Siapa sih yang nggak mau rumahnya bisa terhindar dari tindak kejahatan? Adanyamaling, perampokan, pencurian dan tindakan kejahatan yang lain memang menakutkan. Ya, apabila kitanggak waspada, tidak menutup kemungkinan kalau rumah kita yang menjadi korban selanjutnya.

Lalu bagaimana cara mengantisipasinya? Apalagi saat kita pergi meninggalkan rumah. Ternyata ada acara sederhana yang bisa membuat pencuri getir. Nah, 5 cara ini beberapa di antaranya:

1. Perhatikan kebersihan di sekitar rumah

Khawatir saat ninggalin rumah? Terapkan 5 cara ini biar nggak was-was

Rumah yang bersih bisa membuat maling berpikir dua kali untuk mencuri isi rumahmu. Mereka berpikir, jika rumah tersebut masih berpenghuni, meskipun kamu tinggalkan. Ya, halaman rumah yang berantakan dan tak terurus bisa membuktikan kalau rumah tersebut sudah lama ditinggal oleh penghuninya.

2. Tinggalkan jejak yang membuktikan ada penghuni di rumah

Khawatir saat ninggalin rumah? Terapkan 5 cara ini biar nggak was-was

Sandal yang berada di depan pintu, kendaraan yang berada di luar, bisa mengalih perhatian pencuri. Selain itu, berikan kesan di dalam rumah masih sedikit berantakan, Mereka berpikir kalo ada orang yang masih menghuni rumah tersebut.

3. Menggunakan lampu otomatis

Khawatir saat ninggalin rumah? Terapkan 5 cara ini biar nggak was-was

Satu hal yang bisa membuktikan kalau rumah tersebut telah ditinggal penghuni adalah soal lampu. Ya, kalau lampu masih menyala di siang hari atau justru mati di malam hari, hal ini bisa menarik perhatian pencuri. Untuk itu, ada baiknya kita mengantisipasi hal ini dengan menggunakan lampu otomatis yang bisa menyala di saat gelap dan mati di saat terang. Nyatanya, sekarang banyak beredar lampu otomatis yang memiliki sensor terhadap cahaya. Harganya pun relatif murah lho, berkisar di bawah Rp100 ribu.

4. Menggunakan sistem keamanan

Khawatir saat ninggalin rumah? Terapkan 5 cara ini biar nggak was-was

Bila kamu punya dana lebih,nggak ada salahnya menggunakan sistem keamanan. Hal ini bisa menjadi solusi buat kamu yang memiliki perabotan penting di rumah dan nggak memungkinkan untuk kamu bawa saat bepergian. Salah satunya CCTV.

Pemakaian CCTV untuk keamanan kini tak hanya melulu digunakan di gedung perkantoran, karena kebutuhan akan keamanan sudah merambah di area residensial atau perumahan. Namun, CCTV membutuhkan storage yang besar, terlebih buat kamu yang bepergian dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya saat mudik.

Makanya, kamu membutuhkan hard disk yang mumpuni dan cukup banyak dipasaran, misalnya saja seperti Seagate SkyHawk yang punya fitur keamanan terbaik dengan AI yang selalu mengawasi kinerja hard disk tersebut!

5. Perkuat pintu dan jendela rumah

Khawatir saat ninggalin rumah? Terapkan 5 cara ini biar nggak was-was

Pada umumnya, pencuri akan masuk ke rumah yang tak berpenghuni melalui jendela dan pintu. Jadi, tidak ada salahnya kamu memperkuat keamanan pintu dan jendela rumahmu. Untuk pintu, kamu bisa perkuat dengan kunci tambahan, atau kalau perlu menambah pintu teralis. Sama halnya dengan jendela, menambah teralis bisa bikin pencuri berpikir dua kali untuk masuk ke rumahmu.

Nah gimana, siap buat menerapkan 5 cara di atas belum?