Saat ini semua orang pasti sudah sangat sering mendengar istilah 'bucin' atau 'budak cinta'. Bagi beberapa orang mempunyai pacar yang bucin adalah sebuah keuntungan. Padahal, tanpa mereka sadari pacar yang bucin juga memberikan dampak negatif bagi diri pasangannya. Kenapa begitu?

Berikut ini adalah 5 dampak negatif yang akan kamu alami jika memiliki pacar bucin.

1. Tidak bisa bebas pergi ke mana pun.

5 Dampak negatif punya pacar bucin, nggak banget deh

Kebebasan yang selama ini kamu miliki akan sangat terbatasi jikapunya pacar bucin. Bagi dirinya, kamu adalah segalanyasehingga jika kamu pergi ke suatu tempat harus selalu bersama-sama dengan dirinya.

Memang pada awalnya tujuan yang ia miliki bagus, yaitu untuk meyakinkan dirimu bahwa dirinya adalah pacar yang siap siaga. Namun, jika ia sudah memiliki konsep pemikiran harus menemani dirimu ke mana pun kamu pergi dan menyeleksi siapa saja yang boleh dekat dengan dirimu itu sudah masuk berlebihan. Oleh karena itu, tak jarang pacar yang bucin biasanya akan berubah menjadi orangposesif.

2. Selalu dibayang-bayangi oleh pacar.

5 Dampak negatif punya pacar bucin, nggak banget deh

Salah satu hal yang paling menyebalkan ketika memiliki pacar bucin adalah kamu akan hidup di bawah bayang-bayang pacarmu. Ke mana pun kamu melangkah, apa yang sedang kamu lakukan, dan bertemu siapa wajib diberitahukan kepada dirinya. Jangan terkejut jika ia tiba-tiba muncul di hadapanmu hanya karena kamu lupa memberi kabar. Karena bagi dirinya, apa pun yang terjadi kamu wajib melaporkan semua kegiatanmu padanya.

3. Harus siap-siap dijauhi teman.

5 Dampak negatif punya pacar bucin, nggak banget deh

Apakah karena sifat pacarmu yang bucin membuat teman-temanmu menjauhi dirimu? Jika iya, segeralah tegur pacarmu. Jangan sampai hubunganmu dengan temanmu semakin menjauh dan semakin hancur.

Ingatlah, bahwa teman-temanmu sudah lebih dahulu ada sebelum pacarmu ada. Namun, jika pacar kamu tidak mau berubah lebih baik mengakhiri hubungan kalian. Percayalah, lebih mudah untuk mencari pacar baru daripada mencari teman baru.

4. Dituntut untuk bisa menjadi bucin juga.

5 Dampak negatif punya pacar bucin, nggak banget deh

Jangan heran bila pacarmu suatu saat nanti akan menuntutmu untuk menjadi seseorang yang bucin juga. Hal ini dikarenakan ia merasa bahwa kamu selama ini tidak mencintai dirinya seperti ia mencintaimu. Bagi dirinya, menunjukkan cinta yang berlebihan adalah pembuktian cinta yang sebenarnya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menjelaskan secara baik-baik bahwa apa yang ia lakukan saat ini sudah terlalu berlebihan. Yakinkan dirinya, bahwa menjadi seorang bucin bukanlah jalan untuk menunjukkan seberapa besar rasa cintamu pada dirinya.

5. Berubah menjadi orang yang manja dan ketergantungan.

5 Dampak negatif punya pacar bucin, nggak banget deh

Memang menyenangkan memiliki pacar yang selalu bisa diandalkan. Namun, tanpa sadar hal ini terkadang membuatmu berubah menjadi orang yang manja dan selalu bergantung pada orang lain. Kamu perlu berkata jujur kepada pacarmu bahwa ada hal-hal yang ia tidak perlu lakukan untuk dirimu.

Ingatlah, pacarmu itu belum tentu akan menjadi pasangan hidupmu nantinya. Jangan sampai karena pacaran dengan pacarmu saat ini mengubahmu menjadi orang yang manja dan menyebalkan bagi orang lain.

Gimana, masih kepikiran untuk memiliki pacar yang bucin? Sebenarnya bukan pacar bucin yang kamu perlukan tapi kamu perlu pacar yang bisa membimbingmu menjadi orang yang lebih baik. Percayalah, cinta yang berlebihan hanya akan membawa kerugian di masa depan.