×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Pandemi global paling mengerikan sepanjang sejarah

0

Duh

5 Pandemi global paling mengerikan sepanjang sejarah

WHO telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi global. Tahukah kamu bahwa selain COVID-19 ternyata ada beberapa pandemi global lain?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aprilia Rakhmawati

18 / 03 / 2020 11:30

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi global. Pandemi global adalah penyakit menular yang menyebar dari satu orang ke orang lain pada waktu yang bersamaan di banyak negara. Hingga saat ini kasus COVID-19 mencapai 169 ribu di seluruh dunia.

Selain COVID-19, ternyata ada beberapa pandemi global lain yang pernah terjadi di dunia dengan angka kematian fantastis. Ini dia 7 pandemi global paling mengerikan sepanjang sejarah yang dilansir oleh MPH Online.

1. Wabah Justinian (541-542).

Wabah Justinian diperkirakan telah membunuh setengah populasi Eropa. Wabah ini merupakan wabah penyakit pes yang menimpa Kekaisaran Bizantium dan kota-kota di pelabuhan Mediterania.

Wabah ini disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini sangat ringan. Seseorang hanya akan mengalami demam selama beberapa hari, setelah demam reda kemudian muncul semacam lepuhan besar yang berisi nanah di sekujur tubuh. Saat tubuh mulai dipenuhi lepuhan nanah, kondisi tubuh makin lemah dan dalam beberapa hari dapat menimbulkan kematian. Wabah ini telah menewaskan hingga 25 juta jiwa.

Loading...

2. The Black Death (1346-1353).

Pada tahun 1346-1353 wabah ini menyebar di Eropa, Afrika, dan Asia. Jumlah korban diperkirakan mencapai 75–200 juta jiwa.

Wabah ini juga disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis yang diduga disebarkan oleh tikus-tikus rumah. Hewan yang terinfeksi seperti anjing dan kucing juga dapat menularkan penyakit ini ke pemiliknya. Belum ada vaksin yang dapat mengatasi wabah ini, tetapi antibiotik modern dapat mencegah komplikasi dan kematian.

3. Kolera (1852-1860).

Wabah kolera terbesar terjadi pada abad ke-19 yang berlangsung dari 1852-1860. Wabah yang berasal dari India ini menyebar dari Sungai Gangga hingga ke Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara. Diperkirakan ada lebih dari 1 juta jiwa menjadi korban wabah ini.

Seorang dokter dari Inggris yaitu John Snow, berhasil mengidentifikasi air yang terkontaminasi sebagai sarana penularan penyakit ini. Sebanyak 23 ribu orang di Inggris meninggal dunia akibat wabah ini.

4. Wabah Flu (1918).

Antara tahun 1918 dan 1920, wabah influenza yang mematikan merebak di seluruh dunia. Lebih dari sepertiga populasi dunia terinfeksi dan telah menewaskan sekitar 20-50 juta jiwa.

Pandemi yang terjadi pada tahun 1918 ini menginfeksi sekitar 500 juta orang dengan angka kematian 10%-20% yang berarti ada 25 juta kematian dalam 25 minggu saja. Yang membedakan pandemi flu ini dengan yang lainnya adalah karena usia yang diserang adalah usia produktif.

5. HIV/AIDS.

HIV /AIDS telah menewaskan lebih dari 36 juta jiwa sejak tahun 1981. Penyakit ini pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1976. Hingga saat ini ada 31-35 juta orang mengidap HIV, sebagian besar berada di Afrika. Antara tahun 2005 dan 2012, angka kematian global tahunan akibat HIV/AIDS menurun dari 2,2 juta menjadi 1,6 juta jiwa. Meskipun belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, tetapi angka kematiannya dapat dikendalikan.

Itu dia lima pandemi paling mengerikan sepanjang sejarah. Mari kita bersama-sama cegah penyebaran virus Corona. Jaga kesehatan diri, terapkan pola hidup bersih dan sehat serta jangan lupa mencuci tangan dengan sabun.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red