Yogyakartamemang memiliki bentang alam yang begitu beragam. Hampir semua keindahan alam dimiliki oleh kota yang juga disebut dengan Kota Gudeg ini. Maka tidak heran bila Yogyakarta disebut sebagai pusat pariwisata nasional dan internasional.

Nah, mana saja tempat wisata di Yogyakarta yang paling banyak dan sering dikunjungi oleh wisatawan?

1. Malioboro.

5 Tempat wisata di Yogyakarta ini paling ramai dikunjungi wisatawan

Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang memiliki kerajinan khas Jogja dan warungwarung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja. Tak hanya itu, Malioboro juga terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, dan lainlain di sepanjang jalan.

2. Prambanan.

5 Tempat wisata di Yogyakarta ini paling ramai dikunjungi wisatawan

Candi ini termasuk warisan dunia UNESCO sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candicandi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, Candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

3. Kebun Buah Mangunan.

5 Tempat wisata di Yogyakarta ini paling ramai dikunjungi wisatawan

Kebun Buah Mangunan terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Wisata kebun ini terletak di daerah perbukitan yang diisi oleh tanaman buah-buahan yang jelas memberi kesan dingin. Bahkan di beberapa spot yang ada, kabut tebal akan sering berkunjung. Di sinilah nama Negeri di Atas Awan didapatkan dari wisata kebun yang tertutup sebagian oleh kabut.

4. Alun-alun kidul.

5 Tempat wisata di Yogyakarta ini paling ramai dikunjungi wisatawan

Aktivitas yang dapat dilakukan di Alunalun Kidul Yogyakarta sangat beragam, akan tetapi aktivitas yang paling populer adalah Laku Masangin. Menurut mitos yang dipercaya turun temurun, bagi siapa yang berhasil melakukan Masangin maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonannya akan terkabul. Walaupun sudah banyak orang yang tidak percaya namun tetap saja siapapun akan penasaran untuk mencobanya sebagai obat penasaran.

5. Taman Sari.

5 Tempat wisata di Yogyakarta ini paling ramai dikunjungi wisatawan

Taman Sari adalah bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HBI) pada tahun 17581765. Awalnya, taman yang mendapat sebutan The Fragrant Garden ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.