×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jajanan tradisional ini masih eksis hingga sekarang, rasanya nikmat

0

N/A

5 Jajanan tradisional ini masih eksis hingga sekarang, rasanya nikmat

Tiap jajanan tradisional ini punya ciri khas masing-masing yang bikin kamu ngiler.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arya Raihan

29 / 04 / 2019 11:13

Makanan tradisional memang gak asing lagi bagi telinga kita. Berbagai macam variasi dan bentuk yang sangat unik dan disukai oleh semua orang. Makanan ini juga banyak dipasarkan oleh pedagang kaki lima pada zaman dahulu. Beda dengan zaman sekarang, makanan yang dipasarkan banyak dengan versi dan bentuk baru sehingga agak sulit menemukan makanan tradisional ini dengan bentuk lawasnya. Bahkan orang-orang jadi rindu dan ingin mencicipi kembali makanan langka ini dan rela mencari lokasi penjualnya demi mendapatkannya.

Walaupun zaman sekarang sulit sekali menemukan makanan tradisional ala dulu, ada kok yang masih menjualnya di pasaran atau pun di pedagang kaki lima, tapi memang tidak sebanyak dulu. Nah, berikut ini makanan tradisional di Indonesia yang masih eksis sampai sekarang.

1. Klepon.

Klepon

Makanan dengan bentuknya yang bulat dan lucu ini paling banyak disukai. Namanya klepon. Klepon termasuk makanan zaman dulu yang terbuat dari bahan tepung terigu dengan gula merah yang dicairkan sebagai isinya. Ditambah lagi taburan kelapa parut untuk meramaikan rasa klepon. Pembuatannya pun cukup mudah dipraktikkan dan pas menyantapnya pada saat kamu lagi santai.

Loading...

 

2. Wajik.

wajik

Wajik ialah makanan khas Jawa yang bahan umumnya dari ketan dicampur dengan gula merah sebagai pemanisnya sehingga makanan ini cocok menggantikan nasi dengan ketan pada saat kamu lagi lapar. Biasanya wajik dipotong berbentuk kotak. Karena zaman makin modern, pencetakan wajik semakin unik, ada yang dicetak dibentuk seperti kerucut dan ada juga berbentuk lupis. Karena itulah wajik banyak dipasarkan dengan berbagai macam bentuk dan pembuatannya juga mudah dipahami.

 

3. Kue Putu.

putu

Makanan tradisional satu ini berasal dari Jawa dan orang Jawa menyebutnya puthu (sama saja). Makanan ini memang masih eksis di zaman sekarang, tapi tidak sebanyak dulu. Biasanya penjual putu menjualnya dengan menaiki sepeda dengan suara yang mengiung saat lewat di depan rumah. Kue putu ini terbuat dari tepung beras dengan butirannya yang agak kasar dan isinya semacam gula jawa merah. Biasanya kue putu ini dimasak dengan cara dikukus di dalam tabung bambu dan mantapnya lagi jika kamu memakannya pas lagi hangat.

 

4. Onde-onde.

onde onde

Onde-onde termasuk makanan zaman dulu yang masih eksis sampai sekarang, bahkan di pasaran pun masih ada yang menjualnya. Makanan ini biasanya berisi kacang hijau yang matang dan ditumbuk dengan halus serta kulitnya juga terbuat dari tepung ketan dan kentang. Tak lupa juga ditaburkan wijen agar terlihat cantik saat dimasak dengan cara digoreng. Pastinya akan mantap jika kamu menyantapnya dengan ditemani secangkir teh hangat.

 

5. Dadar gulung.

dadar gulung

Makanan terakhir yang tidak bosan disantap ialah dadar gulung. Dadar gulung terbuat dari tepung terigu dicampur dengan air daun pandan sebagai kulitnya serta isinya menggunakan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Makanan ini tak henti-hentinya dijual di pasaran ataupun di warung-warung. Jika kamu ingin membuatnya, cukup mudah dipraktikkan dan harus hati-hati juga saat penggulungannya supaya kelapanya tidak keluar. 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red