×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Penyebab bulu kucing rontok yang harus kamu ketahui

0

Binatang

5 Penyebab bulu kucing rontok yang harus kamu ketahui

Foto: Buenosia Carol from Pexels

Jangan sampai kucingmu mengalami kerontokan bulu, ya!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Keza Felice

07 / 10 / 2020 10:16

Alopecia atau kerontokan pada bulu kucing dapat disebabkan oleh adanya berbagai macam faktor. Tentu hal tersebut membuatmu merasa khawatir terhadap kesehatan hewan kesayanganmu itu, kan? Kucing yang terus menerus mengalami kerontokan bulu akan menyebabkannya mengalami gangguan kesehatan dan juga kebotakan.

Gak hanya itu, bulu kucing yang rontok juga dapat mengganggu sistem pernapasan pada manusia lho! Untuk itu kamu harus tahu beberapa penyebabnya.

1.  Alergi makanan.

5 Penyebab bulu kucing rontok yang harus kamu ketahui

Foto: Freepic/@Marinka_boo 

Loading...

Makanan yang tidak cocok bisa membuat kucingmu mengalami alergi. Karena tidak semua makanan manusia boleh dikonsumsi oleh hewan. Beberapa jenis makanan malah bisa mengakibatkan kerontokan pada bulunya, seperti: makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, salah pemberian vitamin, atau juga makanan yang banyak mengandung garam.

2. Stres.

5 Penyebab bulu kucing rontok yang harus kamu ketahui

Foto: Freepic/@Wirestock 

Kucing yang mengalami stres bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya adalah lingkungan yang tidak nyaman, kurang dekat dengan pemilik, atau merasa ketakutan.

Pada saat stres, pembuluh darah yang mengirimkan nutrisi ke seluruh tubuh akan terhambat. Kucing juga akan menjilati bulunya secara berlebih untuk menetralisir tekanan yang dirasakannya. Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan kerontokan yang berlebihan pada bulunya.

3.  Infeksi jamur.

5 Penyebab bulu kucing rontok yang harus kamu ketahui

Foto: Kucingpedia.com 

Jamur sering kali tumbuh di tempat yang lembap, salah satunya adalah pada kucing yang memiliki bulu lebat. Namun, jamur pada kucing biasanya jarang terlihat hingga lambat laun akan membentuk bercak bulat pada kulit. Dengan begitu bulu-bulu di sekitar bercak tersebut akhirnya akan menjadi rontok. Dan jika tidak segera ditangani, maka jamur itu akan semakin bertambah banyak yang pada akhirnya akan membuat kucing kesayanganmu kehilangan banyak bulunya.

4. Sudah waktunya rontok.

5 Penyebab bulu kucing rontok yang harus kamu ketahui

Foto: Freepic

Bulu kucing memang akan mengalami kerontokan dalam jangka waktu setahun sekali. Bulu-bulu yang rontok itu akan berganti dengan bulu baru yang lebih halus dan lembut. Pada kasus ini kamu tidak perlu khawatir jika kucingmu mengalami kerontokan bulu. Pada masa seperti ini kamu hanya perlu merawat dan memastikan kebersihan kucingmu agar mereka tidak terserang penyakit.

5. Tidak cocok dengan sampo.

5 Penyebab bulu kucing rontok yang harus kamu ketahui

Foto: Catster.com

Meskipun kucing juga membutuhkan sampo untuk merawat bulunya, kamu tidak bisa menggunakan sampo yang diperuntukkan bagi manusia kepada mereka. Hal tersebut dikarenakan kadar ketahanan kulit hewan dan manusia jauh berbeda. Hewan akan mengalami iritasi jika tidak cocok dengan sampo yang dipakainya. Untuk itulah gunakan sampo khusus yang telah direkomendasikan bagi kucing agar mereka tidak mengalami kerontokan bulu.

Sekarang sudah tahu, kan, beberapa hal yang menyebabkan bulu kucing kesayanganmu rontok? Mulai sekarang lebih perhatikan lagi kucingmu, ya! Jangan sampai salah dalam memberikan perawatan kepada mereka.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red