Makan jengkol memang bisa menyebabkan bau mulut.Penyebab bau mulut bisa dipicu oleh dua hal, yaitu adanya masalah kesehatan pada mulut dan makanan yang kamu konsumsi. Jika dipicu oleh masalah kesehatan biasanya terjadi pada gigi dan mulut, seperti akibat gigi berlubang, sariawan, dan persoalan lainnya.

5 Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol

Sumber: https://kapsulmetama.com/

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, sebab ada cara untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol. Simak ulasannya berikut ini.

1. Sikat gigi dan lidah.

Ini adalah hal yang paling penting. Mau makan jengkol atau tidak tetap saja gigi dan lidah kamu harus disikat. Saya rasa cara ini semua orang sudah tahu, namun masih ada saja orang yang sering mengabaikannya.

2. Kunyah permen karet.

Biasanya cara ini dilakukan ketika sedang berbicara dengan orang lain.Permen karet memiliki bau yang wangi sehingga ketika dikunyah wangi tersebut akan menutupi bau dari jengkol. Selain itu dengan mengunyah permen karet produksi air liur dalam mulus akan membilas partikel makanan yang masih tersangkut di mulut.

3. Mengunyah garam.

Cara yang agak konyol namun sangat efektif dalam menghilangkan bau mulut. Fungsi garam sama saja seperti pemen karet (sama-sama memproduksi air liur). Garam berguna untuk meningkatkan produksi air liur di mulut yang menetralisir air liur lama yang berbau.

4. Minum susu.

Jangan minum susu berbarengan dengan obat karena susu memiliki sifat netral, jadi obat yang masuk ke tubuh akan dinetralkan lagi oleh susu. Nah, begitupun dengan bau mulut. Susu juga bisa digunakan unuk menghilangkan atau menetralkan bau pada mulut.

5. Minuman bersoda.

Saya lebih memilih cara ini, apalagi bagi para pencinta minuman soda akan sangat menyenangkan. Ternyata minum minuman berkarbonasi atau bersoda akan menghilangkan dahaga sekaligus membantu menghilangkan bau jengkol di mulut.

Ada tips yang bisa kamucoba ketika hendak memasak jengkol agar tidak menyebabkan bau mulut setelah dikonusmi. Cara ini agak ribet namun sangat efektif untuk kamu yang sebenarnya menyukai jengkol tapi tidak menyenangi baunya, yaitu dengan merendam jengkol menggunakan air beras.

5 Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol

Sumber: https://kapsulmetama.com/

Pertama tamasiapkan dulu air cucian beras yang baru, lalu rendam jengkol ke dalam air beras tersebut dan diamkan semalaman. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik sebaiknya lakukan hal ini 2 sampai 3 x 24 jam. Jika sudah, angkat jengkol, keringkan, dan bilas dengan air bersih.

Untuk menghilangkan bau pada jengkol memang butuh proses yang cukup lama. Meski begitu bau pada jengkol dapat menghilang tanpa mengurangi kenikmatan rasanya.