Sepatu gunung terbaik bisa kita lihat dari sejumlah aspek. Misalnya dari segi bobot. Sepatu yang berbobot berat tentu lebih cepat memberi rasa lelah pada kaki. Selain itu, sepatu gunung idealnya juga mesti tahan air. Siapa tahu di tengah jalan tiba-tiba turun hujan? Atau, tahu-tahu kita mesti lewat medan basah seperti sungai demi memotong jalur.

Lagian, kamu pasti akan lebih percaya diri ketika melangkah bila sepatu gunungmu memiliki fitur-fitur terbaik. Nah, berikut saya rangkumkan referensi lima sepatu gunung terbaik yang akan menambah kebahagiaanhiking-mu. Sebab, sepatu-sepatu ini sangat ringan dan tahan air.

1. Merrell Moab 2 Waterproof

5 Sepatu gunung murah tapi nggak murahan, ringan plus tahan air

Area jari pada sepatu ini sangat lega, tidak akan membuat kakimu terasa seperti dibalut kencang. Area bagian tumitnya juga cukup empuk. Cukup menyenangkan untuk berjalan di medan keras selama berjam-jam. Terlebih, beratnya hanya 900-an gram. Sepatu ini kalau di pasaran dibanderol harga Rp 1,7 jutaan.

Kelebihan:Desain sepatu sangat mendukung struktur kaki sehingga memberikan kenyamanan yang maksimal.
Kelemahan:Cengkraman tapak sepatu ini kurang bersahabat pada permukaan berlumut.

2. Adidas Outdoor Terrex Fast R GTX

5 Sepatu gunung murah tapi nggak murahan, ringan plus tahan air

Jika kamu menyenangi olahraga tipetrail, maka Adidas Outdoor Terrex Fast R GTX adalah pilihan yang tepat. Sebab, sepatu ini tak hanya nyaman untukhiking, tapi juga enak dipakai berlari. Sepatu ini dibanderol harga Rp 1,7jutaan.

Kelebihan:Material bodi yang sangat kuat dan fleksibel. Anti selip di permukaan licin.
Kelemahan:Kurang mampu bertahan dari hujan berdurasi panjang.

3. The North Face Hedgehog Fastpack GTX

5 Sepatu gunung murah tapi nggak murahan, ringan plus tahan air

The North Face memang salah satu brandolahraga outdooryang paling kece di dunia, salah satunya dalam sepatuhiking. Dilansir dari iPrice Trend, sepatu ini tak hanya anti air dan ringan, tapi juga berdurabilitas tinggi. Karenanya, kamu bisa menjadikannya sebagai sepatu investasi untuk beberapa tahun ke depan. Memang harganya lumayan lebih mahal, sekitar Rp 2,3 jutaan.

Kelebihan:Mampu meningkatkan ketangkasan melangkah berkat teknologi sol Vibram yang lengket dengan permukaan medan apapun.
Kelemahan:Lekukan sepatunya cenderung lurus sehingga kurang bisa mengakomodir semua tipe kaki.

4. Merrell Moab FST WP

5 Sepatu gunung murah tapi nggak murahan, ringan plus tahan air

Jika kamu adalah tipe orang yang sering membawa beban sangat berat ketikahiking, maka sepatu ini adalah jawabannya. Permukaan dalam sepatu Merrell Moab FST WP sangat empuk, mampu menahan beban berat ketika berjalan tanpa membuat kaki cepat pegal. Kamu bisa mendapatkan sepatu ini dengan harga Rp 1,8 jutaan.

Kelebihan:Traksi yang lebih baik dibandingkan seri Merrel Moab 2
Kelemahan:Lekukan sepatu cenderung lurus sehingga tidak mengakomodir semua jenis kaki dengan maksimal.

5. Salomon X Ultra 2 GTX Hiking Shoe

5 Sepatu gunung murah tapi nggak murahan, ringan plus tahan air

Sol adalah bagian yang paling unggul dari sepatu ini. Karena itu saya tidak ragu ini memasukkannya ke dalam sepatu gunung terbaik di daftar ini. Sol sepatu ini dapat mencengkram medan apapun dengan maksimal berkat teknologi Contragrip yang dikembangkan sendiri oleh Salomon. Sepatu ini bisa dibanderol dengan harga Rp 1,8 jutaan.

Kelebihan:Bobotnya hanya 600-an gram, paling ringan di antara sepatu gunung terbaik lainnya dalam daftar ini.
Kelemahan:Sayangnya lekukan dan ruang dalam sepatu kurang luas sehingga akan mengurangi kenyamanan orang yang berkaki lebar.