×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Pola makan sehat yang disarankan agar tubuh lebih kuat saat pandemi

0

Kesehatan

5 Pola makan sehat yang disarankan agar tubuh lebih kuat saat pandemi

Pandemi membuat masyarakat sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Orang-orang yang sebelumnya jauh dari pola hidup sehat mulai berkomitmen.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mahatir Malik Ahmad

29 / 01 / 2021 15:10

Hingga kini, pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Bahkan, kasus positif virus Corona terus mengalami peningkatan setiap harinya. Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia harus ditekan semaksimal mungkin. Salah satu cara utamanya adalah dengan menerapkan perilaku hidup disiplin dan memulai hidup sehat.

Membiasakan dan mewajibkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan salah satu kunci agar pandemi Covid-19 dapat ditekan penyebarannya. Namun, dibutuhkan perilaku disiplin dari diri sendiri dan juga sangat perlu untuk dilakukan secara kolektif dengan penuh kesadaran.

Memperingati Hari Gizi Nasional 2021, Center for Indonesian Medical Students Activities (CIMSA) mengadakan kegiatan sharing dan tanya jawab melalui media Live Instagram dengan judul Immune Boosting Nutrients During Pandemic (25/1). Kegiatan ini dilakukan melalui streaming live akun Instagram @cimsaunja dan @ajisabta. Narasumber pada sesi sharing kali ini adalah Dr. Arif Sabta Aji selaku Kepala Bidang Kepemimpinan Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), dan dimoderatori oleh Siti Sarah Elvia, S.Ked.

Pada masa pandemi ini masyarakat sudah harus memulai untuk beradaptasi dengan keadaan, yaitu mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan oleh WHO dan pemerintah Indonesia. Namun dari sisi lain muncul rasa tidak sadar tentang menjaga kebugaran dan pola makan. Sebenarnya dengan menjaga pola makan dapat membuat tubuh menjadi fit dan bugar. Pemaparan terkait pola makan perlu dikampanyekan dan diedukasi secara meluas di seluruh golongan masyarakat dengan edukasi ringan, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memahami, mengenal, dan menentukan zat gizi apa saja yang perlu dikonsumsi dan memulai gaya hidup baru di saat pandemi.

Agar kesehatan mental tetap terjaga selama masa pandemi virus Corona, berikut ini pola makan sehat yang disarankan oleh Dr. Arif Sabta Aji:

Loading...

1. Konsumsi berbagai makanan untuk melengkapi zat gizi karena satu jenis makanan yang kita konsumsi belum tentu mencukupi gizi yang kita butuhkan.

2. Hygiene dan sanitasi sangat diperlukan sebelum mengonsumsi makanan. Kerap kondisi perut yang kosong dengan hidangan yang melezatkan membiarkan kita lupa pentingnya mencuci tangan dengan air dan sabun untuk membunuh kuman dan sisa kotoran yang menempel pada tangan kita.

3. Makanan siap saji dan makanan instan memang menggoda. Namun, di waktu seperti ini ada baiknya jika kalian perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dengan sayur dan buah-buahan. Hal ini penting, sebab nutrisi seperti vitamin yang terkandung di dalam sayur dan buah dapat membuat tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Bagi yang tidak suka makan sayur atau buah, kalian bisa mencukupi kebutuhan gizi harian dengan mengonsumsi suplemen vitamin. Agar manfaatnya benar-benar optimal, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin tertentu. Ini juga bertujuan agar kalian bisa mengetahui dosis suplemen yang tepat, sehingga tidak malah menyebabkan efek samping yang merugikan.

5. Pastinya kita juga harus bisa meminimalisir stress kita karena stress juga mempengaruhi berkurangnya imun tubuh. Pada intinya menjaga gizi yang cukup agar imun tubuh tetap kuat adalah kunci dari kesehatan kita. Dengan memproduksi hormon endorfin dari dalam tubuh tentunya akan meningkatkan mood serta kesenangan pada diri dan kita pun akan terhindari dari stress yang akan berakibat buruk pada tubuh kita nantinya. Di samping itu, usahakan untuk makan secara teratur dan tidak melewatkan jam makan, apalagi sarapan.

Jangan lupa kombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat, olahraga di rumah secara teratur, dan istirahat cukup, agar manfaatnya benar-benar optimal. Jika kalian masih punya pertanyaan mengenai makanan sehat atau mengenai informasi kesehatan dimasa pandemi, kalian dapat mengunjungi profile instagram @webinar_kesehatan untuk beragam pilihan online webinar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red