×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta Djaduk Ferianto, sang penggagas Ngayogjazz

0

Sosok

5 Fakta Djaduk Ferianto, sang penggagas Ngayogjazz

Djaduk Ferianto giat mengibarkan event Ngayogjazz di setiap kesempatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

14 / 11 / 2019 10:02

Rabu (13/11) dunia hiburan Tanah Air kehilangan sosok seorang seniman, aktor, sekaligus pemusik Djaduk Ferianto. Pendiri Ngayogjazz ini meninggal dunia di kediamannya di Yogyakarta dan disemayamkan di makam keluarga di Kasihan Bantul. Duka mendalam tentu dirasakan oleh seluruh seniman di Indonesia tanpa terkecuali.

Djaduk Ferianto meninggal mendadak karena serangan jantung. Sebelum berpulang, ia sedang sibuk mempersiapkan acara Ngayogjazz dan pentas Teater Gandrik. Meski Djaduk Ferianto telah meninggal, tapi karyanya akan tetap abadi dan selalu menjadi panutan bagi seniman-seniman muda. Berikut 5 fakta tentang Djaduk Ferianto, sang pendiri Ngayojazz.

1. Putra dari seniman legendaris Bagong Kussudiardja.

5 Fakta Djaduk Ferianto, sang penggagas Ngayogjazz

Foto: Semawit.com

Loading...

Djaduk Ferianto adalah seorang aktor, sutradara, dan musikus kebanggan Indonesia. Darah seninya mengalir dari bapaknya. Djaduk Ferianto adalah putra bungsu dari Bagong Kussudiardja, koreografer dan pelukis senior Indonesia. Ibunya bernama Soetiana.

2. Adik dari Butet Kartaredjasa.

5 Fakta Djaduk Ferianto, sang penggagas Ngayogjazz

Foto: Lifestyle

Djaduk Ferianto adalah adik kandung dari Butet Kartaredjasa, aktor dan pemain teater asal Indonesia. Darah seni begitu kental pada kedua kakak beradik ini.

3. Terlahir dengan nama Guritno.

5 Fakta Djaduk Ferianto, sang penggagas Ngayogjazz

Foto: CNN Indonesia

Terlahir dengan nama Guritno, pemberian pamannya. Ayahnya, Bagong Kussudiardjo mengganti namanya dengan Djaduk yang artinya unggul.

4. Pendiri Ngayogjazz.

5 Fakta Djaduk Ferianto, sang penggagas Ngayogjazz

Foto: Detik news

Meski terlahir di keluarga seniman, tak cukup mudah untuk Djaduk dalam mencapai kesuksesannya. Ayah lima anak ini sempat mengalami diskriminasi, salah satunya adalah pembedaan antara lokal dan nasional.

Djaduk Ferianto giat mengibarkan event Ngayogjazz. Pada 1995 bersama kakaknya, Butet dan Purwanto mendirikan kelompok kesenian Kua Etnika. Djaduk juga meracik dengan manis musik keroncong lewat grup Sinten Remen.

5. Mencintai dunia pewayangan dan bercita-cita ingin jadi dalang.

5 Fakta Djaduk Ferianto, sang penggagas Ngayogjazz

Foto: krjogja.com

Tak hanya bermusik, Djaduk Ferianto juga suka dengan dunia perwayangan. Ia selalu membawa radio yang menyiarkan acara wayang ke mana pun ia pergi.

Ketika kecil, Djaduk pernah bercita-cita menjadi seorang dalang. Ia juga pernah belajar menjadi seorang dalang. Oleh sebab itu sebuah buku cerita wayang tak pernah lepas dari dirinya. Apalagi lingkungan masa kecilnya di Tedjakusuman, Yogyakarta yang dekat dengan kesenian sangat mendukung kariernya di bidang musik dan juga teater.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red