×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Musisi pria kulit hitam yang paling bersejarah di dunia

0

Musik

5 Musisi pria kulit hitam yang paling bersejarah di dunia

Musisi kulit hitam ini menjadi pioneer di industri musik dunia dan mengubah sejarah musik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Andanu Lazuarki

11 / 06 / 2020 11:04

 

Musik adalah salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan seseorang. Banyak orang mendengarkan musik untuk relaksasi dan juga menjadi sarana hiburan di tengah kesibukan atau bahkan untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari doktersehat.com, penelitian yang dilakukan di McGill University Montreal menunjukkan bahwa manfaat mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin yang dapat menjaga mood, meningkatkan proses berpikir, meningkatkan detak jantung, dan unsur lainnya. Oleh sebab itu musik merupakan salah satu bagian dari manusia yang telah lama terbentuk dan didesain sedemikian rupa agar memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan perasaan sang musisi atau idelogi yang mereka miliki.

Inilah 5 musisi pria kulit hitam yang mengubah sejarah permusikan di dunia dan turut menjadi pioneer dalam genre musik yang berbeda-beda.

1. Jimmy Hendrix.

Jimmy Hendrix

Loading...

Johnny Allen Hendrix atau lebih dikenal dengan nama Jimmy Hendrix merupakan salah satu musisi rock paling legendaris sepanjang sejarah musik rock. Ia merupakan salah satu musisi dengan bayaran mahal pada era tersebut.

Jimmy lahir pada 27 November 1942. Gitar pertamanya ia dapatkan dari ayahnya sebagai kado di hari ulang tahunnya yang ke-12. Gitar itu dibelikan oleh ayahnya karena snag ayah sedih melihat Jimmy yang selalu sedih dan murung karena kehilangan ibunya yang telah wafat saat ia menginjak usia 10 tahun.

Sepanjang perjalanan hidupnya saat remaja, Jimmy terus mengasah skill bermain gitarnya dengan giat. Karena merupakan seseorang dengan dominan tangan kiri, ia jadi harus memainkan gitar tersebut dengan arah terbalik. Gitar elektrik pertama yang ia miliki adalah gitar dari merek Supro Ozark. 

Pada tahun 1960 saat perang Amerika dengan Vietnam terjadi, Jimmy juga harus melakukan tugas sebagai warga negara untuk melakukan wajib militer. Akan tetapi setelah delapan bulan berjalan Jimmy pun dikeluarkan dari satuan militer karena tidak bisa mengemban tugasnya dengan baik sebagai anggota militer. Saat itulah ia bertemu dengan rekan yang akan menemani perjalanan musiknya yakni Billy Cox. 

Seiring perjalanan waktu Jimmy pun melakukan permainan gitarnya dari kota ke kota sebagai pemain gitar dari suatu band ke band lainnya. Ia juga mendapatkan berbagai pengalaman dalam bermain musik di berbagai genre seperti Blues, Rock & RnB.

Sebagai seorang musisi, rekaman pertama yang ia lakukan adalah pada saat ia tergabung dengan band Isley Brothers. Tetapi tak lama setelah itu ia meninggalkan band tersebut untuk bergabung dengan band lainnya dan pindah ke London untuk membuat band baru dengan nama Jimmy Hendrix Experience pada tahun 1966. Bersama dengan band tersebut ia juga mengeluarkan lagu yang hits dengan judul Hey Joe. Tetapi pada akhir tahun 1969 Jimmy akhirnya meninggalkan band tersebut untuk pindah ke band lainnya. 

Tepatnya pada 18 September 1970 Jimmy Hendrix harus mengembuskan napas terakhirnya karena overdosis obat tidur di rumah kekasihnya di London, Inggris. Jimmy pun dimakamkan di Seattle, Washington, dekat dengan makan ibunya. Jimmy wafat dan meninggalkan kedua anaknya yakni James Daniel Hendrix dan Tamika Hendrix pada usia 27 tahun.

2. Quincy Jones.

Quincy Jones

Quincy Delightt Jones, Jr atau lebih dikenal dengan Quincy Jones merupakan produser musik, komposer, dan pemain perkusi yang menjadi produser dari musisi terkenal seperti Frank Sinatra, Michael Jackson, Celene Dion dan Aretha Franklin. Ia lahir pada 14 Maret 1933.

Kehidupan kecilnya sangat menyedihkan. Ayahnya merupakan tukang kayu untuk kelompok mafia kulit hitam di daerah kumuh Chicago dan ibunya terdiagnosa penyakit kejiwaan yang menyebabkan ia meninggalkan rumah dan meninggalkan Quincy kecil.

