi. Pasalnya, kamu membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai tempat itu dengan melintasi jalan berkelok yang membelah bukit kapur. Tertarik?

3. Pantai Ngrumput.

5 Tempat wisata tersembunyi di Jogja, suguhkan keindahan yang menawan

Foto: yogyes.com

Pantai Ngrumput memang tidak populer seperti Indrayanti atau Baron, tetapi tempat ini menyuguhkan panorama yang tidak kalah memesona. Pasirnya cokelat muda menjadi garis batas dengan lautan nan biru. Sesekali terlihat debur ombak kecil menggulung ke tepi pantai.

Suasana Pantai Ngrumput begitu tenang, hanya kicau burung yang terdengar di sekitarnya. Untuk mencapai lokasi pantai ini, kamu harus melewati jalan setapak berlapis tanah dan batu. Di sisi kanan kiri terdapat pepohonan rindang nan hijau, pengobat lelah selama perjalanan.

4. Dolan Desa Boro.

5 Tempat wisata tersembunyi di Jogja, suguhkan keindahan yang menawan

Foto: explorewisata.com

Dolan Desa Boro merupakan desa wisata yang memiliki misi pelestarian lingkungan berbasis kearifan lokal dan budaya. Dengan mengunjungi Dolan Desa Boro, wisatawan diajak untuk menyaksikan harmonisasi alam semesta, lingkungan, dan makhluk hidup.

Lokasi desa wisata ini berada di Kulon Progo yang diselimuti pemandangan alam nan hijau dan asri. Di sepanjang jalan menuju Dolan Desa Boro sampai ke tempat rekreasi dikelilingi persawahan, sungai, serta perbukitan. Di kawasan tersebut, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, antara lain arung jeram, tubing river, dan village cycling.

5. Gunung Ireng Patuk.

5 Tempat wisata tersembunyi di Jogja, suguhkan keindahan yang menawan

Foto: nyero.id

Pernah meletus dahsyat ratusan tahun silam, kini Gunung Ireng Patuk menjadi salah satu spot wisata paling memukau di Yogyakarta. Serpihan batuan vulkaniknya membentuk puncak yang menyuguhkan panorama negeri di atas awan.

Bisa dikatakan, Gunung Ireng Patuk adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise.
Namun, untuk mencapai lokasinya, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak berupa tanah dan kerikil.

Di samping kanan dan kirinya penuh rerumputan dan pepohonan nan hijau. Sesekali angin berembus disertai udara yang sejuk mengiringi langkah menuju puncak Gunung Ireng Patuk.

Itulah beberapa tempat wisata tersembunyi di Jogja yang memiliki suasana tenang dan panorama indah.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red