National Geographic membantu mengungkap ilmu pengetahuan di dunia. Ilmu yang didapatkan oleh National Geographic didapat dari hasil eksplorasi dan penelitian. Fakta menarik tersebut disebarkan melalui beberapa media seperti majalah, jaringan televisi, dan juga terdapat di website.

1. Fenomena Cross Sea.

5 Fakta menarik di dunia yang disebarkan oleh National Geographic

sumber: hitekno.com

Fenomena ini sangat indah dan juga langka ketika ada 2 sistem gelombang di laut yang bergerak pada sudut miring. Memang terlihat indah jika pemandangan ini dilihat dari atas, tetapi jika kamu terjebak dalam gelombang ini, kapal yang kamu tumpangi dapat dengan mudah terbalik atau kehilangan arah. Sistem gelombang ini bisa menghalangi kamu untuk berenang ke pantai.

2. Puncak Piramida.

5 Fakta menarik di dunia yang disebarkan oleh National Geographic

sumber: portaldaily.net

Batu benben yang berasal dari tahun 1840 SM dan ditemukan di Kuil Phoenix. Menurut para ilmuwan, batu benben terletak di atas Piramida Amenemhat III. Tulisan yang berada di atas batu tersebut adalah doa yang meminta Firaun untuk 'melihat kehidupan lagi'.

Kutipan dari doa tersebut bertuliskan 'Semoga wajah raja dibuka agar dia bisa melihat Dewa Cakrawala ketika dia melintasi langit, semoga dia membuat raja bersinar sebagai dewa, penguasa keabadian dan tidak bisa dihancurkan.'

3. Biaya operasional GPS yang mahal.

5 Fakta menarik di dunia yang disebarkan oleh National Geographic

sumber: kalbarupdates.com

GPS merupakan sistem pemosisian global yang beroperasi di seluruh dunia dengan bantuan 24 satelit. Untuk merawat satelit-satelit tersebut, pemerintah AS menghabiskan 750 juta dolar AS per tahun atau sekitar 2 juta dolar per hari.

Menurut pemerintah, tidak ada keuntungan pribadi di dalamnya. Namun sistem tersebut dapat membantu menghindari bencana dan bantuan jika terjadi kecelakaan.

4. Kotoran penguin bisa mengubah ekosistem Antartika.

5 Fakta menarik di dunia yang disebarkan oleh National Geographic

sumber: travel.tribunnews.com

Penguin telah menghasilkan banyak nutrisi untuk tanaman di Antartika dalam 5.000 tahun terakhir lewat kotoran mereka. Tercatat penguin telah menghasilkan 17 juta ton nutrisi.Setelah perubahan iklim, unsur-unsur ini akan membantu tanaman untuk bertahan di atas tanah beku serta membantu hewan bertahan hidup.

5. Janggut Tutankhamu copot di saat pembersihan di museum.

5 Fakta menarik di dunia yang disebarkan oleh National Geographic

sumber: travel.tribunnews.com

Topeng pemakaman Firaun Tutankhamu adalah simbol mesir dan menjadi satu dari 10 simbol peradaban manusia. Topeng pemakaman Firaun ini ditemukan pada tahun1922 telah melalui banyak perang dan juga revolusi, tetapi masih terus dirawat oleh para pegawai museum pada tahun 2014.

Saat petugas sedang melakukan pembersihan pemakaman, secara tidak sengaja menjatuhkan janggut dan berusaha untuk merekatkannya kembali dengan perkekat epoksi untuk menyembunyiikan kesalahan mereka. Hal tersebut malah membuat artefak tersebut semakin rusak.