Masa kecilnya pun sangat kelam di mana ia hidup dan tinggal di lingkungan mafia dan bersikap seperti mafia walupun usianya masih belia. Dikisahkan dalam biografinya ia memegang pisau, berkelahi, dan mencuri untuk bertahan hidup dengan geng mafia lainnya. Pada saat itu pula ayahnya merasa tidak sanggup untuk mengurus Quincy kecil karena kenalakan serta sikapnya yang buruk. Oleh karena itu sang ayah menitipkannya pada sang nenek untuk mendidik dan menjaga Quincy agar menjadi orang yang lebih baik lagi.

Pada akhir tahun 40-an Quincy menyelinap ke gudang senjata milik militer setempat dan menemukan piano tua yang masih berfungsi. Pada saat itulah pertama kali ia mulai mengenal alat musik dan memainkannya.

Dari situ juga Quincy tidak pernah merasa puas dengan alat musik. Lalu ia mulai belajar memainkan alat musik lainnya. Untuk pertama kalinya ia memainkan trumpet dan bermain untuk sebuah band pada usia 14 tahun di sebuah klub malam setempat. Pada saat itulah awal di mana karier musik Quincy dimulai karena ia bertemu dengan musisi yang sudah mulai terkenal yakni Ray Charles. Pada saat itu juga Quincy bertemu dengan Lionel Hampton yakni seorang musisi terkenal yang memiliki band dan menawarkannya untuk bergabung dengan band tersebut.

Perjalanan musiknya pun seiring waktu semakin naik. Quincy mulai dikenal publik dan menjadi salah satu musisi yang berpengaruh di Amerika karena menjadi produser dari berbagai musisi terkenal seperti Frank Sinatra dan Michael Jackson. Kejeniusan Quincy dalam bermusik juga membawanya ke dalam genre musik yang berbeda. Ia juga kerap kali menjadi konduktor orkestra serta dapat memainkan berbagai alat musik.

3. Sam Cooke.

Sam Cooke

Samuel Cook atau lebih dikenal dengan Sam Cook adalah salah satu musisi soul yang sangat terkenal dan menjadi idola bagi banyak orang, termasuk pada masa rasisme pada era 60-an di Amerika. Sam Cook juga menjadi idola bagi kaum kulit putih yang notabene melakukan hal-hal yang merugikan dan menyengsarakan bagi kaum kulit hitam. Sam lahir pada 22 Januari 1931 di Mississippi. Ayahnya merupakan seorang pendeta yang memiliki gereja di Utara Chicago, tepatnya di Bronzville.

Sam pertama kali bernyanyi dan diperkenalkan dengan musik saat menjadi penyanyi di gereja milik ayahnya. Pada saat itu popularitas Sam pun dengan cepat menyebar ke seluruh kota karena suaranya yang merdu dan indah saat melantunkan bait demi bait lagu yang ia nyanyikan. Lalu seiring berjalannya waktu Sam bergabung dengan kelompok penyanyi gereja pada saat usianya menginjak 16 tahun, yakni The Soul Stirres. Keunikan dan ciri khas suara Sam Cook pun membuatnya menjadi penyanyi yang sangat digemari masyarakat terutama para jemaah ibadah di gereja setempat. Banyak orang termasuk para wanita datang berbondong-bondong ke gereja hanya untuk menyaksikan penampilan The Soul Stirres khususnya Sam Cook yang menjadi bintang dari band tersebut.

Sam Cook juga merupakan aktivis kulit hitam. Ia merupakan pejuang hak dan kesetaraan bagi kaum kulit hitam karena banyak kasus yang meresahkan dan membuat masyarakat kulit hitam tertindas oleh masyarakat kulit putih. Oleh karena itulah ia keluar dari The Soul Stirres agar dikenal di seluruh dunia dengan membuat musik yang beragam dan dapat menyuarakan isi hatinya tanpa terbatas.

Dengan itulah ia memulai karier solonya dengan nama panggung Dale Cook dan mengeluarkan single pertamanya yakni Lovable. Ia berdalih tidak menggunakan nama Sam Cook untuk menghindari perselisihan karena ia keluar dari band gereja yang membesarkan namanya dan memulai karier solo agar lebih bebas berkarya. Para audiens dan penggemarnya akhirnya tahu bahwa itu adalah Suara Sam Cook dan Sam mulai menggunakan nama panggung sebelumnya yang telah besar dan dikenal banyak masyarakat.

