×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Peristiwa meteor jatuh ini sempat terekam kamera, ada dari Indonesia

0

Wow

5 Peristiwa meteor jatuh ini sempat terekam kamera, ada dari Indonesia

Peristiwa terbaru yang terekam kamera terjadi bulan Februari lalu di Kroasia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dian Nita Pangesty

14 / 08 / 2020 14:50

Miliaran benda-benda di langit, tidak heran jika salah satunya masuk ke dalam orbit Bumi. Benda-benda luar angkasa yang berada di dekat Bumi tersebut mau tidak mau tersedot oleh kuatnya gravitasi sehingga jatuh ke Bumi. Beberapa peristiwanya bahkan terekam kamera CCTV sehingga kita bisa melihat ulang kejadian tersebut, lho. Seperti kejadian belum lama ini, di langit Zagreb, Kroasia terlihat kilatan-kilatan hingga terdengar ledakan. Penasaran? Ini dia delapan kejadian meteor jatuh yang terekam kamera.

1. Meteor jatuh di Zagreb, Kroasia pada 28 Februari 2020.

meteor https://twitter.com/semestasains/status/1233933007796391936

Foto: https://twitter.com/semestasains/status/1233933007796391936

Warga Zagreb tidak akan menyangka kalau siang itu mereka akan disapa dengan meteor jatuh. Kejadian tersebut terekam dalam dashboard kamera salah satu mobil yang melaju di jalanan Zagreb. Cahaya tampak datang bersamaan dengan gemuruh sebelum bintang jatuh itu menghilang. Warga lain juga mengatakan bahwa mereka seperti mendengar suara gemuruh dan merasakan gempa. Kamu dapat menyaksikan videonya di sini.

Loading...

2. Meteor jatuh di langit Australia Utara.

isitdown

Video amatir ini terekam pada tanggal 21 Mei 2019 malam. Kilatan cahaya tersebut membelah malam menampakkan eksistensinya sebelum meledak dan menghilang. Astronom telah mengonfirmasi bahwa kilatan cahaya yang sempat menggegerkan warga tersebut merupakan kepingan meteor sebesar kelereng.

3. Fenomena meteor jatuh di langit Kalimantan, Indonesia.

isitdown

Meteor jatuh ternyata juga sempat terekam di langit Kalimantan, lho. Tepatnya pada tanggal 7 Mei 2019, seorang pengguna Facebook bernama Wira Kalteng mengunggah video yang memperlihatkan cahaya mirip meteor. BMKG Pangkalan Bun pun mengonfirmasi bahwa pada tanggal tersebut memang terdapat fenomena hujan meteor Eta Akuarid.

4. Meteor bewarna biru jatuh di Florida, Georgia.

isitdown

Sebuah cahaya hijau kebiruan terlihat membelah malam pada rekaman amatir dari kamera dashboard sebuah mobil. Cahaya tersebut menghilang bersamaan dengan suara ledakan yang berasal dari gesekan atmosfer dengan meteor. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 31 Maret 2019 pada jam 03:00 pagi waktu setempat. Layanan Cuaca Nasional di Amerika Serikat kemudian membenarkan bahwa yang dilihat warga Florida tersebut adalah meteor.

5. Batu meteor membelah langit Rusia.

Pada 6 April 2019, pukul 19.00 waktu setempat, masyarakat Rusia dikejutkan dengan fenomena meteor jatuh. Fenomena tersebut berhasil diabadikan oleh kamera dashboard mobil salah seorang warga. Menurut kesaksian, bola api tersebut terbang di atas kota industri Krasnoyarsk kemudian meledak langit wilayah Irkutsk. Meteor yang dinamakan New Tunguska ini, menurut pakar meteorit berdiameter sekitar 1 meter.

Wah, menakjubkan sekali mengingat fenomena ini jarang sekali terjadi. Hampir semua meteor jatuh di atas tidak menyebabkan korban jiwa karena belum sempat menyentuh tanah. Biasanya meteor ini meledak di langit karena gesekan dengan atmosfer Bumi. Apakah kamu memiliki pengalaman melihat meteor jatuh?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red