Film Hollywood masa kini banyak menggunakan teknologi untuk mendukung atau menjadi bagian dari cerita film. Salah satu teknologi yang sering sekali muncul sebagai alat bantu penting di sebuah film Hollywood adalah penggunaan CCTV. Mulai dari film seputar kriminalitas, film aksi, sampai film detektif.

Bagaimana sebuah CCTV dapat berfungsi dengan baik dalam sebuah film? Yuk cari tahu berbagai fungsi keren CCTV berikut ini.

1. Gambar bisa diperjelas.

5 Keunggulan CCTV ala film Hollywood, canggih banget

Di film-film series CSI, sering digunakan teknologi untuk memperjelas gambar penangkapan lensa yang sering kurang jelas akibat pergerakan objek yang terlalu cepat atau faktor lainnya. Dan yang seringkali diperjelasadalah wajah seseorang atau nomor plat mobil yang digunakan untuk kejahatan. Langsung teringat beberapa adegan di film-film favorit kamu, kan?

2. Menangkap momen di kecepatan tinggi.

5 Keunggulan CCTV ala film Hollywood, canggih banget

Di berbagai film juga sering sekali terjadi seorang buron yang kabur menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi namun tetap tertangkap kamera CCTV di jalanan. Bahkan di film superhero buatan Marvel pun sering digunakan untuk menangkap buronan, contohnya Winter Soldier di film Captain America. Di dunia nyata, negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat sudah menggunakan teknologi ini untuk menangkap para pelanggar lalu lintas lho.

3. Menemukan satu dari ribuan orang sekaligus.

5 Keunggulan CCTV ala film Hollywood, canggih banget

Bila dilihat di film Jason Bourne, penggunaan CCTV untuk mencari buronan sering sekali terjadi karena Matt Damon berperan sebagai agen pemerintah yang kabur dan dicari-cari oleh CIA dan FBI. Nah untuk melacak keberadaannya, instansi pemerintah menggunakan teknologi facial recognition, atau teknologi yang bisa mengenali wajah seseorang dari tangkapan lensa. Bahkan sekali digunakan, teknologi ini bisa melakukan scanning lebih dari ratusan wajah sekaligus. Hebat sekali.

4. Terintegrasi dalam jumlah banyak.

5 Keunggulan CCTV ala film Hollywood, canggih banget

CCTV yang bisa bekerja dalam jumlah sangat banyak sekaligus itu mungkin saja terjadi. Sebab, sebenarnya berbagai kota di negara-negara maju juga sudah menggunakannya. Namun di beberapa film Hollywood seperti V for Vendetta, penggunaan CCTV sangatlah banyak sampai melebihi jumlah normal. Wajar saja hal itu terjadi, karena fungsi CCTV di film itu adalah digunakan pemerintah yang paranoid demi mengawasi gerak-gerik para pemberontak yang bisa saja muncul sewaktu-waktu.

Dalam dunia nyata, apabila ingin menerapkan keadaan ini maka logikanya diperlukan sistem penyimpanan yang mumpuni untuk menampung banyaknya data yang masuk dalam satu waktu. Nah, salah satu harddisk yang sanggup seperti itu adalah SeaGate SkyHwak yang memang sangat pintar karena mempunyai AI bawaan. Sehingga tangguh jika untuk bekerja berat.

5. Bisa di-zoom berkali-kali.

5 Keunggulan CCTV ala film Hollywood, canggih banget

Di dalam film, agen mata-mata seperti James Bond acap kali menggunakan teknologi CCTV, khususnya fitur zoom untuk melihat detail kecil yang seringkali terlewat saat gambar belum diperbesar. Tentunya hal ini membutuhkan kekuatan CCTV yang mumpuni pula. Namun, jika sudah ada di film Hollywood semua jadi mungkin ya.