×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Dampak psikologis para fans fanatik yang perlu kamu tahu

0

Kepribadian

5 Dampak psikologis para fans fanatik yang perlu kamu tahu

Kalau ngefans idolamu yang sewajarnya aja ya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

asrizal

05 / 05 / 2018 16:09

Artis merupakan sosok yang populer dan banyak di kenal orang. Biasanya sang artis dikenal kerena telenta, ketampanan, atau bahkan karena sensasi kehidupan pribadinya. Mungkin kamu mengenal artis - artis seperti boy william, hamish daud, sule, justin bieber, leonardo decaprio, dan lain - lain. Karena ketenarannya banyak orang yang menggemari mereka hingga terbentuklah fanbase para idola tersebut.tapi tahukah kamu jika ada berberapa dampak psikologis jika kamu terlalu fanatik dengan sang idola?. 

Berikut 5 dampak psikologis fans yang terlalu fanatik Yang dilansir dari berbagai sumber ini

1.Celebrity worship syndrome

Ilustrasi celebrity worship syndrome

 Celebrity worship syndrome adalah suatu kondisi dimana individu menjadi terobsesi kepada seseorang atau beberapa selebriti serta menjadi tertarik dengan kehidupan pribadi sang selebriti.
Dikutip dari jurnal penelitian universitas islam negeri syarif hidayatullah tingkatan yang paling parah sindrom ini ialah menganggap sang idola akan membantunya, menolongnya dari kesusahan, dan bahkan menganggap sang idola akan senang jika mereka masuk menjadi bagian dari keluarga atau mantan pacarnya. 

Loading...

Contohnya saja kasus yang pernah dialami oleh penyanyi Justin Timberlake, dimana seorang penggemarnya berusaha masuk ke dalam rumahnya hingga tiga kali, dengan mengaku sebagai salah satu temannya.

Penderita sindrom ini tidak akan rela jika idolanya di hina atau di kata - katain oleh orang.

2.Pembelian kompulsif

Ilustrasi pembelian compulsive

 Mungkin membeli album,aksesoris dan lain - lain yang berhubungan dengan sang idola merupakan hal yang sudah biasa . Tetapi lain cerita dengan penderita kecendrungan pembelian kompulsif,
 Biasanya fans yang begini membeli barang dengan jumlah banyak secara terus-menerus tanpa memikirkan resiko keuangan dan prilaku kompulsif ini tidak bisa dikontrol. Contohnya membeli album, marchendise, aksesosris - aksesoris, dan lain - lain tanpa memikirkan uang sakumu atau gajimu habis untuk membeli barang barang yang mungkin belum kamu butuhkan.

 

3.Delusi erotomania

Ilustrasi Delusi erotomania

 Mungkin kita menyukai sang artis karena memang ia memiliki bakat, ketampanan dan lain - lain . Tetapi pernah tidak kamu berpikir bahwa sang idola menyukai kamu??
 Delusi Erotomania merupakan delusi atau keyakinan yang menganggap sang artis menyukai dirinya. Dilansir dari hallosehat.compenderita memiliki ciri kurang menarik, menarik diri dari lingkungan dan penyendiri, serta jarang mengalami kontak seksual. Mungkin terdengar tidak masuk akal ya. 

Seperti yang dilansir tirto.id Pada 1921, Gaëtan Gatian de Clérambault berargumen bahwa perempuan lebih sering mengalaminya. Martin Brune dari Ruhr University, Jerman, mengafirmasi argumen Clérambault setelah menganalisis 246 kasus erotomania pada 2007 dan menemukan sebanyak 69,1% pengidapnya adalah kaum hawa.

 Bahkan para fans penderita erotomania akan melakukan tindakan kekerasan kepada sang idola dengan tujuan agar sang idola mengingat dirinya atau bukti cintanya. Serem banget..

Kasus pengintaian penyanyi Madonna oleh Robert Hoskins pada 1995 adalah salah satu contoh ekstrem dari erotomania. ia adalah tunawisma yang berdelusi bahwa Madonna telah ditakdirkan menjadi istrinya. Beberapa kali ia coba menyusup masuk kediaman sang artis , tetapi upayanya berhasil digagalkan, pertama kali oleh penjaga Madonna, dan kali kedua ia langsung ditembak dan dibekuk polisi. Lebih parahnya, di dalam penjara pun ia tak henti berobsesi terhadap Madonna.

4.Halusinasi

Ilustrasi halusinasi

 Hampir sama dengan Delusi tetapi halusinasi lebih kepada panca indra akibat pengaruh otak.
 Fans yang begini biasanya meyakini bahwa ia merasakan bahwa melihat sang idola atau mendengar suara sang idol atau mungkin ia bisa meraba sang idolanya yang pasti itu tidak nyata alias khayalannya aja. Terdengar aneh ya.
 Jika kamu merasa mengalami halusinasi atau delusi cepat - cepatlah ke psikatri atau ke psikolog agar tidak semakin parah.

5. Werther effect

Ilustrasi werther effect

 Masih ingat kasus bunuh diri salah satu personel boyband SHINee yang diikuti oleh fans dari indonesia?. Fenomena ini disebut sebagai werther effect atau copycat suidical. Werther effect merupakan fenomena peniruan tindakan bunuh diri sesorang yang dianggap sebagai panutan, orang terdekat dan lain - lain. Karena para "fans" tersebut merasa depresi ditinggal oleh idolanya atau merasa memahami penderitaan sang idola dan ingin menunjukkan kesetiaannya pada sang idol. Biasanya para peniru ini melakukan aksi bunuh dirinya dengan cara yang sama dengan sang idola misalnya dilansir dariword.kbs.co.kr artis Choi jin-sil meninggal karena bunuh diri dengan menggantungkan leher dengan kain pembalut elastis di kamar mandi. Serta aktor Ahn jae-hwan yang bunuh diri dengan menghirup gas briket dan dikuti oleh "fans" dengan cara yang sama. 

Sebenarnya sah - sah saja jika kamu mwngidolakan seseorang tetapi jangan sampai kamu terlalu terobsesi kepada sang idola sehingga merugikan kamu juga orang - orang disekitarmu. Jika kamu merasa dari 5 penyakit ini ada didalam diri kamu segera konsultasikan ke psikiater atau ke psikolog

 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red