Bagi kamu yang sudah mengetahui keberadaan benda ini, kamu patut berbangga. Itu tandanya kamu memiliki wawasan yang luas dan hobi membaca. Bagi kamu yang belum mengenal benda ini, tulisan ini menjadi tempat yang tepat untuk lebih mengerti benda ini.

Lubang hitam/Blackhole yang kita maksud bukan lubang yang berwarna hitam biasa. Ya, lubang hitam yang dimaksud adalah benda antariksa (bukan alien atau UFO, ya) yang mampu menarik objek dengan daya tarik gravitasinya yang sangat besar. Saking besarnya sehingga ia mampu menarik cahaya yang notabene merupakan benda tercepat di alam semesta. Karena itu disebut hitam karena benda ini sama sekali tidak memantulkan cahaya sehingga benda ini gelap total.

Namun, ada beberapa fakta mencengangkan yang dimiliki benda ruang angkasa ini. Bahkan, bagi kamu yang sudah tahu benda ini sebelumnya. Berikut beberapa fakta mencengangkan lubang hitam.

1. Menarik objek dengan melengkungkan ruang dan waktu.

5 Fakta unik Lubang Hitam, si Penyedot Segalanya di luar angkasa

Lubang hitam punya cara yang keren dalam menarik objek. Bukan dengan menghisap seperti vacuum cleaner, tetapi dengan melengkungkan ruang dan waktu disekitarnya. Ini mungkin saja terjadi sesuai teori relativitas khusus buah pemikiran manusia super cerdas, Albert Einstein. Dengan adanya lengkungan ruang waktu disekitar lubang hitam, benda disekitar akan cenderung bergerak dipercepat menuju lubang hitam. Akibatnya, setiap benda akan ditarik untuk bersatu dengan pusat lubang hitam dan hancur seiring tekanan gravitasi yang semakin besar.

2. Hampir tidak memiliki volume dan ukuran.

Mungkin ini sedikit mengejutkan. Bagaimana mungkin sebuah benda tidak memiliki volume padahal massanya beberapa kali lipat dari matahari. Tapi, inilah rahasia dari daya tarik Lubang hitam. Teori Relativitas Umum Einstein memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam. Massa yang sangat besar ini terkonsentrasi pada suatu titik yang sangat kecil dengan volume dan diameter mendekati nol di pusat lubang hitam. Rapatan massa yang sangat besar inilah yang melengkungkan ruang dan waktu disekitar sesuai dengan Teori Relativitas Umum.

3. Bisa jadi mesin waktu ke masa depan.

5 Fakta unik Lubang Hitam, si Penyedot Segalanya di luar angkasa

Lengkungan ruang dan waktu yang ada disekitar lubang hitam juga bisa menjadi mesin waktu alami. Bagi setiap benda disekitar lubang hitam, waktu akan berjalan lebih cepat sehingga akan lebih cepat sampai ke masa depan. Fenomena Dilatasi ini dapat kamu lihat pada film Interstellar saat tokoh utama ada disebuah planet yang dekat dengan lubang hitam dalam beberapa jam. Namun, rekannya dalam waktu yang normal merasakan waktu telah berlalu beberapa puluh tahun !

4. Bisa menguap, lho !

5 Fakta unik Lubang Hitam, si Penyedot Segalanya di luar angkasa

Ya, mungkin hal ini jarang diketahui orang. Sekalipun punya tekanan gravitasi yang sangat kuat, Lubang Hitam juga mampu melepaskan materi (menguap). Stephen Hawking telah memikirkan semenjak tahun 1970-an bahwa lubang hitam suatu ketika dalam skala waktu yang panjang-panjang sekali - milyar-milyar-milyar tahun - akan menguap dan habis. Penguapan yang terjadi bukan seperti pada es batu, alkohol, dan lainnya. Penguapan lubang hitam terjadi dalam bentuk Radiasi Hawking yang menyemburkan materi berenergi. Meskipun mampu menghisap segalanya, penguapan ini adalah hal yang wajar sesuai Teori Medan Quantum dalam Ruang-waktu melengkung.

5. Momok bagi hukum Fisika dan Ilmuwan.

5 Fakta unik Lubang Hitam, si Penyedot Segalanya di luar angkasa

Bagi kita, Lubang hitam mungkin benda yang sangat eksentrik dan luar biasa. Tapi, tidak bagi para ilmuwan. Bagi mereka, keberadaan lubang hitam menjadi masalah dalam menemukan kesimpulan seluruh hukum fisika. Dua fondasi dunia fisika - Relativitas Umum dan Fisika Kuantum tak dapat bersatu dalam lubang hitam. Relativitas umum tidak mematuhi aturan quantum yang mengatur perilaku partikel unsur, sedangkan black hole menantang fondasi mekanika quantum. Akibatnya, Ilmuwan diseluruh dunia harus berputar-putar dalam hutan teori yang tidak berkesudahan dan makin rumit. Tujuannya cuma satu. Yaitu menjelaskan semua fenomena dan asal mula alam semesta ini.