Zaman sekarang bukan hanya zaman makanan ditaburin micin, tetapi zaman di mana orang-orang juga suka 'menabur' kode dan 'memupuk' cinta, eh tapi malah ilang. Ugh, sakit cuy!

Perilaku-perilaku demikian itulah yang disebut denganghosting. Udah deket, udah dikira mau nembak, eh malah tiba-tiba chatnggak dibalas berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan sampai udah ganti handphonebaru. Mungkin kamu pernah merasakan, atau mungkin kamu salah satu yang melakukannya?

Untuk paraghosters, kalian harus membaca ini sebelum melakukan aksi kalian berikutnya.

1. Hati bukanlah galon isi ulang.

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan ghosting

source: wefornews.com

Satu hal yang penting buat kalian paraghosters, tidak semua orang memiliki hati yang cepat diisi ketika 'isi'nya udah nggak ada. Yah emang galon isi ulang, kalau habis tinggal telepon abang depot air isi ulang atau beli yang baru di minimarket? Tidak sesimpel itugaes.

Kalau kalian ngelakuinghosting, ketika kalian pergi memang hati orang yang kalian tinggal bakal tiba-tiba bisa diisi dengan yang baru? Yah, mungkin beberapa orang bisa sih. Tapi nggak semuanya, cuy. Bisa saja hatinya kosong, dibiarkan sampai berlumut, eh tinggal nunggu aja ada yang mau bersihin atau nggak. Cara kalian kalau kata Cinta di film AADC sih, 'Itu jahat.'

2.Ghosting? Huh chicken!

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan ghosting

source:gfycat.com

Percayalah, ghostingmerupakan cara yang hanya dilakukan oleh orang-orang penakutyang takut dengan konsekuensi pada perilaku mereka. Ya iyalah. Kalau nggak takut, ngapain hilang tiba-tiba coba? Bayangkan kalian datang kecafe, si pelayannya awalnya manis-manis nawarin menu, terus pas kalian mesen, si pelayanannya tiba-tiba hilang. Kesal? Nah, itu deh yang dirasakan oleh korban-korban kalian wahai paraghosters.

3. Menghilang bukan solusi.

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan ghosting

"Aku menghilang biar dia bisa cepat melupakanku. Aku takut lebih menyakiti perasaannya kalo aku bilang kenapa kita nggak bisa bareng." Halah, telenovela sekali. Kalau ingin dia bisa cepat melupakan, ya sudah, tinggal bilang aja, "Maaf yah, aku nggak bisa sama kamu. Aku mulai sekarang akan batasi kontak dengan kamu, setidaknya biar kamu bisa punya waktu untukmove on."See? Itu lebih solutif, bukan? Lalu dengan lebih menyakiti perasaannya kalau kita ngomong langsung, yah memang bakal sakit kalau ngomong langsung. Tapi percayalah, rasanya lebih sakit dilanda ketidak-pastian untuk diterima daripada sudah pasti menolak.

4. So childish!

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan ghosting

source: mamiverse.com

Iyah dong. Orang dewasa itu orang yang berani menghadapi konsekuensi. Kamu belum berani menghadapi dampak ketika kamu udah pdkt-in cewek, eh ternyata adiknya lebih menarik buat kamu? Kamu belum dewasa! Dan hidup yang berkualitas hanya dimiliki oleh orang-orang yang udah dewasa. Kalau kamu masih bocah dalam berperilaku, berarti hidupmulow quality dong? Ups!

5. You'll get karma, not kurma.

5 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan ghosting

source: reddit.com

Karma itu selalu ada. Mungkin bukan periodemu yang dapat, tapi periode setelah kamu, alias anakmu atau cucu-cicitmu. Suka-sukayang mau ngasih karma, sih. Yang jelas, ada hukum tabur-tuai. Kalau kamu menabur kebaikan, kamu akan menuai kebaikan.Vice versa.

Masih berpikir untuk melakukanghosting next time? Itu pilihanmu. Manusia diciptakan memiliki mulut dan anggota tubuh yang lain untuk mendukungnya berkomunikasi. Kan nggak lucu kalau tiba-tiba Tuhan malah gantiin alat-alat komunikasi alamimu itu dengan tombolqwertydoang?