×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Kebiasaan ini dapat mempercepat penuaan dini lho

0

Kesehatan

5 Kebiasaan ini dapat mempercepat penuaan dini lho

Tanpa disadari, ada kebiasaan yang dilakukan tiap hari bisa mempercepat penuaan dini. Baiknya kamu hindari, ya!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

04 / 11 / 2018 13:20

Setiap orang, terutama wanita pasti mendambakan kulit awet muda dan jauh dari keriput, walaupun usianya sudah tua. Berbagai cara dilakukan untuk memiliki kulit awet muda, seperti menggunakan produk perawatan kulit anti penuaan yang harganya tidaklah murah. 

Tapi, tahukah kamu ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dan lakukan bisa mempercepat penuaan dini. Ini 5 kebiasaan yang bisa mempercepat penuaan dini.

1. Kurang tidur.

5 Kebiasaan ini dapat mempercepat penuaan dini lho

Foto: Sehatnesia

Loading...

Kurang tidur dalam jangka pendek akan membuat lingkaran hitam di sekitar mata dan kulit menjadi kusam. Sementara itu bila dilakukan terus menerus maka dapat mempercepat proses penuaan dini. Selama tidur, kulit dapat memberikan manfaat berupa meremajakan dan memperbaiki sel-sel kulit. Batas tidur secara umum untuk orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam per hari.

 

2. Tidak menggunakan tabir surya.

5 Kebiasaan ini dapat mempercepat penuaan dini lho

Foto: Lifestyle

Matahari adalah penyebab utama kulit rusak. Dalam waktu lama bisa mengakibatkan penuaan kulit. Gunakan tabir surya saat kamu sedang keluar ruangan (meskipun di dalam mobil atau cuaca mendung, kamu tetap bisa terkena sinar matahari). Sinar matahari bisa menyebabkan bintik-bintik kehitaman dan kerutan. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan tabir surya, topi, atau pakaian lengan panjang.

 

3. Merokok dan minum alkohol.

merokok Hello Sehat



Foto: Hello Sehat

Jika kamu seorang perokok dan pecandu alkohol, sebaiknya kamu berhenti merokok dan minum alkohol mulai dari sekarang kalau kamu masih sayang sama kulitmu. Merokok dan minum alkohol dapat mempercepat penuaan dini. Kulit terlihat kering, kusam, dan keriput. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung nikotin yang dapat memicu kerusakan kulit pada kolagen kulit.

Jika kamu seorang yang tidak merokok, sebaiknya kamu berhati-hati pada seseorang yang sedang merokok. Paparan asap rokok juga dapat meningkatkan kulit keriput dan kekeringan. Sebab asap rokok membawa zat kimia yang sangat berbahaya, yaitu nikotin.

 

4. Posisi tidur.

5 Kebiasaan ini dapat mempercepat penuaan dini lho

Foto: Lifestyle Sindonews

Tidur dengan posisi yang sama setiap malam juga dapat menyebabkan keriput di wajah. Tidur dalam posisi menyamping dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus di sekitar pipi dan dagu. Posisi tidur telentang adalah posisi tidur yang baik untuk membantu mencegah timbulnya kerutan. Pada posisi ini, wajah kamu melawan gravitasi sehingga kulit wajah tidak tertarik ke bawah.

 

5. Ekspresi wajah.

5 Kebiasaan ini dapat mempercepat penuaan dini lho

Foto : Deposit photos

Gerakan wajah yang berulang juga dapat mempercepat penuaan kulit. Saat kamu menggerakkan otot wajah, lekukan akan terbentuk di bawah permukaan kulit. Karena kulit kamu akan menua seiring dengan usia dan kehilangan elastisitasnya, kulit akan sulit untuk kembali ke bentuk normalnya sehingga lekukan ini akan terbentuk menjadi permanen sebagai garis-garis halus dan kerutan.

Kamu harus bisa mengontrol emosimu. Ekspresi wajahmu seperti marah, jarang tersenyum, serta cemberut dapat membuat otot wajah kamu mengendur. Akibatnya timbul garis-garis halus di wajah dan menimbulkan keriput. Hal ini perlahan akan terlihat di bagian wajah (di bawah samping hidung) akan terlihat sangat jelas. Untuk menguranginya, kamu harus mengontrol emosimu. Tertawa atau tersenyumlah sesering mungkin.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red