Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang masih kental akan budaya Melayu. Budaya Melayu menjadi salah satu objek destinasi andalan Riau. Daerah Riau yang masih kental akan Melayunya di antaranya adalah Siak, Bengkalis, dan Pekanbaru. Selain itu Riau juga memiliki makanan khas yang nikmat, wajib kamu santap, dan dijadikan list wisata kuliner saat berkunjung ke Riau. Nah, berikut ini 5 wisata kuliner yang wajib kamu coba saat di Riau.

1. Kue Bolu Kemojo.

Kue ini merupakan makanan khas dari Riau. Kue ini berbentuk bunga yang berwarna hijau. Warna hijau pada bolu kemojo berasal dari daun pandan. Bolu kemojo ini sangat nikmat disantap dengan ditemani secangkir kopi maupun teh hangat.

2. Ketan Talam Durian.

Ketan talam durian saat ini menjadi salah satu makanan khas Pekanbaru Riau yang wajib kamu rasakan dan dijadikan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke Riau. Rasa durian yang legit akan membuat selera makanmu bertambah karena perpaduan rasa antara ketan durian yang nikmat.

jika kamu pencinta durian, maka satu ketan talam durian pasti akan terasa kurang karena akan merasa nagih dan ingin nambah lagi. Rasa durian yang legit akan membuat selera makanmu bertambah jika dipadukan dengan ketan yang nikmat.

3. Miso Kriuk.

Miso kriuk merupakan salah satu makanan yang juga wajib masuk list kuliner kamu saat berkunjung ke Riau. Miso kriuk ini merupakan makanan yang diolah dari bahan dasar mie. Miso akan terasa nikmat dan sedap disantap saat hangat. Miso kriuk ini cocok kamu nikmati dalam suasana malam hari di Riau.

Dengan tambahan kriuk dari ayam yang dikeringkan dan suiran tahu, dijamin akan menambah selera makanmu.

4. Roti Jala.

Roti jala merupakan salah satu makanan dari Riau yang wajib disantap dan kamu jadikan oleh-oleh juga selain ketan talam durian. Roti jala akan terasa nikmat dimakan sebagai sarapan maupun cemilan di sore hari. Roti jala dapat disantap dengan kuah kari maupun saus durian. Roti jala ini cocok untuk disantap bersama keluarga.

5. Ikan Salai Asap.

Ikan salai asap merupakan olahan yang terbuat dari ikan sungai. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan patin, ikan baung, dan ikan selais yang diolah dengan cara diasap. Ikan salai asap ini bisa disantap tanpa apapun maupun dibuat menjadi olahan makanan lainya seperti gulai, ikan salai balado, dan lain sebagainya.

Ikan salai asap ini banyak ditemukan di daerah Kuansing dan daerah lainnya yang ada di Riau. Citarasa yang timbul dari pengasapan akan membuatmu ingin menikmatinya kembali.

Itulah 5 makanan khas Riau yang wajib kamu jadikan list kuliner maupun oleh-oleh dari Riau. Selamat menikmati!