×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Klub ini paling jago cari untung di bursa transfer

0

Olahraga

5 Klub ini paling jago cari untung di bursa transfer

Mereka menang banyak!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Masjim

17 / 07 / 2019 11:13

Bursa transfer musim panas klub-klub sepak bola Benua Eropa sudah dibuka sejak 1 Juli lalu. Beberapa nama sudah dipastikan membela panji baru untuk kompetisi musim 2019/2020. Memang selalu menarik membahas tentang musim transfer pemain yang tak jarang menghadirkan banyak kejutan.

Selain tentunya membahas tentang pemain yang berganti kostum, pada bursa transfer seperti ini juga menarik untuk mengintip klub mana saja yang berhasil meraih keuntungan besar. Karena ada banyak sekali klub yang pandai melakukan bisnis pemain dari yang semula didapatkan dengan harga murah, kemudian dijual dengan harga puluhan bahkan ratusan kali lipat.

Setidaknya ada 5 klub Eropa yang terbilang sukses dalam urusan bisnis pemain. Apa ada klub jagoanmu di bawah ini?

1. AS Monaco.

5 Klub ini paling jago cari untung di bursa transfer

Loading...

foto: 123rf.com

Salah satu klub yang pandai dalam urusan bisnis jual beli pemain adalah AS Monaco. Klub yang berkompetisi di liga Prancis ini memang terkenal dengan urusan bisnisnya menjual pemain mahal. Sebut saja nama Benjamin Mendy, Fabinho, Leyvin Kurzawa, dan banyak lagi yang lainnya.

Belum lagi nama Thomas Lemar yang diboyong Atletico Madrid dengan angka Rp1,1 triliun, sebelumnya Monaco hanya mengeluarkan Rp46 miliar untuk membawanya dari klub terdahulunya. Juga nama Anthony Martial yang menuju Manchester United dengan harga  Rp821 miliar. Padahal Monaco hanya mengeluarkan Rp80 miliar untuk memboyongnya. Puncaknya adalah penjualan Kylian Mbappe yang direkrut PSG dengan harga fantastis yakni Rp2,8 triliun.

2. Borrusia Dortmund.

5 Klub ini paling jago cari untung di bursa transfer

foto: eBay.com

Salah satu raksasa Bundesliga ini juga terkenal dengan kehebatan bisnisnya membeli pemain dengan harga murah dan menjualnya dengan harga mahal. Beberapa diantaranya Mkhitaryan yang diboyong Manchester United dengan harga mencapai Rp682 miliar, padahal Dortmund hanya membelinya dengan harga Rp211 miliar. Aubameyang yang diboyong Arsenal dengan harga Rp1 triliun, padahal Dortmund membelinya dengan harga tak kurang dari Rp420 miliar.

Puncaknya adalah kepindahan Ousmane Dembele ke Barcelona dengan mahar mencapai Rp2,3 triliun, padahal Dortmund membeli Dembele dengan harga Rp243 miliar. Selain nama-nama di atas banyak lagi sederet pemain yang dijual mahal oleh Dortmund seperti Gundogan, Pulisic, Kagawa, dan lainnya.

3. FC Porto.

5 Klub ini paling jago cari untung di bursa transfer

foto: freevector.com

Klub asal Portugal ini menjadi salah satu klub yang paling sering mendapat banyak keuntungan di bursa transfer. Nama-nama yang pernah diboyong murah oleh FC Porto mampu dijual kembali dengan harga yang mahal. Seperti Danilo dan Casemiro yang diboyong Real Madrid.

Juga ada nama beken lainnya seperti Mangala yang menuju Manchester City, juga Falcao yang menuju Atletico Madrid. Setidaknya, Porto selalu berhasil menjual pemain-pemain dengan harga minimal 3 kali lipat.

4. SC Benfica.

5 Klub ini paling jago cari untung di bursa transfer

foto: freevector.com

Sama halnya dengan FC Porto, Benfica yang juga berasal dari liga Portugal juga selalu mampu dengan baik memaksimalkan bisnis penjualan pemain. Terhitung nama-nama seperti Markovic, Enzo Perez, Alex Witsel, dan Matic yang masing-masing diboyong Liverpool, Valencia, Zenith St. Pittersbrough, dan Chelsea dijual dengan harga lebih dari 3 kali lipat dari harga awal Benfica merekrut mereka.

5. Ajax.

5 Klub ini paling jago cari untung di bursa transfer

foto: worldsportlogos.com

Terakhir ada klub asal Eredivisie Belanda. Ajax memang sudah sejak dahulu rutin melakukan transaksi bisnis beli pemain murah untuk kemudian dijual kembali dengan harga selangit. Bahkan, hal semacam ini disebut sebagai, "Bengkel Reparasi."

Ajax bahkan membatasi nilai pembelian pemain. Pembelian pemain termahal mereka bahkan hanya seharga Rp146 miliar milik Huntellar saat didatangkan dari Herenveen. Perekrutan tersebut pun berhasil karena beberapa tahun kemudian Ajax menjual Huntellar ke Real Madrid dengan harga Rp438 miliar.

Banyak nama lain yang telah dihasilkan "Bengkel Reparasi" Ajax, seperti Ibrahimovic, Chivu, Eriksen, Davison Sanchez, dan sederet nama tenar lainnya. Di bursa transfer musim ini pun Ajax telah berhasil mendapat keuntungan dari hasil penjualan Frankie De Jong ke Barcelona yang menyentuh angka Rp1,2 triliun, padahal ketika didatangkan Ajax hanya mengeluarkan uang Rp16 ribu.

Itulah 5 klub sepak bola yang piawai dalam strategi bisnis beli pemain dengan harga murah, lalu dijual dengan harga mahal. Ada klub jagoanmu?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red