×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara menabung efektif untuk modal pernikahan

0

N/A

5 Cara menabung efektif untuk modal pernikahan

Foto: ANURAG1112 dari Pixabay

Mengumpulkan modal nikah tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu niat dan kesungguhan agar cepat terkumpul.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Cairin Official

04 / 12 / 2019 13:50

Ketika beranjak dewasa pasti akan memiliki keinginan untuk dapat melangkah pada jenjang berikutnya bersama pasangan. Menjadi impian setiap orang, mungkin termasuk kamu yang sudah memiliki pasangan dan sudah merasa sangat cocok untuk menempuh hidup bersama.

Tapi untuk mewujudkan itu semua membutuhkan rencana yang sangat matang, kesiapan keluarga antar kedua belah pihak, dan kesiapan modal yang juga menjadi poin sangat penting. Untuk mengumpulkan modal nikah pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan niat dan kesungguhan agar modal cepat terkumpul. Berikut ini adalah cara menabung yang efektif untuk modal pernikahan.

1. Persiapkan diri untuk berhemat.

Berhemat memang terdengar sangat mudah, namun fakta hidup hemat sangat sulit untuk dilakukan. Jika sudah memiliki rencana untuk menikah, mau tidak mau kamu harus mulai hidup hemat.

Mungkin kamu harus mengelola pendapatan dan pengeluaran seminim mungkin. Hindari perilaku konsumtif yang biasa kamu lakukan seperti makan di restoran, nongkrong di cafe, pergi liburan keluar kota, atau apa pun itu. Dengan begitu kamu dapat mengalokasikan dana untuk menabung.

Loading...

2. Pacaran hemat.

Walaupun sudah ingin menikah, tetap saja acara kencan di malam minggu tidak boleh terlewatkan. Tapi ingat kamu harus menabung agar pernikahanmu cepat berlangsung, caranya kamu harus mencari alternatif kencan yang lebih murah agar bisa berhemat.

Kamu bisa nongkrong bareng sambil minum kopi di teras rumah, hunting event gratis, atau olahraga bareng. Hal-hal tersebut dapat meminimalisir pengeluaranmu dan kamu dapat menabung.

3. Mencicil kebutuhan pernikahan.

Sambil menabung, kamu juga bisa mencicil beberapa keperluan pernikahan dengan cara mengalokasikan dana yang kamu tabung untuk mencicil semua kebutuhan-kebutuhan pernikahan. Misalnya bulan depan kamu dan pasanganmu ingin membayar uang muka gedung pernikahan atau membeli cendera mata. Kamu juga bisa menerapkan ide mencicil kebutuhan lainnya agar tabunganmu dapat terfokus pada satu tujuan.

4. Berbagi tanggung jawab.

Alangkah baiknya kamu dan pasanganmu dapat berbagi tanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan pernikahanmu. Misalnya kamu bertanggung jawab mengurus biaya dekorasi dan gedung, sementara pacarmu bertanggung jawab mengurus biaya tata rias busana dan catering. Dengan cara ini kamu bisa mengetahui mana kebutuhan pernikahan yang biayanya kurang dan bisa langsung kamu penuhi dengan sangat mudah.

5. Mulai investasi.

Hal ini mungkin sering kamu lewatkan. Mulailah berinvestasi sebagai cara menabung yang kamu lakukan. Kamu bisa mulai berinvestasi jangka pendek atau langsung jangka panjang karena dapat membantu meningkatkan kebutuhan finansial di masa yang akan datang. Namun sebelum berinvestasi ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis risiko dan keuntungannya dan hindari money game.

 

Oleh: Sandy Prakoso






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red