Sam juga memiliki label rekaman sendiri yang ia dirikan bersama dengan Allen Klein yang telah memanajeri banyak band terkenal seperti The Beatles dan The Rolling Stones. Tetapi nasib buruk menimpanya. Tepatnya pada 11 Desember 1964 ia dibunuh oleh seseorang yang tidak dapat diindentifikasi hingga saat ini dan kematiannya pun masih belum terungkap hingga hari ini.

4. Michael Jackson.

Michael Jackson

Michael Joseph Jackson atau lebih dikenal dengan Michael Jackson merupakan King of Pop dan pemilik gerakan "Moon Walk" yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat seluruh dunia. Michael lahir di Indiana pada 29 Agustus 1958. Ia merupakan produser musik sekaligus musisi yang memiliki banyak hits terkenal di seluruh dunia.

Michael pertama kali mengawali karier musiknya bersama The Jackson 5, yakni sebuah kelompok musik yang didirikan oleh ayahnya dan beranggotakan Michael bersama saudara dan saudarinya. Perjalanan hidupnya tidak menyenangkan. Ia kerap kali mendapat perlakuan kasar serta pelecehan dari ayahnya yang membuatnya tertutup dan tertekan. Michael kecil kerap kali dipaksa untuk melakukan pertunjukan musik bersama saudaranya walaupun ia tidak menyukainya.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1971 pun Michael memulai karier solonya dengan meluncurkan album pertamanya yakni Got To Be There. Popularitas Michael pun seiring waktu memuncak karena karakter suaranya yang khas dengan tarian Moon Walk miliknya. Banyak hits yang ia buat, seperti Thriller, Black Or White, Billie Jean dan masih banyak lagi mahakarya miliknya yang sangat terkenal.

Akan tetapi kehidupan pribadi Michael tidak sesukses kariernya. Ia merupakan sosok yang kontroversial dan kerap kali mendapatkan kasus pelecehan seksual anak di bawah umur. Ia juga kerap kali melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilannya. Kehidupan percintaannya pun tidak berjalan dengan baik. Ia gagal dua kali membina hubungan rumah tangga dan salah satunya adalah dengan putri dari King of Rock and Roll yakni Elvis Presley.

Michael Jackson wafat pada 25 Juni 2009 karena keracunan obat yang membuat jantungnya berhenti bekerja. Ia mengembuskan napas terakhirnya di kediamannya Neverland Ranch di California.

5. James Brown.

James Brown

James Joseph Brown atau lebih dikenal dengan nama panggung James Brown merupakan penyanyi, penari, dan produser musik. James lahir pada 3 Mei 1933. Ia adalah seorang yang turut mempopulerkan musik funk pada eranya. Pada abad 20-an ia juga memiliki panggilan "God Father Of Soul".

James memulai kariernya sebagai penyanyi gereja yang bernama Gospel Starlighters yang kemudian berganti nama menjadi The Famous Flames. Pada awal karier musiknya James adalah seorang pemain piano sekaligus vokal dengan beberapa hits yang terkenal seperti Please Please Please dan Try Me.

James meniti kariernya dengan perjuangan yang sangat keras karena pada masa kecilnya. Ia sempat dititipkan di rumah bibinya yang merupakan rumah bordil dan kerap berpindah-pindah tempat tinggal karena kemiskinan di daerahnya. Ibunya pun menikah lagi dengan pria lain.

Pada awal kariernya ia juga sempat menjadi seorang petinju. Akan tetapi karena kasus pencurian yang dilakukan oleh James ia akhirnya harus mendekam di pusat penahanan remaja karena usianya yang baru memasuki 16 tahun yang masuk kedalam kategori di bawah umur. Dari situlah James mulai mengenal musik dan melakukan pertunjukan musik bersama teman-temannya di sel sebelum akhirnya dibebaskan dan masuk ke dalam grup musik gereja yang membesarkan namanya.

Pada awal 1970-an band yang telah membesarkan namanya pun bubar karena ada pertikaian antar anggota kelompok musik tersebut terkait uang yang menyisakan James Brown bersama dengan Bobby Byrd. Mereka pun lalu merekrut anggota baru untuk melanjutkan band tersebut dan melakukan tur ke berbagai kota di Amerika.

Brown juga memiliki beberapa hits yang mungkin kamu sering dengar seperti Its a Mans World, I Feel Good, dan Sex Machine. Kepopuleran James Brown juga dikenal di seluruh dunia dengan mahakaryanya. James wafat pada 25 Desember 2005 karena radang paru yang dideritanya. James pergi dengan meninggalkan 10 anak selama hidupnya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red