Bulan ramadhan merupakan waktu penting bagi umat Islam yang hanya terjadi setahun sekali. Setiap individu pasti memiliki kebiasaan masing-masing. Selain hal yang menyenangkan ada pula hal-hal konyol yang tak bisa dilupakan saat bulan Ramadhan seperti berikut ini.

1. Terlambat atau nggak sahur karena ketiduran.

5 Hal ini paling sering terjadi di bulan Ramadhan, kamu mengalami?

Gambar: lucupool.kepopedia.com

Nah siapa nih yang pernah mengalami hampir nggak sahur atau bahkan benar-benar sampai nggak sahur karena semua orang rumah termasuk kamu ketiduran? Hal ini seringkali terjadi pada beberapa orang. Terdengar lucu dan nggak bisa dilupain ya memang, tapi agak merugikan kamu nih kalau keseringan mengalami ini, karena sahur adalah waktunya untuk mengisi energi sebelum harus berpuasa selama sehari. Jadi, jangan sampai ketiduran ya guys, tidurlah yang cukup dan jangan terlalu larut agar kamu nggak kebablasan saat sahur!

2. Membeli banyak makanan dan minuman untuk buka puasa hanya karena lapar mata.

5 Hal ini paling sering terjadi di bulan Ramadhan, kamu mengalami?

Gambar: www.vebma.com

Siapa yang baca ini dalam hatinya langsung bilang "aku banget nih!" Hayooo ngaku! Seringkali setiap bulan puasa akan banyak bazaar-bazaar atau orang-orang yang menjual jajanan di sekitar rumah kamu. Makanan tersebut sangat menggiurkan karena kita membelinya saat sedang berpuasa. Sehingga apa yang dilihat semuanya kelihatan enak dan ingin melahapnya saat adzan maghrib berkumandang. Akhirnya kamu jadi kalap dan semua yang diinginkan dibeli.

Padahal nanti kalau sudah waktunya berbuka pasti kamu nggak sanggup menghabiskan semuanya. Hal ini perlu kamu hindari guys. Selalu ingat bahwa perut kamu masih beradaptasi setelah berpuasa seharian, jadi kamu juga gak akan sanggup makan banyak.

Untuk menghindari lapar mata, belilah makanan yang memang kamu perlu dan kamu rasa cukup untuk berbuka agar makanan yang dibeli nggamubadzir. Kan sayang kalau udah beli banyak tapi nggak kemakan. Mending uangnya ditabung buat disedekahin atau buat simpanan buber sama teman-teman kamu karena pasti akan banyak undangan buber, kan?

3. Bingung mengatur jadwal buka bersama mulai dari teman TK sampai teman kerja.

5 Hal ini paling sering terjadi di bulan Ramadhan, kamu mengalami?

Gambar: coretan.a9un9hari.com

Sebagian orang pasti pernah nih mengalami ini setiap bulan Ramadhan. Setiap setahun sekali bulan ramadhan dijadikan ajang reunian dengan cara buka bersama. Biasanya semua teman mulai dari TK sampai teman kerja punya jadwal untuk buka bersama sampai akhirnya bingung mengatur jadwal, bener nggak? Nah seringkali juga ada yang benar-benar buka bersama tapi ada juga yang cuma wacana. Pasti banyak nih yang begini ya nggak,guys?

4. Sekeluarga heboh dan ribet merencanakan liburan atau mudik saat Idul Fitri.

5 Hal ini paling sering terjadi di bulan Ramadhan, kamu mengalami?

Gambar: uangteman.com

Wah siapa sih yang nggak bersemangat kalau merencanakan liburan? Semua pastihappy dan semangat banget ya kalau udah merencanakan pergi bareng keluarga ke luar kota. Idul fitri identik dengan mudik ke kampung halaman. Mungkin yang gak punya kampung halaman akan merencanakan pergi ke suatu kota untuk menghabiskan waktu bersama keluarga karena hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang tepat saat semua anggota keluarga libur sekolah, kuliah, maupun kerja.

Tapi ingat jangan sampai lupa sama ibadah ya saat terlalu bersemangat merencanakan liburan atau mudik. Dan san satu lagi jangan sampai berantem saat puasa karena perbedaan keinginan antar anggota keluarga mengenai rencana liburan ini ya!

5. Berburu saledi mana-mana.

5 Hal ini paling sering terjadi di bulan Ramadhan, kamu mengalami?

Gambar: http://www.londonmultiples.com

Hal yang sangat sulit dihindari setiap orang adalah SALE!Siapa sih yang nggak mau berburu baju baru untuk lebaran saat bulan Ramadhan? Bagi sebagian besar orang pasti ingin memberikan penampilan terbaiknya saat Idul Fitri, dan di bulan Ramadhan mendekati lebaran biasanya akan banyaksalebertebaran di mana-mana.

Sah-sah aja kok kalau kalian ingin membeli baju baru untuk lebaran, tapi ingatjangan sampai lapar mata hingga menghabiskan uang kamu untuk membeli hal-hal lain yang kurang kamu butuhkan. Belilah sesuai kebutuhan kamu dan sisa uangnya bisa ditabung untuk mudik atau liburan keluarga. Oh ya jangan lupa ibadah tetap jalan ya, jangan sampai karena mengejarsalekamu meninggalkan sholat tarawih kan sayang sholat tarawih hanya bisa dilakukan setahun sekali loh!

Nah 5 hal tersebut merupakan hal yang seringkali terjadi hanya saat bulan Ramadhan. Apakah kamu pernah mengalami semuanya? Jangan sampai keseringan ya dan selamat berpuasa!