Indonesia berada pada zona Ring Of Fire. Hal ini otomatis membuat Indonesia mempunyai banyak Gunung, dari yang statusnya aktif ataupun tidak aktif. Keberadaan gunung-gunung di Indonesia menarik minat masyarakat untuk mengeksplore gunung-gunung tersebut.

Di antara banyaknya gunung yang ada di indonesia, ada beberapa gunung yang cocok didaki oleh pendaki pemula. Pemandangan alam yang disajikan pun siap memanjakan mata. Nah, ini dia beberapa gunung yang wajib dikunjungi oleh pendaki pemula. Kalian mau coba yang mana? Ayo siapkan tas carrier mu!

1. Gunung Andong (1.762 Mdpl - Magelang).

5 Gunung buat pendaki pemula ini pemandangannya indah banget

Foto : Instagram / misbah.munir.69

Gunung Andong berlokasi di Magelang, tak jauh dengan kota Yogyakarta, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian hanya 1.762 Mdpl. Sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar mendaki gunung.

Meskipun hanya 1.762 Mdpl, tetapi pemandangan yang disuguhkan gunung ini tak kalah dengan gunung-gunung yang lebih tinggi. Selain itu, jalur pendakian yang mudah dilalui dan jelas membuat kamu tak akan kebingungan mencari jalan. Yang paling penting adalah banyak penunjuk arah di sana. Tertarik? Ayo coba ke Gunung Andong.

View sunrise dan samudera awan di gunung ini tak perlu ditanya lagi. Keren pokoknya! Selain itu kamu juga bisa melihat dengan jelas Gunung Sindoro-Sumbing dan Merapi-Merbabu. Waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai puncak dari Basecamp sekitar 2 jam. Yuk berangkat!

2. Gunung Papandayan (2.265 Mdpl - Garut).

5 Gunung buat pendaki pemula ini pemandangannya indah banget

Foto : Liburmulu.com

Jika kamu warga Jawa Barat, pasti sudah tak asing lagi dengan Gunung Papandayan yang berada di kawasan Garut, Jawa Barat. Memiliki ketinggian 2.265 Mdpl, gunung ini masuk dalamdaftar gunung yang wajib didaki oleh pendaki pemula.

Di gunung ini terdapat padang Edelweis yang luas dan biasa disebut Tegal Alun. Selain itu, ada Hutan Mati yang instagramable banget. Jangan lupa bawa kamera yang mumpuni ya!

Jalur pendakian yang landai, kemudahan mendapatkan air, sampai makanan pun banyak tersedia di sini. Beberapa warung sudah ada di gunung ini. Untuk waktu pendakian Gunung Papandayan, kamu membutuhkan sekitar 4-5 jam. Wajib coba deh!

3. Gunung Prau (2.565 Mdpl - Dieng).

5 Gunung buat pendaki pemula ini pemandangannya indah banget

Foto : Instagram/ hyukaze7

Gunung yang terletak di Dieng, Jawa Tengah dengan ketinggia 2.565 Mdpl ini memiliki puncak yang luas. Ditambah view sunrise yang indah, dijamin bakal bikin kamu diem karena takjub melihat keindahan warna merah kekuning-kuningan. Kamu juga bisa dengan jelas melihat Gunung Sindoro-Sumbing dan Merapi-Merbabu.

Jalur pendakian Gunung Prau tersingkat yang bisa kamu lewati adalah dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Kamu hanya perlu waktu 3 jam untuk sampai di puncak Gunung Prau.Cocok banget buat pendaki pemula. Bakal bikin kamuketagihan untuk naik gunung lagi.

4. Gunung Cikuray ( 2.821 Mdpl - Garut ).

5 Gunung buat pendaki pemula ini pemandangannya indah banget

Merupakan gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat. Meski begitu tak ada salahnya untuk mecoba gunung ini lewat jalur Pemancar. Meskipun merupakan jalur paling jauh, tetapi treknya cukup landai. Wajib coba untuk pendaki pemula.

Dengan waktu tempuh 4.5 jam untuk mencapai pos bayangan puncak, Cikuray memiliki samudera awan yang sangat menawan dan sunrise yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

5. Gunung Bromo (2.392 Mdpl - Jawa Timur).

5 Gunung buat pendaki pemula ini pemandangannya indah banget

Gunung Bromo ini adalah salah satu gunung berapi aktif yang ramah untuk didaki pendaki pemula. Lokasi tepatnya berada di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo jadi tujuan wisata terkenaldi Jawa Timur dan hampir tak pernah sepi setiap harinya.

Dari puncak Penanjakanpadaketinggian 2.780 m,kamu bisamelihat matahari terbit di WisataBromo. Pada waktu matahari terbit terlihat dari puncak penanjakan yangsangat luar biasa, parapengunjung bisamelihat latar depan dari Gunung Semeru yang akan mengeluarkan asap terlihat dari kejauhan dan matahari akan bersinar terang naik ke atas langit. Ayo ke bromo!