×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Dampak buruk terlalu lama rebahan bagi kesehatan

0

Kesehatan

5 Dampak buruk terlalu lama rebahan bagi kesehatan

Rebahan adalah aktivitas yang menyenangkan, namun kamu perlu waspada dampak buruk jika terlalu lama rebahan bagi kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

18 / 07 / 2020 09:57

Sejak merebaknya virus Corona dan diterapkannya work from home, tentu kamu lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Selama pandemi, aktivitas yang paling banyak dilakukan adalah rebahan, bukan?

Bagi mayoritas orang menilai rebahan adalah sesuatu yang sangat nyaman dan menyenangkan. Namun kamu harus waspada lima dampak buruk terlalu lama rebahan bagi kesehatan.

1. Membuat malas bergerak atau mager.

5 Dampak buruk terlalu lama rebahan bagi kesehatan

Foto: Pixabay

Loading...

Saking nyamanya rebahan kamu jadi malas bergerak atau mager. Padahal malas gerak adalah kebiasaan yang harus diubah. Dampaknya akan terasa bertahun-tahun setelah kamu terbiasa menjalani rutinitas tersebut.

Menurut WHO, gaya hidup yang minim bergerak adalah salah satu dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Apalagi tidak didampingi dengan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga, tidur cukup, makan makanan bergizi, dan menghindari alkohol juga rokok.

2. Menyebabkan obesitas.

5 Dampak buruk terlalu lama rebahan bagi kesehatan

Foto: Freepik

Terlalu lama rebahan dapat menyebabkan obesitas. Berat badanmu akan mengalami kenaikan yang signifikan, meningkatkan kadar gula, dan risiko diabetes menjadi semakin besar.

Apalagi saat rebahan kamu sering mengonsumsi camilan manis yang mengandung gula. Kalau kamu tidak ingin gemuk mendadak, usahakan untuk tidak sering rebahan dan lakukan aktivitas fisik ringan secara rutin.

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5 Dampak buruk terlalu lama rebahan bagi kesehatan

Foto: alodokter.com

Terlalu lama rebahan mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini terjadi karena kamu kurang melakukan aktivitas fisik. Seseorang yang cukup bergerak memiliki potensi terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

4. Persendian jadi kaku dan menyebabkan nyeri punggung.

nyeri pinggang mohamed Hassan dari Pixabay

Foto: mohamed Hassan dari Pixabay 

Terlalu lama rebahan bisa membuat persendian menjadi kaku dan menyebabkan nyeri punggung. Hal ini bisa terjadi karena saat rebahan dalam waktu yang lama, persendian pada tubuh menjadi kurang terlatih. Jika sendimu sudah kaku dan merasakan nyeri pinggang maka dampak buruk lainnya adalah kamu kesulitan bangkit dari tempat tidur dan beraktivitas.

5. Rentan mengalami stres.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2020/07/17/image_1594944396_5f10eb8c897e3.jpeg

Foto: halodoc.com

Tanpa kamu sadari, rebahan mengajarimu memiliki kebiasaan hidup pasif dan rentan mengalami stres. Apalagi jika kamu rebahan sambil bermain ponsel dan membuka media sosial lalu membandingkan aktivitas yang sedang kamu lakukan dengan pencapaian orang lain di media sosial hingga akhirnya kamu menjadi insecure dan timbul stres.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red