Playstation 1 dan 2 ibarat sebuah pendobrak hiburan di era 90-an. Di mana kegiatan bermain biasanya menggunakan fisik saja, saat itu sebuah hiburan baru tanpa mengeluarkan tenaga muncul menjadi pembeda. Alhasil merebaklah rental PS sebagai simbol era permainan modern.

Namun siapa sangka saat era keemasan rental PS dulu, ternyata banyak mitos-mitos mengenai bermain PS yang sempat dipercayai banyak orang. Mulai dari memiringkan mesin hingga menggulung stik saat bermain sempat dilakukan. Meskipun tidak teruji secara ilmiah, namun nyatanya hal itu berhasil. Seperti apa saja mitos-mitos tersebut berikut dirangkum dari Upstation.id ulasannya di bawah ini.

1. Menggulung kabel stik.

5 Mitos seputar permainan PS ini pasti sempat kamu percaya

Perlu diketahui, zaman dulu, PS adalah barang yang termasuk mewah, mungkin sekelas iPhone X sekarang. Oleh sebab itu, bocah dulu, ketimbang harus beli mahal-mahal, lebih memilih menyewa di rentalan. Namun sayang namanya ngerental, pasti ada kendala, salah satunya stik error. Alhasil karakter yang diarakan ke mana, jalannya malah sebaliknya, kita pun sering dibuat jengkel nggak karuan. Apalagi kalau sedang main Winning Eleven atau MotoGP bareng teman, akhirnya kita yang dianggap nggak becus karena sering kalah. Padahal semua salah stik. Kadang buat mengakalinya sering kali menggulung stik agar bisa dimainkan. Mungkin kelihatannya hanya mitos biasa, tapi nyatanya berhasil juga.

2. Meniup Memori Card

5 Mitos seputar permainan PS ini pasti sempat kamu percaya

Entah sejak kapan kebiasaan ini ada, namun ternyata cukup banyak orang yang sempat melakukannya, kamu mungkin salah satunya. Ya, pasti ingat dong dulu CD tiba-tiba macet saat asyik-asyiknya main. Saat itu pula teman kita nyaranin untuk mencabut memori card, meniupnya dan memasangnya kembali. Sebenarnya, sampai saat ini masih belum ditemukan korelasi antara kinerja PS meningkat dengan memori card ditiup. Namun anehnya, ternyata benar ada yang bisa lancar kembali PS, namun juga banyak yang masih nyandet.


3. Menggunakan minyak angin sebagai pelancar CD

5 Mitos seputar permainan PS ini pasti sempat kamu percaya

Bagi yang pernah merasakan nikmatnya main di rental PS, pasti sangat akrab dengan barang yang satu ini. Bukan untuk ditempelkan pada tubuh yang sedang meriang, namun buat membersihkan CD yang sering mancet. Memang benar sih, alhasil lapisan kaset PS tadi jadi bersih bahkan goresannya hilang seketika. Namun sayang kadang kalau dipakai permainannya ikut lenyap juga, nasib-nasib. Tidak hanya sebagai pembersih CD, minyak angin juga digunakan pelumas stik hingga pembersih memory card. Entah siapa orang pertama yang mempopulerkannya, namun yang jelas banyak orang juga ikut memakainya.


4. Memiringkan PS

5 Mitos seputar permainan PS ini pasti sempat kamu percaya

Teori absurd lain yang sempat ada adalah di mana kita sering memiringkan PS ketika permainan lagi macet atau mesin panas. Bahkan tak jarang yang sampai membaliknya hingga membuat berdiri mesinnya untuk memperoleh posisi yang tepat agar permainan berjalan. Namun siapa sangka teori ngawur ini juga sering berhasil. Ya, permainan yang tadinya tidak bisa dilanjutkan tiba-tiba langsung bisa kembali. Bahkan tak jarang pemilik rentalnya pun memakai cara ini.


5. Meniup Optik

5 Mitos seputar permainan PS ini pasti sempat kamu percaya

Hal ngawur terakhir yang juga sering dilakukan oleh para pengguna rental PS ini adalah meniup optik PS saat mesin tidak bekerja seperti sewajarnya. Tipuan demi tipuan pun dihembuskan demi melanjutkan permainan. Namun jika tidak terjadi apa-apa, maka kaset lah yang perlu diberi hembusan cinta, kemudian dibersihkan dengan kapas atau minyak angin tadi. Namun kalau tidak bisa juga, maka tinggal berdoa saja pada yang maha kuasa atau berharap keberuntungan lain.