×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Rekomendasi pendidikan non formal yang berkualitas & bervariasi

0

N/A

5 Rekomendasi pendidikan non formal yang berkualitas & bervariasi

Jika ditelusuri lebih dalam, pendidikan di Indonesia tidak melulu tentang pendidikan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ilmiyatin Nurmalichatin

21 / 05 / 2019 14:20

Sudah menjadi rahasia umum bahwa satu–satunya tempat untuk mendapatkan ilmu tak hanya pendidikan di sekolah formal. Namun pendidikan non formal atau luar sekolah juga sangat dibutuhkan. Alasannya pun beragam, tak hanya untuk menunjang nilai akademis di sekolah tapi juga menunjang hobi serta talenta yang dimiliki tiap individu.

Pendidikan non formal sendiri merupkan salah satu layanan pendidikan yang sifatnya sebagai pengganti, penambah maupun pelengkap pendidikan formal. Visinya pun sama dengan pendidikan formal, yaitu sebagai medium pembelajaran atau pendidikan sepanjang hayat. Hal ini merujuk pada Undang–Undang Nomor 20 tahun 2003 bahwa “Jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling memperkaya dan melengkapi”. Dengan berpedoman pada standar nasional pendidikan yang ada maka hasil yang didapat dari pendidikan non formal ini juga dapat disetarakan fungsinya dengan pendidikan formal.

Sebelum kamu memilih pendidikan non formal di luar jam sekolahmu, berikut 5 rekomendasi pendidikan non formal berkualitas yang variatif.

1. Les bimbel private.

Meski masih sama–sama memberikan pelatihan yang tak jauh beda dari sekolah, les bimbel private adalah salah satu media yang berguna untuk mendukung pemahaman materi sekolah. Selain itu, mengikuti les seperti ini dapat membantu peserta didik untuk lebih tenang dan menikmati belajarnya. Karena mereka belajar di rumah sendiri dan ditemani oleh pengajar professional yang siap membantu.

Salah satu contoh les bimbel private yang paling recommended adalah bimbel Insan Cerdas. Lembaga pendidikan non formal yang digagas sejak 2008 ini tak perlu dipertanyakan legalitasnya karena sudah tercatat secara resmi sebagai lembaga pendidikan legal dengan nama CV Insan Group dan telah memiliki kurang lebih 500 tutor berkualitas yang telah di seleksi dengan ketat.

Loading...

2. Lembaga kursus keterampilan dan pelatihan.

Lembaga kursus keterampilan serta pelatihan juga termasuk pendidikan non formal yang sangat berguna untuk keterampilan dan kemampuan tambahan. Lembaga seperti ini umumnya dibuat oleh pemilik yayasan atau lembaga yang membagikan pengetahuan tambahan, keterampilan, serta mengajarkan sikap serta mental tertentu untuk ditanamkan kepada peserta didiknya.

Beberapa contoh lembaga kursus keterampilan dan pelatihan di Indonesia adalah lembaga kursus komputer, bahasa asing, kerajinan tangan, musik dan sebagainya. Yamaha Music School adalah salah satu lembaga pendidikan yang bergerak menyediakan keterampilan dan pelatihan dalam bermusik.

3. Satuan pendidikan sejenis.

Satuan pendidikan sejenis merupakan lembaga pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh masyarakat atau komunitas dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap serta keterampilan. Biasanya lembaga seperti ini akan membutuhkan landasan hukum ketika cakupannya dalam menjangkau pasar semakin luas. Salah satu contoh pendidikan sejenis adalah pendidikan pra sekolah termasuk sanggar bermain serta tempat penitipan anak, kegiatan kepramukaan, sanggar kesenian termasuk sanggar tari dan memainkan alat music tradisional, padepokan pencak silat dan sebagainya.

4. Kelompok belajar masyarakat.

Kelompok belajar masyarakat merupakan lembaga pendidikan non formal yang dibangun sebagai tempat untuk belajar bersama dari, oleh dan untuk masyarakat setempat. Dengan adanya kelompok belajar masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap hingga pertumbuhan bakat masyarakat sehingga dapat membawa manfaat untuk lingkungannya. Salah satu contoh pendidikan belajar masyarakat adalah kelompok Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Belajar Usaha (KBU).

5. Majlis belajar agama.

Sesuai namanya, majlis belajar agama merupakan lembaga non formal yang dibuat oleh, dari, dan untuk masyarakat sendiri. Lembaga ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang berhubungan dengan agama.

Masing–masing agama umumnya akan memiliki kelompok belajar seperti ini. Untuk agam islam sendiri, beberapa contohnya adalah kelompok Yasinan, Pengajian kitab kuning dan sebagainya. Untuk agama lain juga akan disediakan oleh kelompok agama masing–masing, misalnya pendidikan Kristen di gereja–gereja, dan masih banyak banyak lagi.

Itulah beberapa contoh dari pendidikan non formal yang mampu menambah kemampuan, pengalaman, serta ilmu selain yang didapat di sekolah.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red