×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jenis makanan ini bantu menghasilkan kolagen dalam tubuh

0

Kesehatan

5 Jenis makanan ini bantu menghasilkan kolagen dalam tubuh

Foto: Pexels/Daria Shevtsova

Mau kulit sehat dan elastis? Cukupi kebutuhan kolagen dengan cara alami ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

25 / 05 / 2020 12:15

Supaya kulit tetap sehat dan elastis, tubuh membutuhkan cukup kolagen. Tapi, semakin bertambah usia, produksi kolagen dalam tubuh jadi berkurang.

Kolagen adalah protein yang terdapat pada kulit. Kolagen berperan dalam membentuk struktur kulit dan menjaganya tetap kencang. Fungsinya sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Selain di kulit, kolagen juga ada di darah, tulang, tendon, tulang rawan dan jaringan ikat. Kolagen bekerja menyatukan bagian-bagian tubuh dan melindungi organ di dalamnya. Tubuh mampu menghasilkan kolagen namun tetap membutuhkannya dari luar. Jika tubuh kekurangan kolagen menyebabkan kulit kendur, berkerut, dan tulang lemah. Bagaimana supaya tubuh lebih sehat dan kulit tetap elastis?

Selain bantuan produk kosmetik dan suplemen, ada cara alami yaitu mengonsumsi makanan sehat. Apa saja jenis makanan yang merangsang produksi kolagen dalam tubuh?

Pilihan yang tepat untuk menambah produksi kolagen dalam tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin A, C, protein, tembaga, zinc, AHAs (alpha hydroxy acids) dan antosianin.

Loading...

1. Vitamin A.

Selain sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari bahaya sinar UV, vitamin A juga bantu tubuh memproduksi kolagen. Jadi, harus rutin mengonsumsi makanan mengandung vitamin A seperti sayuran berdaun hijau, tomat, wortel, buah-buahan, telur, ikan, susu, hati sapi.

2. Vitamin C.

Fungsinya mirip dengan vitamin A yang mampu memicu produksi kolagen. Vitamin C juga mampu melawan radikal bebas. Kita perlu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, sayuran berdaun hijau, stroberi, pepaya, jeruk. Contoh makanan tersebut mengandung vitamin C yang kita butuhkan.

3. Protein.

Asam amino dalam tubuh akan membentuk kolagen. Selain itu juga asam amino membentuk jaringan tubuh. Asam amino berasal dari asupan protein yang kita konsumsi. Beberapa makanan mengandung protein seperti susu, yogurt, keju, telur, ikan, kedelai, daging dan makanan laut.

4. Mineral.

Contoh mineral yang bantu produksi kolagen dalam tubuh seperti zinc, tembaga, dan selenium. Mineral juga berperan dalam melawan radikal bebas dan bakteri.

5. Alpha Hydroxy Acids (AHAs).

Beberapa makanan mengandung kelompok asam alami yang disebut Alpha Hydroxy Acids (AHAs). Perannya dalam tubuh bantu memproduksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama dan menggantikan dengan yang baru. Contoh makanan mengandung AHAs adalah tomat, apel, jeruk, anggur, lemon, dan tebu.

Jika tubuh masih tetap kekurangan kolagen, kamu bisa mengonsumsi suplemen. Supaya lebih aman, perlu konsultasi dengan dokter sebelumnya. Suplemen kolagen juga berperan untuk meredakan nyeri sendi, membantu jantung tetap berfungsi baik, dan mencegah tulang keropos.

Beberapa makanan lain yang baik untuk pembentukan kolagen dalam tubuh seperti daging ayam, kaldu dari tulang, ikan laut, putih telur, buah tropis (nanas, jambu merah, mangga), bawang putih, sayuran berwarna hijau/oranye/merah, ubi manis, buah berry, alpukat, kacang-kacangan, dan white tea.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red