×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara untuk rehat sejenak dari rutinitas harian

0

Life

5 Cara untuk rehat sejenak dari rutinitas harian

Ingin rehat sejenak dari aktivitas dan rutinitas yang kamu jalani? Begini caranya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gendis Saviera

06 / 01 / 2020 12:10

Taking a break atau rehat sejenak di dalam kehidupan adalah hal penting untuk dirimu. Hal ini penting untuk kesehatan tubuh dan juga mental health-mu. Beristirahat dari hari yang panjang atau hanya dari kegiatan rutin adalah perasaan terbaik di dunia.

Merasa lelah akan sesuatu? Take a break. Merasa tertekan saat sedang melakukan sesuatu? Take a break. Tetapi pastikan kamu akan kembali ke apa pun yang kamu lakukan setelah istirahat.

Berikut adalah beberapa cara untuk beristirahat sejenak dari tanggung jawab atau kewajiban apa pun yang kamu miliki.

1. Mendengarkan lagu.

Mendengarkan musik yang kamu sukai dapat membantu menenangkanmu saat berada di bawah tekanan. Mendengarkan musik dapat memproduksi atau meningkatkan kadar hormon serotonin yang dapat mengelola suasana hati.

Loading...

Musik tempo lambat dipercaya dapat menenangkan pikiran, merileksasikan otot, dan akan melepaskan stres yang kamu rasakan. Jika kamu hanya ingin relax dan menenangkan pikiranmu, dengarkanlah lagu-lagu bersuasana slow dan chill, seperti lagu-lagunya Ed Sheeran.

Jika kamu ingin mengembalikan mood gembiramu, dengarkanlah lagu-lagu yang upbeat dan yang memiliki suasana happy. Seperti lagu-lagunya The Chainsmokers, Maroon 5, atau lagu lagu bergenre Electronic Pop yang memiliki beat-beat yang akan memancingmu untuk menari 

2. Tonton sesuatu yang lucu.

Ada banyak video yang diunggah orang di internet dan beberapa di antaranya memiliki sentuhan komedi. Menonton video lucu pasti akan menghiburmu dan mengurangi stres. Sudah banyak platform sosial media yang memungkinkan orang-orang meng-upload karyanya, seperti YouTube, Instagram, Twitter dan bahkan TikTok. Sudah banyak juga creator-creator yang membuat konten komedi.

Konten-konten seperti stand up comedy, skits ,bahkan content gaming akan menghiburmu. Tontonlah creator-creator seperti Raditya Dika, Kevin Anggara, Chandra Liow, dan masih banyak lagi. Untuk creator Internasional, kamu bisa menonton creator seperti Pewdiepie, Emma Chaimberlain, KianAndJc, dan masih banyak lagi 

3. Pergi ke suatu tempat yang relaxing.

Pergi ke suatu tempat yang menurut kamu relaxing dan akan membantu mengurangi stres. Contohnya, pergi ke sebuah café. Di dalam café kamu bisa dengan santai menikmati secangkir kopi dan juga menikmati snack-snack yang ada di café tersebut. Kamu juga bisa menikmati suasana sambil mendengarkan musik yang sedang dimainkan.

Biasanya, Café akan memutarkan musik-musik chill yang akan memberikan suasana tenang karena di dalam café banyak orang yang bertujuan untuk belajar, berbicara soal bisnis, bertemu dan mengobrol dengan teman, atau sekadar ingin menikmati suasana. Atau kamu bisa pergi ke sebuah taman. Di taman kamu bisa menikmati segarnya udara luar, menikmati lingkungan, dan alam sekitarmu sambil mendengarkan lagu-lagu yang kamu sukai.

4. Olahraga.

Beberapa orang menemukan bahwa olahraga dapat meredakan stres. Berolahraga atau melakukan latihan fisik sudah dipercaya dapat memicu endorphin, cairan kimia dalam tubuh yang bisa bekerja sebagai painkiller yang bisa mengurangi stres.

Olahraga dapat menurunkan stres karena dapat menurunkan hormon kortisol dan epinerin yang dapat memicu depresan. Olahraga dapat meningkatkan hormon norepineprin yang berfungsi sebagai hormon antidepresan. Berolahraga juga akan meningkatkan fokusmu. Kamu bisa melakukan olahraga seperti lari pagi, bersepeda, dan juga yoga.

5. Tuliskan perasaanmu.

Menuangkan perasaanmu ke dalam karya tulis merupakan hal yang sering dilakukan banyak orang. Menulis dapat mengurangi stres karena membantu memproses pikiran dan emosimu.

Memiliki buku jurnal atau diary akan sangat membantu dalam hal ini. Kamu bisa menceritakan apa yang kamu rasakan dengan cara menulis di dalam buku jurnal atau diary milikmu agar apa pun yang kamu rasakan akan reda.

Seperti yang dinyatakan oleh Dr. Stefan Klein, penulis buku The Science of Happiness, "Duduk diam di malam hari dan menulis dalam ketenangan nyatanya bisa membuat Anda lebih bahagia. Bahkan saat proses ini berjalan, maka otak akan melepaskan hormon endorfin yang memicu timbulnya perasaan positif."

Jadi teman-teman, it’s okay untuk take a break atau rehat sejenak dari segala aktivitas atau rutinitas yang kamu kerjakan. It’s okay untuk merasa tidak baik-baik saja, tapi kamu harus segera bangkit lagi.

Semoga apa yang sudah tertulis di atas bisa menolongmu untuk lepas sejenak dari aktivitas yang menekan dan memaksamu untuk tetap bertahan. Mendengarkan musik, berolahraga, mencari tempat yang terbaik untuk menikmati perjuanganmu adalah obat dari rasa lelahmu. Selamat rehat!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red