Introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya.

Orang yang candrung memiliki karakter introvert biasanya bersikap tenang, suka menyendiri, dan tidak suka melakukan aktivitas-aktivitas yang baru.

Sebenarnya orang dengan kepribadian introvert tetap bisa bersosialisasi, meski memang terlihat pemalu. Hal ini disebabkan orang introvert cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir dahulu sebelum bicara, dan juga lebih memilih apa yang perlu diungkapkan pada orang lain dan tidak.

Tapi tahu kah kamu tipe kepribadian ini memiliki beberapa kesulitan yang hanya dirasakan oleh mereka saja. Untuk mengetehuinya lebih lanjut berikut 5 kesuitan yang dirasakan kaum introvert yang tidak banyak orang tahu dilansir dari berbagai sumber.

1. Selalu banyak berpikir

5 Kesulitan yang cuma dipahami para introvert ketika bersosialisasi

Kaum introvert selalu berkutat dengan pikirannya, biasanya mereka memiliki imajinasi serta kereatifitas tinggi. Dilansir dari psychology today Dr Laurie Helgoe mengemukakan peneliti telah memetakan aktivitas listrik di otak baik introvert dan ekstrovert, dan menemukan bahwa introvert memiliki tingkat aktivitas listrik yang lebih tinggi daripada ekstrovert, menunjukkan bahwa introvert memiliki gairah kortikal yang lebih besar. Kortikal mengacu pada lapisan luar serebrum, bagian otak yang mengintegrasikan fungsi sensorik dan saraf kompleks, dan mengkoordinasikan aktivitas sukarela dalam tubuh.
Namun karena mereka selalu berpikir, mereka menjadi orang yang gampang stress dan selalu panik ketika apa yang mereka rancang dari pemikiran mereka tidak sesuai.

2. Merasa lelah satiap waktu, apalagi setelah bersosialisasi

5 Kesulitan yang cuma dipahami para introvert ketika bersosialisasi
Ini dikarenakan kaum introvert selalu pikiran selalu berjalan, jadi sulit tidur walaupun ketika mereka tidur nyenyak, mereka merasa lelah di siang hari, karena berurusan dengan tingkat kecemasan yang konstan. Ini biasanya membuat mereka seakan kehabisan energi.

3. Susah atau bahkan tidak bisa berkata "tidak"

5 Kesulitan yang cuma dipahami para introvert ketika bersosialisasi
Bagi kaum introvert kalimat "tidak" merupakan kalimat yang haram diucapkan ketika seseorang memohon pertolongan kepada mereka. Mengapa mereka tidak bisa menolak? Hal ini karena kaum introvert seing merasa "nggak enakan" atau merasa cemas akan penolakan, keinginan untuk menghindari konfrontasi, atau rasa bersalah karena menyakiti perasaan orang lain.

4. Mereka sering mudah gugup

5 Kesulitan yang cuma dipahami para introvert ketika bersosialisasi
Kaum introvert sangat mudah gugup apalagi jika di tempat yang ramai orang dengan berbagai karakter, selain di tempat ramai kaum introvert merasa gugup ketika memulai pembicaraan dengan orang baru ditemuinya. Kegugupan mereka terjadi karena kaum introvert senang dengan suasana yang tenang dan damai tanpa diganggu oleh siapapun.

5. Mereka seringmenyembunyikan perasaan untuk diri mereka sendiri

5 Kesulitan yang cuma dipahami para introvert ketika bersosialisasi
Kaum introvert sangat menutupi kehidupan pribadinya, mereka selau tampak selalu tersenyum dan jarang mengeluh, tidak tampak mereka sedang depresi atau stress namun dibalik senyuman dan ketabahan mereka ,sebenarnya mereka menyimpan beban pikiran tang berat dari masalah yang menimpa dirinya. Mereka tidak akan menunjukkan kesedihannya kecuali dengan orang yang mereka percayai untuk dijadikan teman curhat.

Introvert bukanlah salah satu gangguan anti sosial atau gangguan psikologis, jadi jangan pernah menganggap kaum introvert sebagai orang aneh ya! Jadi hal simpel yang harus kita lakukan adalah menghargai kepribadian mereka dengan tidak mem-bully mereka dengan mengatakan mereka aneh dan sebagainya .